Augmented Reality (AR) merupakan sebuah sistem dengan tiga fitur, yakni kombinasi antara dunia nyata dan virtual,interaksi waktunyata,dan perekaman 3Dobjek virtual dan nyata , AR bersifat interaktif dan terekam dalam 3D serta menggabung kan objek nyata dan virtual . AR dapat diakses dengan mudah karena penggunaannya tidak memerlukan peralatan khusus dan dapat difungsikan langsung pada perangkat seluler Dengan menampilkanelemenvirtual disamping objeknyata,AR dapat digunakan untuk mengamati peristiwa yang tidak mudah terlihat oleh mata telanjang .
Aplikasi yang dikembangkan menggunakan teknologi AR dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Pendapat ini diperkuat oleh hasil penelitian yang mengemukakan bahwa penggunaan aplikasi Mobile Augmented Reality dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada penelitian lain ditemukan bahwa penggunaan AR sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kemampuan matematika siswa.
Kemudian AR juga mampu memperbaiki kesalahpahaman peserta didik dalam pemahaman konsep matematika abstrak
 Perangkat lunak matematika yang telah dikembangkan dengan berbasis AR salah satunya adalah GeoGebra with Augmented Reality (AR) Selain geometri, materi aljabar, statistik, dan kalkulus juga tersedia di dalamnya. Melalui aplikasi ini, peserta didik dapat memvisualisasikan objek geometri , seperti bangun datar juga bangun ruang Peserta didik dapat dengan jelas melihat hasil visualisasi bangun ruang maupun bangun datar beserta unsur-unsurnya. Beberapa fitur yang terdapat di Geogebra 3D with AR adalah sebagai berikut  :
a. Membuat objek matematika 3D yang muncul dan dapat ditempatkan di atas meja, lantai, atau permukaan datar.
b. Aktivitas yang mengarah pada penemuan matematika di lingkungan nyata dengan mengambil tangkapan layar dari berbagai perspektif.
c. Jelajahi potensi AR dalam belajar dan mengajar matematika
Berikut merupakan contoh hasil penggunaan aplikasi Geogebra 3D with AR
Dari gambar tersebut, siswa bisa membuat objek matematika 3D yang muncul di atas permukaan datar. Objek lebih terlihat nyata sehingga akan membuat pengalaman belajar yang menyenangkan. Pengalaman yang diperoleh menunjukkan bahwa GeoGebra tidak hanya dapat mempercepat proses kerja dalam pelajaran matematika secara signifikan dan menghemat banyak waktu, tetapi dengan alat visualisasinya dapat sangat berguna bagi siswa dalam memahami konsep-konsep yang mudah bagi sebagian orang.
Selain untuk membuat gambar objek matematika 3D AR juga dapat di implementasikan ketika ingin membuat sebuah desain bangunan.
PenulisÂ
Nama    : Amanda yuni alifah
Nim     : 34202300001
Prodi    : Pendidikan matematika FKIP
Instansi : Universitas Islam Sultan agung Semarang
Matkul  : Pemebelajaran Matematika Kontemporer
Dosen   : Nila Ubaidah, M. Pd.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI