Mohon tunggu...
Amalia Rossydatil
Amalia Rossydatil Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kenapa Sih Harus Mondok?

15 Juli 2022   22:27 Diperbarui: 15 Juli 2022   23:02 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

pBanyak dari sebagian orang yang berada di belahan dunia ini beranggapan bahwa "kenapa sih kita harus mondok padahal mondok itu kan gak enak ". 

ya itu adalah sebagian anggapan mereka yang tidak tahu bagaimana kehidupan di pondok pesantren tetapi sebagian lagi dari mereka yang sudah pernah berada di pesantren dan tahu bagaimana keadaan pondok pesantren pastinya mereka akan beranggapan bahwa mondok itu enak mondok itu seru.

seseorang yang beranggapan minus tentang pondok pesantren itu karena mereka belum tahu dan belum pernah merasakan bagaimana serunya berada di dalam pondok pesantren.

pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan keagamaan dengan mengacu pada peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang pendidikan keagamaan yang tertuang pada bab 1 pasal 1 ayat 4 di nyatakan bahwa" pesantren adalah lembaga pendidikan ke agamaan islam yang berbasis masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan diniyah atau secara terpadu dengan jenis pendidikan lainnya"

tujuan dari adanya pondok pesantren adalah mempelajari ilmu agama serta mengamalkannya dan Memperbaiki diri agar menjadi lebih baik. ada sebagian pondok pesantren di nusantara yang memperpadukan pondok pesantren tidak hanya ilmu agama saja tetapi dengan mempelajari ilmu umum. 

jadi tidak di fokuskan pada ilmu agama saja 40 % biasanya di padukan dengan ilmu umum

seluruh  aktivitas keilmuan di pondok pesantren pada dasarnya bertujuan untuk mempertahankan , mendalami dan menyebarkan ajaran agama islam agar tidak punah dengan seiringnya zaman moderen ini 

tujuan pendidikan islam menurut Hasan terdidiri dari tujuaan makro dan mikro .tujuan makro menurut hasan terbagi menjadi tiga yaitu

  1. menyelamatkan dan melindungi fithrah manusia
  2. mengembangkan potensi potensi fithrah manusia
  3. menserasikan langkah perjalanan fithrah mukhalaqqah(manusia fitrah) dengan rambu rambu fithrah munazzalah(agama fithrah/agama islam)dalam semua aspek kehidupannya.sehingga manusia dapat hidup di atas jalur kehidupan yang benar.

terbentuknya pondok pesantren harus terdapat elemen pokok dan elemen elemen tersebut harus saling berkaitan satu dengan yang lainnya di antaranya harus terdapat 

  1. kiai

            merupakan seorang pemimpin, leader yang selalu membimbing dan mengarahkan semuanya yang ada di pesantren

       2. Santri

              sebagai pencari ilmu dan pencari ridho kiai, santri merupakan unsur penting yang ada di dalam pondok pesantren karena                           langkah pertama dalam tahap pendidikan pondok pesantren bahwa harus ada murid yang belajar dari seorang alim.

       3. pondok

               tempat sederhana yang merupakan tempat tinggal kiai bersama santrinya 

kehidupan di dalamnya sebenarnya sangat menyenangkan karena dari pondok pesantren kita bisa belajar mandiri  dan  disiplin walaupun harus rela  jauh dengan orang tua dan keluarga.

tetapi kehidupan di dalamnya sangat bersosial, saling bergotong royong,dan saling membantu dengan sesamanya 

mondok merupakan bentuk perjuangan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya.bentuk pendekatan kita terhadap allah dengan perantara guru guru yang mengajar kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun