Public Relations dan memiliki tujuan membangun serta mempertahankan hubungan yang strategis dengan pemerintah untuk mempengaruhi kebijakan publik. Public Affairs tidak hanya sebagai sarana komunikasi, tetapi juga berfokus pada interaksi dengan pemerintah atau pihak eksternal yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan.
Pastinya Setiap perusahaan atau organisasi yang mengembangkan kegiatan komersial mempunyai keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan perusahaannya agar menguntungkan dan menguntungkan. Tercapainya tujuan perusahaan tidak lepas dari penggunaan uang perusahaan, modal perusahaan atau modal yang diperoleh dari pihak luar perusahaan (dalam hal ini disebut modal asing). PT Sepatu Bata Tbk mengenai Public Affairs sangat mempunyai peran penting dalam ruang lingkupPT Sepatu Bata Tbk dapat merancang strategi publik dengan menentukan siapa yang akan menjadi juru bicara atau wakil perusahaan dalam berbagai konteks. President Director, ialah sebagai penentu jalannya segala aspek-aspek dalam perusahaan secara keseluruhan. Export & SIC Director, bertugas dalam hal terkait persiapan administrasi ekspor, legalitas, maupun perencanaan ekspor sesuai permintaan pasar luar , Human Resources Department, merupakan pihak yang bertugas dalam hal perekrutan karyawan untuk posisi yang sesuai dengan kemampuannya, pemberian pelatihan dan pengembangan, serta pemantauan kinerja karyawan.Payroll Manager, bertugas dalam pengawasan terhadap prosedur penggajian dan kepastian untuk patuh terhadap undang-undang yang berlaku. Personel Manager, bertugas untuk menangani isu-isu sumber daya manusia yang sesuai dengan proses atau kebijakan yang ditetapkan. Tax Manager, bertugas untuk menyampaikan layanan pajak yang sesuai dengan perundang-undangan, perencanaan pajak yang inovatif dan mengkaji ulang pengembalian pajak penghasilan. kebijakan terkait kondisi manajemen dan tanggung jawab perusahaan. Pertama, perusahaan harus mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku pada bidang usahanya. Hal ini mencakup kepatuhan terhadap undang-undang ketenagakerjaan, lingkungan hidup, dan bisnis lainnya. Selain itu, PT Bata Tbk diharapkan menggunakan standar etika bisnis tertinggi dalam seluruh interaksi bisnis. Hal ini termasuk memastikan transparansi, kejujuran dan integritas dalam hubungan kita dengan pelanggan, pemasok dan mitra bisnis lainnya. Penting juga untuk menerapkan kebijakan dan prosedur untuk memastikan keselamatan karyawan di tempat kerja, serta menerapkan peraturan keselamatan kerja dan melaporkan dengan cepat dan akurat. Kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh PT Bata Tbk juga menjadi isu penting, dimana perusahaan bertujuan untuk menetapkan standar yang tinggi untuk memenuhi atau melampaui ekspektasi pelanggan. Dalam konteks keberlanjutan, PT Bata Tbk diharapkan mengambil kebijakan yang mendukung praktik bisnis ramah lingkungan dan penggunaan sumber daya secara berkelanjutan. Keberagaman dan inklusi juga harus dipertimbangkan dengan mendorong kebijakan yang menciptakan lingkungan kerja yang setara dan inklusif bagi semua pekerja. Berpartisipasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan mendukung proyek-proyek sosial yang memberikan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan sekitar merupakan bagian penting dari kewajiban perusahaan. Penting juga bagi PT Bata Tbk untuk mematuhi kebijakan perlindungan data dan privasinya untuk melindungi informasi pribadi pelanggan dan karyawannya. Transparansi dan akuntabilitas pelaporan keuangan serta partisipasi dalam penerapan kebijakan antikorupsi menjadi faktor lain yang mendukung kredibilitas dan reputasi perusahaan. Dengan menaati seluruh kebijakan tersebut, PT Bata Tbk dapat membangun landasan bisnis yang stabil, beretika dan bertanggung jawab, memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan membangun kepercayaan di antara berbagai pemangku kepentingan.
Layanan yang ditawarkan kepada masyarakat dari PT Â Bata Tbk memiliki banyak kekuatan di industri alas kaki. Salah satu kelebihannya adalah brand yang kuat dan diakui oleh masyarakat. Bata Shoes telah berdiri sejak lama dan reputasinya yang baik membuat perusahaan ini mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.PT ini Selain mereknya yang kuat, Bata Tbk juga memiliki jaringan distribusi yang luas. Toko-tokonya tersebar di berbagai lokasi sehingga memudahkan pelanggan dalam berbelanja sepatu Bata. Jaringan distribusi yang kuat ini memungkinkan PT Bata Tbk menjangkau pasar yang lebih luas dan mempertahankan keuntungan yang stabil.
Dalam kasus covid-19 Bata merancang strategi public affair yang dimana PT ini menggunakan  platform dan saluran komunikasi yang paling efektif untuk mencapai target audiens. Yaitu Perusahaan akan fokus menggarap platform e-commerce antara lain di Shopee, Lazada, Bukalapak, Zilingo, Blibli dan Tokopedia. Perusahaan juga akan meluncurkan web store (Bata.id) yang akan menjual produk-produk best-selling dan new arrival. Selain itu, perusahaan juga meluncurkan program Chatshop di mana pelanggan bisa memesan produk di 300 toko Bata melalui chat WhatsApp.Tujuan di balik strategi publik tersebut,meningkatkan citra merek, meningkatkan penjualan, atau mendukung inisiatif sosial tertentu. Diduga ada pengaruh yang isgnifikan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu merek Bata pada toko sepatu Bata.
Lalu bagaimana PT Bata Tbk ini akan berkomunikasi dengan baik di platform sosial media dengan masyarakat atau konsumen? yaitu Untuk berkomunikasi secara efektif dengan masyarakat atau pelanggan di media sosial, PT Â Bata Tbk dapat menerapkan beberapa strategi yang efektif. Pertama, pelaku bisnis harus aktif di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan LinkedIn, berdasarkan karakteristik dan kebutuhan pelanggannya. PT Â Bata Tbk dapat menggunakan media sosial sebagai saluran untuk membagikan pesan dan nilai-nilai perusahaan Anda, agar selalu mendapatkan informasi terbaru tentang produk-produk baru, dan untuk mempertimbangkan proyek sosial atau gaya hidup yang kami dukung. Menawarkan konten yang menarik seperti gambar produk berkualitas tinggi, panduan mode, dan cerita di balik layar dapat membangun hubungan yang positif. Memantau dan menanggapi umpan balik, pertanyaan, dan komentar pengguna media sosial sangat penting untuk membangun hubungan pelanggan yang kuat. PT Bata Tbk dapat menyelenggarakan sesi tanya jawab secara berkala atau memberikan jawaban langsung untuk menunjukkan bahwa perusahaan memperhatikan pendapat dan kebutuhan pelanggan. Selain itu, program kompetitif atau penghargaan atas partisipasi tinggi oleh pengguna media sosial dapat mengajak partisipasi dan menciptakan komunitas online yang lebih kuat. Menggunakan hashtag khusus untuk mempromosikan acara dan kejadian tertentu juga dapat meningkatkan visibilitas dan keterlibatan pengguna.Penting juga untuk menjaga komunikasi yang jelas dan jujur. Menampilkan kisah di balik layar, kisah staf, dan kisah sukses pelanggan akan membantu membangun kepercayaan dan persatuan dalam komunitas Anda.
Terakhir, PT Bata Tbk dapat menggunakan alat analisis media sosial untuk mengukur aktivitas kampanye, memahami pola perilaku pengguna, dan menyesuaikan strategi komunikasi berdasarkan umpan balik yang diterima. PT Â Bata Tbk menerapkan pendekatan komunikasi media sosial yang terbuka, kreatif, dan fokus untuk membangun hubungan pelanggan yang positif, meningkatkan loyalitas merek, dan mendorong pertumbuhan bisnis.
Nama : Alycia Febytha Maruti
Npm : 20210110400082
Prodi : Ilmu Komunikasi
Mata Kuliah : Government dan Public Affairs
Dosen Pengampu : Tria Patrianti, S.Sos., M.I.Kom
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H