Mohon tunggu...
amanda putri
amanda putri Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswi

hobi saya menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Ilmu Ekonomi dalam Pendidikan PPKn

28 November 2023   20:34 Diperbarui: 28 November 2023   20:38 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
renboukiut pinterest 

Penerapan ilmu ekonomi dalam pembelajaran PPKn di era globalisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang peran ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.

Implementasi ilmu ekonomi dalam pembelajaran PPKn di era globalisasi memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang peran ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat. Integrasi ilmu ekonomi dalam pembelajaran PPKn dapat memberikan pemahaman yang lebih holistik tentang hubungan antara perekonomian dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Memperkenalkan konsep-konsep dasar ekonomi kepada peserta didik merupakan salah satu cara dalam implementasi ilmu ekonomi dalam pendidikan PPKn. 

Berikut  beberapa konsep-konsep dasar ekonomi yang dapat diperkenalkan kepada peserta didik:

1. Permintaan adalah jumlah kebutuhan benda yang diperlukan oleh masyarakat sehari-hari. Permintaan dapat dipengaruhi oleh faktor seperti kondisi pasar, keanekaraban, dan kebijakan pemerintah.

2. Penawaran adalah jumlah benda yang produsen tawarkan kepada pasar. Penawaran juga dipengaruhi oleh faktor seperti kondisi pasar, keanekaraban, dan kebijakan pemerintah.

3. Pasar adalah tempat di mana penawaran dan permintaan berlangsung. Pasar dapat terdiri secara langsung antara penjual dan pembeli, atau melalui intermediari seperti perbankan dan toko.

4. Produksi adalah proses mengubah sumber daya manusia, alat, dan bahan mentah menjadi barang yang berharga untuk dipasar. Produksi melibatkan penggunaan teknologi, sumber daya manusia, dan kapasitas produksi.

5. Distribusi adalah proses bagaimana hasil produksi disertakan kepada masyarakat. Distribusi dapat terjadi melalui jalur resmi atau informal, dan dapat mempengaruhi kualitas produk dan layanan serta kesejahteraan masyarakat.

6. Konsumsi adalah kegiatan menggunakan barang dan layanan yang diperlukan oleh individu atau grup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Berikut beberapa cara dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan menghadapi tantangan global:

1. Mengajarkan analisis, evaluasi, dan pengambilan keputusan berdasarkan fakta dan data.

2. Mengintegrasikan konsep ekonomi ke dalam pembelajaran PPKn untuk membantu siswa memahami peran negara dalam mengelola perekonomian dan mengambil kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berlanjut.

3. Menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, seperti diskusi, presentasi, dan tugas, untuk memicu siswa berpartisipasi dalam membahas dan mengevaluasi keputusan ekonomi.

4. Mengembangkan keterampilan komunikasi dan negosiasi untuk menyampaikan ide dan argument dengan jelas dan efektif.

5. Menggunakan teknologi dan sumber daya pendidikan untuk mendukung pembelajaran ekonomi, seperti STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) education.

6. Menghadapi tantangan global dengan mengajarkan siswa menghadapi dampak keputusan ekonomi global terhadap kehidupan sehari-hari.

Beberapa aspek penting dari implementasi ilmu ekonomi dalam pembelajaran PPKn di era globalisasi mencakup:

1. Pembelajaran ekonomi membantu siswa memahami peran negara dalam mengelola perekonomian dan mengambil kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Hal ini penting dalam konteks pembentukan warganegara yang memiliki kesadaran akan tanggung jawab kolektif terhadap pembangunan negara.

2. Ilmu ekonomi melibatkan analisis, evaluasi, dan pengambilan keputusan berdasarkan fakta dan data. Integrasi ini dalam pembelajaran PPKn dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang esensial untuk menjadi warga negara yang aktif dan cerdas.

3. Dalam era globalisasi, pemahaman ekonomi memberikan bekal kepada siswa untuk menghadapi tantangan global. Mereka dapat memahami dampak keputusan ekonomi global terhadap kehidupan sehari-hari dan mengambil peran aktif dalam membangun solusi untuk masalah-masalah tersebut.

4. Ilmu ekonomi juga mempromosikan kewirausahaan dan inovasi. Integrasi ini dalam pembelajaran PPKn dapat menginspirasi siswa untuk menjadi pengusaha yang kreatif, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara.

renboukiut pinterest 
renboukiut pinterest 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun