Mohon tunggu...
Alzi Alhudsi
Alzi Alhudsi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

i love u umi

Selanjutnya

Tutup

Financial

Strategi Kreatif

19 Juli 2022   14:18 Diperbarui: 19 Juli 2022   14:24 886
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

TENTANG EIGER

EIGER diluncurkan pertama kali pada tahun 1989 sebagai produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan perlengkapan dan peralatan bagi gaya hidup para penggiat alam terbuka. Nama EIGER sendiri terinspirasi dari Gunung Eiger berketinggian 3.970 mdpl dan menjadi "gunung tersulit didaki" ke-3 di dunia yang terletak di Bernese Alps, Swiss. 

Kini, EIGER menyediakan tiga kategori produk utama, yaitu Mountaineering yang berorientasi pada kegiatan pendakian gunung; Riding yang berfokus pada penjelajahan sepeda motor; serta Authentic 1989 yang diinspirasi dari gaya klasik para pencinta kegiatan petualangan alam terbuka yang diwujudkan dalam desain yang kasual dan stylish. 

Mengacu pada landasan visi dan misinya, EIGER tidak hanya memberikan kontribusi pada kegiatan luar ruang, namun turut memberikan perhatian yang besar terhadap kelestarian lingkungan demi mewujudkan misi yang meliputi aspek Education, Inspiration, Greenlife, Expedition, dan Responsibility. Hingga saat ini, EIGER telah memiliki jaringan distribusi di seluruh Indonesia dan akan terus memperluas jangkauannya hingga ke mancanegara.

STRATEGI KREATIF

Salah satu strategi pemasaran yang saat ini sangat digandrungi oleh perusahaan adalah dengan pemasaran digital melalui media sosial. Salah satu merek fashion dan perlengkapan petualangan asal Bandung yaitu Eiger tak ingin melewatkan kesempatan dalam memanfaatkan berbagai fitur digital untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai merek dan produknya. pemasaran digital, Eiger menjadikan content marketing sebagai senjata untuk menarik perhatian dan menciptakan keterlibatan konsumen.

Eiger menyalurkan content marketing melalui berbagai media sosial, salah satunya Instagram. Hampir setiap harinya, Eiger membagikan konten baru melalui platform tersebut. Berbagai konten telah didistribusikan melalui media sosial Eiger, mulai dari foto produk, info manfaat produk, quotes inspiratif, hingga beberapa tips sederhana mengenai kegiatan olahraga outdoor. 

Setiap konten yang dibagikan di Instagram mendapatkan respon berupa like dan comment cukup banyak. Hal tersebut patut untuk dipertanyakan, mengingat saat ini sangat sulit untuk mendapatkan perhatian dari followers karena banyaknya brand yang menggunakan instagram sebagai alat pemasarannya.. Jika dilihat media sosial merek lain dengan produk yang serupa, Eiger mendapatkan pengikut yang lebih banyak dan jumlah like hingga ribuan. 

Berdasarkan konteks penelitian yang telah diuraikan diatas, maka fokus penelitian ini ialah : "Bagaimana strategi digital content marketing Eiger dalam menciptakan customer engagement di Instagram?" Selanjutnya, tujuan dalam penelitian ini diuraikan dalam pokok-pokok sbb. 

1. Untuk mengetahui penggunaan content marketing sebagai strategi pemasaran Eiger Adventure di Instagram 

2. Untuk mengetahui proses digital content marketing yang dilakukan oleh Eiger Adventure di Instagram. 

3. Untuk mengetahui implementasi content marketing Eiger di instagram dalam menciptakan customer engagement. 

4. Untuk mengetahui cara menciptakan customer engagement (keterlibatan pelanggan) di instagram Eiger.

Eiger memiliki hubungan dengan Fiersa Besari sebagai Brand Ambassador, Fiersa Besari dikenal oleh masyarakat sebagai penyanyi, konten creator, penulis, sekaligus pegiat alam yang dimana channel Youtubenya banyak di isi video-video ketika sedang mendaki gunung dan berkegiatan di alam. Kerjasama antara Eiger Adventure dengan Fiersa Besari tentu diharapkan dapat meningkatkan minat beli konsumen kepada target pasar Eiger Adventure. 

Tentunya penonton channel Youtube Fiersa Besari setelah melihat video akan menunjukkan rasa keinginan dan mencari informasi mendalam mengenai produk yang digunakannya, terlebih lagi para fans yang merasa selalu ingin memiliki apa yang dimiliki oleh idolanya. Hal ini menimbulkan kecenderungan rasa ingin membeli produk dan menjadi prefensi utama.

SUMBER:

https://eigeradventure.com/about-us

https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/mankom/article/view/17448

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun