Bangku kayu jaman Belanda tetap terpasang sebagai tempat duduk priorotas di Stasiun Manggarai. (Foto : Amad S)
Tak hanya di KRL Commuter Line saja, di Stasiun pun disediakan juga Tempat Duduk Prioritas (TDP) untuk penumpang lanjut usia, wanita hamil, penyandang cacat dan ibu membawa anak.
Pergantian bangku tunggu penumpang di Stasiun Manggarai dari yang semula dari bekas batangan rel menjadi bangku sandar ala Jepang sempat ramai dibicarakan di kalangan pengguna KRL Commuter Line. Termasuk pembicaraan yang hangat-hangat memanas di media sosial dengan beragamnya tanggapan. Juru bicara PT KAI Daop 1 Jakarta menjelaskan bahwa bangku model baru yang terpasang di Stasiun Manggarai dan nantinya di stasiun lainnya dilakukan untuk kenyamanan mobilitas penumpang yang naik-turun dari KRL. Sebab selama ini dengan bangku bekas rel yang berjajar telah memakan space (tempat) sehingga di saat jam-jam sibuk mengganggu pergerakan penumpang.
Â
Bangku baru ala Jepang. Penumpang pun akhirnya bisa menyesuaikan. (Foto : Amad S)
Bangku-bangku sandar dari 3 batang pipas besi stainless dengan dua kaki tersebut dipasang di tengah-tengah peron tunggu sehingga peron pun makin terasa lega. Meskipun ada perubahan bangku tunggu, PT KAI dan PT KCJ tetap menyediakan bangku duduk kayu (jaman Londo) sebagai tempat duduk prioritas (TDP). Sebagai informasi agar kursi tersebut untuk penumpang prioritas, di setiap bangku dipasang keterangan seperti halnya TDP di dalam KRL Commuter Line, yaitu diperuntukkan bagi penumpang lanjut usia, wanita hamil, penyandang cacat dan ibu membawa anak.
Meskipun dipasang sebagai TDP namun dalam pengamatan di lapangan, banyak penumpang yang duduk meskipun tidak masuk kategori prioritas. Bila saat itu tidak ada penumpang prioritas mungkin tak jadi soal, akan tetapi bila ada penumpang yang prioritas, semestinya mempersilakan yang berhak untuk duduk. Ingat, ketika melihat ada penumpang lanjut usia, sadarlah kalau suatu ketika kita pun akan tua seperti mereka. Bila ada wanita hamil dan penyandang cacat, berikan kesempatan kepadanya untuk duduk. Bila ada ibu membawa anak kecil, berikan kesempatan duduk untuk ibu yang menggendong anak, atau berikan kesempatan anak kecil untuk duduk. Buktikan empati kita dengan niat ibadah.
Salut untuk respon PT KAI dan PT KCJ yang tetap mengakomodir penyedian tempat duduk prioritas.
Salam Clicker!
AMAD S
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H