Mohon tunggu...
Amanda Aurora
Amanda Aurora Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Hi, I'm ungraduate Communication Science student with advertising as minor at university of Muhammadiyah Jakarta!

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Kampanye Kreatif Rumah Makan Padang Payakumbuah ala Arief Muhammad

17 Juli 2022   12:00 Diperbarui: 17 Juli 2022   12:37 3889
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rumah makan Padang Payakumbuah adalah  Restoran makanan khas Padang milik Arief  Muhammad yang baru saja melakukan soft opening pada 14 Juli 2022. Kampanye yang dilakukan untuk memperkenalkan brand makanan ini terbilang sangatlah unik karena menggunakan cara yang tak terduga.

Kampanye yang dilakukan menggunakan pendekatan Spokespersperson, karena menggunakan endorser, yaitu Arief Muhammad, selaku influencer sekaligus pemilik dari Rumah Makan Padang Payakumbuah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang keberadaan brand tersebut.

Sumber: Instagram @ariefmuhammad
Sumber: Instagram @ariefmuhammad

Kampanye ini dimulai saat Arief Muhammad dinobatkan sebagai Duta Nasi Padang oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Jonialdy, pada 20 Mei 2022. Dikutip melalui caption instagram @ariefmuhammad, “Perhari ini, saya resmi diangkat menjadi DUTA NASI PADANG. Bangga sekaligus beban, karna di akhir acara, Abang @joinaldy memberi challenge untuk terus mempromosikan Sumatera Barat ke depannya.”

Sumber: Instagram @ariefmuhammad
Sumber: Instagram @ariefmuhammad

Dikutip dari postingan lain pada instagram @ariefmuhammad, ”Dengan postingan ini, saya resmi menjawab tantangan Wagub Sumatera Barat, Uda @joinaldy, untuk berkontribusi nyata mengharumkan dan memperkenalkan Sumatera Barat lebih luas lagi, dengan membuka rumah makan padang: @padangpayakumbuah.”

Setelah itu, Arief Muhammad juga beberapa kali menunjukan progres menuju pembukaan Rumah Makan Padang melalui postingan di instagramnya. Hal yang membuat kampanye ini tidak terasa seperti kampanye adalah karena kebiasaan Arief Muhammad  yang bahkan sebelum diangkat menjadi Duta Nasi Padang, Ia sering  berdebat dengan para pengikut di Instagramnya terkait makan nasi padang pakai tangan vs pakai sendok.

Puncak dari kampanye ini adalah saat Arief Muhammad menggunakan Balon Udara untuk mempromosikan Rumah Makan Padang Payakumbuah. Balon Udara bersertifikat pertama di Indonesia tersebut dapat ditemukan di Festival Indonesia Terbang yang berada di MaxxBox Karawaci, Tangerang.

Sumber: Instagram @jktgo
Sumber: Instagram @jktgo

Festival Indonesia terbang tersebut dapat dikunjungi secara gratis oleh seluruh masyarakat, sedangkan jika ingin merasakan sensasi menaiki balon udara, harus mengeluarkan dana sebesar Rp 530.000 per orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun