Mohon tunggu...
Amalia Zen
Amalia Zen Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa bimbingan dan konseling universitas negri malang

hobi saya melukis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

: Peran Guru Bk dalam Perkembangan Karier Siswa

16 Desember 2024   18:55 Diperbarui: 16 Desember 2024   18:55 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
guru bk disekolah (sumber:Google)

Amalia zen.

Universitas Negri Malang,Malang,Indonesia

Amalia.zen.2401116@students.um.ac.id

Abstrak

                Artikel ini membahas peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam perkembangan karir siswa. Bimbingan pengembangan karir membantu siswa mengidentifikasi minat, bakat, dan potensi, serta mengembangkan keterampilan hidup dan karir. Artikel ini menekankan pentingnya layanan bimbingan karir efektif untuk meningkatkan kesadaran diri dan pengetahuan karir siswa. Layanan bimbingan pengembangan karir yang efektif dapat meningkatkan kesadaran diri, pengetahuan karir, dan keterampilan hidup siswa. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan kesadaran akan pentingnya peran guru Bimbingan dan konseling dalam pengembangan karir siswa.                                                                                                                Kata kunci: guru BK, perkembangan karir, layanan bimbingan, kesadaran diri, pengetahuan karier.

Abstract

This study examines the contribution of Guidance and Counseling teachers to students' career development. Effective career guidance services enhance self-awareness and career knowledge. The significance of Guidance and Counseling teachers' role in career development is highlighted.

Keywords: Guidance and Counseling Teachers, Career Development, Career Guidance, Self-Awareness,Career Knowledge

 

Pendahuluan

Program pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran, sebagai bagian integral dari kurikulum sekolah/ madrasah. pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadi dan kehidupan sosial, kegiatan belajar,dan pengembangan karir, serta kegiatan ekstra kurikuler.(Takwil, 2020)

Dalam perspektif bimbingan dan konseling,  peserta didik merupakan individu sedang berada dalam proses berkembang atau menjadi (becoming), yaitu berkembang ke arah kematangan atau kemandirian. Untuk mencapai kematangan, individu memerlukan bimbingan, karena masih kurang memahami kemampuan dirinya, lingkungannya dan pengalaman untuk mencapai kehidupan yang baik.(Ria Kumara & Lutfiyani, 2019)

Terlihat disini bahwa bimbingan dan konseling yang berfokus pada perkembangan peserta didik sangat urgen. bimbingan  dan  konseling  merupakan salah satu komponen dari pendidikan. Mengingat bahwa bimbingan dan konseling merupakan suatu  kegiatan  bantuan  dan  tuntutan  yang  diberikan  kepada  individu pada   umumnya.   Hal   ini   sangat   relevan   jika   dilihat   dari   perumusan   bahwa pendidikan  itu  merupakan  usaha  ataupun  upaya  sadar  yang  bertujuan  untuk mengembangkan   kepribadian   masyarakat   menyangkut   masalah   perilaku   atau sikap  mental  dan  kemampuan  meliputi  masalah  akademik  dan  keterampilan.(Saepuloh, 2020).

 

Metode

            Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah literature review.Yaitu sebuah pencarian literatur baik internasional maupun nasional yang dilakukan dengan menggunakan database kemendikbud,ABKIN,WEF,OECD. Pada tahap awal pencarian artikel dari 2020 sampai 2024.Menggunakan kata kunci "peran guru bimbingan dan konseling dalam perkembangan karir siswa", peran guru bimbingan dan konseling adalah sebagai Guru bimbingan dan konseling membantu siswa mengenali kelemahan dan kekuatan yang siswa miliki, serta mengembangkan rencana karier yang realistis.Perencanaan itu melalui kegiatan bimbingan seperti tes bakat dan minat, diskusi karir dan portofolio  ,guru bimbingan dan konseling membantu siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja yang kompleks dan dinamis.selain itu,guru bk juga membantu siswa mengembangkan keterampilan hidup seperti komunikasi,  kerja sama, dan pengambilan keputusan.fasilitator pengembangan karir siswa.

