LANDASAN PERENCANAANÂ adalah sebuah pendefinisian tujuan atau sasaran organisasi, menetapkan strategi keseluruhan untuk mencapai tujuan tersebut dan mengembangkan hierarki rencana komprehensif untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kegiatanÂ
1. MENGAPA MANAJER HARUS MEMBUAT PERENCANAAN?
- Perencanaan memberi arahan kepada manajer dan non manajerÂ
- Perencanaan mengurangi ketidakpastian dengan memaksa manajer untuk melihat kedepan, mengantisipasi perubahan, mempertimbangkan dampak, dan mengembangkan respoin yang tepat
- Perencanaan meminimalkan pemborosan dan redundasi
- Perencanaan menetapkan tujuan atau standart yang digunakan dalam pengendalian
2. TIGA FAKTOR KONTINGENSI YANG MEMPENGARUHI PERENCANAAN
- Tingkat dalam organisasi: menggambarkan hubungan umum antara tingkat manajerial dalam suatu organisasi dan jenis perencanaan yang dilakukan
- Tingkat dalam ketidakpastian lingkungan: semakin besar ketidakpastian lingkungan, semakin banyak rencana yang harus diarahkan dan ditekankan pada jangka pendek
- Panjang komitmen  masa depan: semakin besar pengaruh rencana saat ini terhadap komitmen masa depan , semakin panjang jangka waktu yang harus dibuat manajemen untuk membuat sebuah rencana
MENGELOLA STRATEGI atau manajemen strategi merupakan perumusan dan implementasi inisiatif oleh manajemen puncak dengan mempertimbangkan sumber daya dan peluang lingkungan yang memungkinkan untuk sebuah organisasi mencapainya dan ini juga merupakan bagaimana rencana sebuah organisasi akan melakukan apapun yang terjadi dalam bisnisnya
1. PROSES MANAJEMEN STRATEGIS
- Mengidentifikasi misi, sasaran, dan strategi organisasi saat ini:memaksa para manajer untuk mengidentifikasi apa yang harus dilakukan dalam sebuah bisnis
- Melakukan analisis eksternal: apa saja kendala yang terjadi pada eksternal
- Melakukan analisis internal: yang nantinya akan memberikan informasi  penting tentang sumber daya dan kemampuan spesifik suatu organisasi
-Merumuskan strategi: mempertimbankan realitas lingkungan eksternal dan sumber daya serta kemampuan yang tersedia untuk merancang strategis yang akan membantu organisasi untuk mencapainya
- Menerapkan strategi: Strategi yang telah dirumuskan, lalu diimplementasikan
- Mengevaluasi hasil: Seberapa efektifnya strategi tersebut dalam membantu organisasi mencapai tujuannya
STRATEGI KOMPETITIFÂ merupakan strategi bagaimana suatu organisasi akan bersaing dalam bisnisnya. Mengembangkan strategi kompetitif yang efektif memerlukan pemhaman tentang keunggulan kompetitif. Karena yang membedakan suatu organisasi adalah keunggulannya sendiri.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI