Rumah makan Padang Payakumbuah adalah Restoran makanan khas Padang milik Arief Muhammad yang baru saja melakukan soft opening pada 14 Juli 2022. Kampanye yang dilakukan untuk memperkenalkan brand makanan ini terbilang sangatlah unik karena menggunakan cara yang tak terduga.
Kampanye yang dilakukan menggunakan pendekatan Spokespersperson, karena menggunakan endorser, yaitu Arief Muhammad, selaku influencer sekaligus pemilik dari Rumah Makan Padang Payakumbuah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang keberadaan brand tersebut.
Kampanye ini dimulai saat Arief Muhammad dinobatkan sebagai Duta Nasi Padang oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Jonialdy, pada 20 Mei 2022. Dikutip melalui caption instagram @ariefmuhammad, “Perhari ini, saya resmi diangkat menjadi DUTA NASI PADANG. Bangga sekaligus beban, karna di akhir acara, Abang @joinaldy memberi challenge untuk terus mempromosikan Sumatera Barat ke depannya.”
Dikutip dari postingan lain pada instagram @ariefmuhammad, ”Dengan postingan ini, saya resmi menjawab tantangan Wagub Sumatera Barat, Uda @joinaldy, untuk berkontribusi nyata mengharumkan dan memperkenalkan Sumatera Barat lebih luas lagi, dengan membuka rumah makan padang: @padangpayakumbuah.”
Setelah itu, Arief Muhammad juga beberapa kali menunjukan progres menuju pembukaan Rumah Makan Padang melalui postingan di instagramnya. Hal yang membuat kampanye ini tidak terasa seperti kampanye adalah karena kebiasaan Arief Muhammad yang bahkan sebelum diangkat menjadi Duta Nasi Padang, Ia sering berdebat dengan para pengikut di Instagramnya terkait makan nasi padang pakai tangan vs pakai sendok.
Puncak dari kampanye ini adalah saat Arief Muhammad menggunakan Balon Udara untuk mempromosikan Rumah Makan Padang Payakumbuah. Balon Udara bersertifikat pertama di Indonesia tersebut dapat ditemukan di Festival Indonesia Terbang yang berada di MaxxBox Karawaci, Tangerang.
Festival Indonesia terbang tersebut dapat dikunjungi secara gratis oleh seluruh masyarakat, sedangkan jika ingin merasakan sensasi menaiki balon udara, harus mengeluarkan dana sebesar Rp 530.000 per orang.
Strategi kreatif ini merupakan momentum bagus sebagai bentuk kapanye untuk meningkatkan memperkenalkan sekaligus meningkatkan brand awareness Rumah Makan Padang Payakumbuah karena balon udara bukan hal yang mudah ditemukan di Indonesia dan pastinya akan menita perhatian masyarakat.
Tak berhenti sampai disitu, Arief Muhammad juga mengadakan Give Away tiket gratis naik balon udara sebagai pertanda pembukaan Rumah Makan Padang Payakumbuah untuk 10 pemenang. Syarat yang diberikan pun cukup mudah, hanya dengan mengikuti akun instagram @festivalindonesiaterbang dan @padangpayakumbuah.
Tagline #YoSabanaLamak yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “sebenarnya enak” bermaksud untuk menunjukan bahwa Rumah Makan Padang Payakumbuah merupakan restoran masakan Padang dengan cita rasa enak yang sesungguhnya karena keaslian dari cita rasa makanannya sangat dijaga.
Jadi, apakah kamu berminat mencoba makanan ini?
(Penulis merupakan Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta.)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H