PENDAHULUAN
Â
Anak berbakat secara umum ialah mereka yang memiliki kemampuan-kemampuan yang unggul dan mampu memberikan prestasi yang tinggi. Tidak semua anak berbakat mampu mewujudkan kemampuannya. Ketidakberhasilan ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya ialah sistem pendidikan di Indonesia yang belum banyak memberikan fasilitas bagi perkmbangan anak berbakat. Agar mampu membantu warga Indonesia untuk mampu bersaing snagat diperlukan sistem pendidikan yang mampu membangun keunggulan. Selain membangun keunggulan juga diperlukan individu-individu yang memiliki potensi dan prestasi yang cemerlang, salah staunya adalah anak berbakat akademik.
Sistem pendidikan seperti proses pembelajaran serta kurikulum juga mampu mendukung keunggulan anak berbakat akademik. Anak-anak berbakat membutuhkan program pendidikan yang berdiferensiasi agar dapat mewujudkan potensinya. Dalam pelayanan pendidikan bagi anak berbakat akademik, pada kenyataannya mengalami hambatan seperti program akselerasi yang tidak tepat sasaran, tidak semua sekolah disiapkan untuk melayani anak berbakat akademik, dan tidak semua sekolah memahami prosedur identifikasi anak berbakat akademik.
Berdasarkan uraian di atas, akan membahas mengenai sistem pendidikan bagia anak berbakat akademik.
Â
PEMBAHASAN
Anak berbakat ialah mereka yang memiliki kemapuan-kemampuan yang unggul. Martison dalam SC. Utami Munanadar (1982; 7) memberikan batasan anak berbakat yaitu mereka yang diidentifikasi oleh orang-orang profesional memiliki kemampuan yang sangat menonjol, sehingga memberikan prestasi yang tinggi. Anak-anal ini membutuhkan program pendidikan yang berdiferensiasi agar dapat mewujudkan potensinya.
Anak berbakat ialah mereka yang memiliki kemampuan intelektual tinggi, juga menunjukan penonjolan kecakapan khusus yang bidangnya berbeda-beda antara anak satu dengan anak yang lainnya. Anak-anak berbakat memiliki karakteristi belajar yang berbeda dengan anak-anak normal. Mereka cenderung memiliki kelebihan menonjol dalam kosa kata dan menggunakan secara luwes, memiliki informasi yang kaya, cepat dalam menguasai bahan pelajaran, cepat dalam memahami hubungan antar fakta, mudah memahami dalil-dalil dan formula-formula, tajam kemampuan analisisnya, gemar membaca, peka terhadap situasi yang terjadi di sekelilingnya, kritis dan memiliki rasa ingin yang sangat besar (Rensuli, dalam Dedi supriadi 1992).
Pelayanan pendidikan bagi anak berbakat akademik merupakan investasi bagi bangsa Indonesia karena mereka dapat memberikan keuntungan yang besar pada masa mendatang. Howley dan Pandavis melihat pelayan pendidikan bagi anak berbakat akademik merupakan upaya untum menyiapkan pemimpin di masa mendatang (Reni, dalam Aston 2008).
Penangan anak-anak berbakat akademik dengan program pengayaan dan percepatan banyak memiliki kelemahan yang merugikan bagi anak itu sendiri sehingga dikembangan pendekatan pengajaran alternatif yaitu berdeferensiasi. Pendekatan ini menghendaki agar kebutuhan siswa berbakat dilayani di dalam kelas regular. Program ini menawarkan serangkaian pilihan belajar pada siswa berbakat akademik dengan tujuan menggali dan mengarahkan pengajaran pada tingkat kesiapan, minat, dan profil belajar yang berbeda-beda.