Pembahasan

            Ruang lingkup bimbingan dan konseling di sekolah dapat ditinjau dari berbagai segi yaitu segi

fungsi, sasaran, layanan, dan masalah.Segi fungsi, bimbingan dan konseling di sekolah berfungsi untuk:

pemahaman, pencegahan, pengentasan, pemeliharaan dan pengembangan; Segi sasaran, bimbingan dan

konseling di sekolah diperuntukkan bagi seluruh siswa dengan tujuan agar siswa secara individual  mencapai perkembangan optimal melalui kemampuan pengungkapan-pengenalan penerimaan diri dan

lingkungan, pengambilan keputusan, pengarahan dan perwujudan diri.

            Materi bimbingan dan konseling di sekolah dasar termuat ke dalam bidang dalam bimbingan

 dan konseling.Bidang bimbingan dan konseling di sekolah dasar yaitu bidang bimbingan pribadi, sosial,

belajar, dan karir.(Takwil, 2020) Bimbingan pengembangan karir merupakan salah satu materi dan layanan yang disediakan oleh guru bimbingan dan konseling disekolah untuk membantu siswa mengembangkan karirnya.Bimbingan pengembangan karir bertujuan untuk membantu siswa mengetahui kelamahan dan kekuatan siswa,minat dan bakat siswa, serta mengembangkan keterampilan hidup dan karir yang dibutuhkan siswa di masa depan.

            Bentuk layanan bimbingan karir bisa dimulai dengan melakukan layanan perencanaan Individual agar peserta didik dalam hidupnya lebih terarah, maka ia harus membuat perencanaan baik yang menyangkut perencanaan studi, karir, maupun hidup di masyarakat.(Rosita & Irmayanti, 2020).Kegiatan yang dilakukan dalam layanan bimbingan karir yaitu melalui penilaian diri seperti konselor membantu  siswa menganalisis kelemahan dan kekuatan diri siswa berdasarkan data atau informasi yang diperoleh yang menyangkut pencapaian tugas tugas perkembangan, aspek aspek pribadi, sosial, belajar, karir.melalui kegiatan ini siswa akan memiliki pemahaman, penerimaan, dan pengarahannya secara positif dan konstruktif. Kegiatan pelayanan perencanaan individual juga dapat dilakukan dengan melalui pelayanan penempatan yaitu penjurusan dan penyaluran untuk membentuk peserta didik menempati posisi yang sesuai dengan bakat dan minatnya.

            Guru bimbingan dan konseling memainkan peran kunci dalam membantu siswa menemukan karir yang sesuai.Misalnya siswa yang memiliki minat dalam seni dapat dibimbing oleh guru bimbingan dan konseling untuk mengembangkan keterampilan menggambar dan merancang.Guru bimbingan konseling juga dapat membantu siswa mencari informasi terkait sekolah seni, program beasiswa seni dan lainnya.Dengan demikian siswa mampu membuat keputusan karir yang tepat dan mempersiapkan diri untuk sukses dimasa depan.

Kesimpulan

            Peran guru bimbingan dan konseling dalam perkembangan karir siswa merupakan kunci untuk membangun generasi emas yang berkualitas dan berdaya saing.mereka membantu siswa mengidentifikasi minat, bakat, potensi, serta mengembangkan keterampilan hidup dan karir. Melalui bimbingan dan konseling, dan pengembangan karir guru bimbingan dan konseling membantu siswa membuat keputusan karir yang tepat dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi persaingan global.

Visual

                                                                        

 

 

                                                                        Daftar Pustaka

Ria Kumara, A., & Lutfiyani, V. (2019). STRATEGI BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i2.46

Rosita, T., & Irmayanti, R. (2020). URGENSI BIMBINGAN KARIR DI SEKOLAH DASAR. 03.

Saepuloh, A. (2020). Peranan Guru BK dalam Mengembangkan Karir Siswa. Gema Wiralodra, 11(2), 170--179. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.101

Takwil, M. (2020). Model Program Pengembangan Diri dalam Mengembangkan Potensi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 10(2), 149--168. https://doi.org/10.54180/elbanat.2020.10.2.149-168

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun