Mohon tunggu...
Alyaputri Dayana
Alyaputri Dayana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah Mahasiswa aktif di perguruan tinggi Universitas Potensi Utama Medan,Saya Mahasiswa Dari Prodi Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

strategi peningkatan penjualan di era digital

31 Desember 2024   16:05 Diperbarui: 31 Desember 2024   16:05 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

I. PENDAHULUAN 

Strategi Pemasaran memiliki peranan yang berguna dalam menggapai keberhasilan usaha, oleh sebab itu bidang pemasaran sangat berfungsi dalam merealisasikan rencana usaha. Perihal ini bisa dicoba bila perusahaan mau mempertahankan serta menaikkan penjualan produk ataupun jasa yang mereka kelola. Dengan menjalankan strategi pemasaran yang akurat dan terarah lewat pemanfaatan kesempatan dalam menaikkan penjualan, sehingga posisi ataupun peran perusahaan di pasar bisa ditingkatkan ataupun dipertahankan. Strategi pemasaran dirancang guna menaikkan peluang dimana konsumen hendak mempunyai asumsi serta perasaan positif terhadap produk, jasa dan merek tertentu dan konsumen mempunyai perasaan ingin membeli produk tersebut secara berulang-ulang (Prasetijo dan Ihalauw, 2015:17). Salah satu wujud startegi pemasaran yang sanggup menunjang dalam memasarkan produk dalam menghasilkan kepuasan konsumen yaitu menggunakan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang meliputi produk, harga, promosi dan tempat.

Pertumbuhan perekonomian yang terdapat Indonesia pasti tidak terlepas dari kedudukan dan dari Usaha Mikro Kecil serta menengah UMKM. Pada masa globalisasi disaat ini, UMKM sangat berfungsi baik selaku salah satu alternatif lapangan kerja baru, dalam menekan laju perkembangan perekonomian pasca terjadinya krisis moneter saat ini perusahaan-perusahaan besar mulai mengadapai kesusahan dalam meningkatkan usahanya. Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah (UMKM) adalah aktivitas usaha yang dapat memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, bermanfaat dalam proses pemerataan serta meningkatkan pendapatan masyarakat serta berpartispasi dalam mewujudkan stabilitas ekonomi nasional.

Strategi pemasaran adalah salah satu metode yang memenangkan keunggulan bersaing berkesinambungan baik itu usaha yang memperoduksi produk ataupun jasa. Strategi pemasaran dapat dilihat sebagai salah satu dasar menggunakan dalam menyusun perencanaan secara merata. Alasan lain yang menunjukkan pentingnya adanya strategi pemasaran yaitu semakin banyaknya persaingan yang terjadi didalam unia usaha. Dalam situasi tersebut usaha-usaha yang telah dibangun harus menghadapi persaingan tersebut ataupun dalam opsi lain keluar dari arena persaingan. Oleh sebab itu pemasaran hendaknya membutuhkan perhatian serius olah UMKM paling utama dari petanetapan strategi pemasaran yang wajib betul-betul matang sehingga strategi pemasaran yang digunakan nantinya dapat menembus pasar ditengah persaingan yang tinggi (Arifen,2019:4).

II. PEMBAHASAN

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam produk yaitu: kualitas (mutu), kemasan, dan hehalalan dalam menentukan tingkat kualitas yang akan mendukung produk dipasar sasaran, dalam hal ini produk keripik UMKM Sederhana lebih unggul dari produk keripik lainya, bahan baku yang diperoleh dari petani dijamin kualitasnya sehingga diolah menjadi sebuah keripik dengan cita rasa yang enak, gurih dan nikmat tetapi tidak menghilangkan gizi dari keripik tersebut. UMKM. UMKM Sederhana berusaha menciptakan inovasi baru dalam produknya agar hasilnya lebih baik dari produsen lain dan bisa menghasilkan kualitas produk yang baik sehingga dapat  memuaskan konsumen. UMKM Sederhana memiliki ciri khas dalam persoalan produknya yang pasti berbeda dengan produk lain. 

Pada saat ini UMKM dapat bertahan serta bersaing apabila sanggup menjalankan manajemen secara baik. Dalam pengelolan manajemen secara umum mencakup bidang pemasaran, produksi, sumber daya manusia serta keuangan. Konsep serta perancangan ditingkat strategi adalah kunci dari keberhasilan suatu usaha. Analisis mengenai pasar, pelanggan serta produk adalah suatu hal yang sangat berguna dalam dunia yang kompleks. Analisis strategi meliputi " segitiga strategi " adalah pelanggan, pesaing serta industri. Mayoritas unit usaha melaksanakan kegiatan dalam melakukan operasinya hanya beropersasi pada pembuatan produk saja, yang terdapat pada usaha kecil maupun menengah. Usaha sepatutnyalebih mencermati strategi usaha guna mempertahankan dalam meningkatkan usaha yang telah dibangun, agar senantiasa dapat bersaing dalam dunia pemasaran usaha secara merata.

 Strategi pemasaran adalah salah satu metode yang memenangkan keunggulan bersaing berkesinambungan baik itu usaha yang memperoduksi produk ataupun jasa. Strategi pemasaran dapat dilihat sebagai salah satu dasar menggunakan dalam menyusun perencanaan secara merata. Alasan lain yang menunjukkan pentingnya adanya strategi pemasaran yaitu semakin banyaknya persaingan yang terjadi didalam unia usaha. Dalam situasi tersebut usaha-usaha yang telah dibangun harus menghadapi persaingan tersebut ataupun dalam opsi lain keluar dari arena persaingan. Berikut adalah strategi pemasaran di era digital 

1.  Social Media Marketing 

Pertama tentu saja sosial media marketing yang merupakan teknik paling umum ditemukan. Keberadaan sosial media saat ini memberikan kesempatan untuk pebisnis menemukan target pasar. Pasalnya pengguna sosial media jumlahnya sangat besar dan aktif setiap hari.

Strategi untuk membuat pemasaran dengan sosial media berhasil adalah dengan membuat konten invatif. Bentuk konten di media sosial cenderung bersifat visual, oleh karena itu pastikan membuat desain yang ekslusif dan premium.

Output yang diharapkan dari pemasaran sosial media tidak hanya meningkatkan penjualan. Namun yang pertama adalah merebut awareness masyarakat terhadap suatu permasalah. Kemudian baru memberi solusi dengan menawarkan produk yang dijual.

2. Ads Berbayar

Selanjutnya menggunakan ads berbayar yang tersedia di berbagai platform digital. Dibandingkan dengan sosial media, ads berbayar memang membutuhkan modal marketing di awal. Namun, strategi marketing satu ini sangat penting untuk menunjukan eksistensi bisnis.

Ads berbayar dapat dikatakan sebagai layanan iklan komersil. Namun penayangan iklannya bukan di televisis, melainkan di platform online yang sering diakses saat ini. Misalnya seperti bergabung dangan ads Youtube, Spotify, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Platform diatas menyediakan halaman khusus untuk memuat iklan. Cara untuk menggunakan ads berbayar bisa dengan mengajukan langsung melalui halaman platform tersebut.

3. Digital Marketing

Istilah Digital Marketing mungkin sudah tidak asing lagi. Mengembangkan bisnis dengan konsep digital marketing mulai banyak dilakukan. Misalnya melalui content marketing di website atau e-mail marketing.

Namun, untuk menerapkan sistem marketing ini membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Terutama yang memiliki skill copywriting dan orang yang menguasai tools platform secara teknikal dengan baik. 

4. Iklan Menggunakan Influencer

Melakukan strategi pemasaran dengan memanfaatkan influencer terkenal. Influencer adalah orang yang memiliki banyak followers akitf di media sosial. Dengan menggunakan jasa influencer maka penjualan bisnis dapat tersampaikan ke banyak followersnya.

5. Affiliate Marketing 

Menggunakan teknik affliete marketing juga dapat menjadi alternatif memasarkan bisnis di era digital saat ini. Affiliate marketing membuat jangkauan konsumen lebih luas. Selain itu, adanya affiliate marketing juga memberi keuntungan untuk banyak orang.

Kesimpulan

Penggunaan teknologi digital telah memengaruhi semua aspek kegiatan manusia, termasuk pemasaran. Pemasaran berbasis digital digunakan untuk memperoleh konsumen, membangun preferensi mereka, promosi merek, memelihara konsumen, serta meningkatkan penjualan yang pada akhirnya meningkatkan profit. Digital marketing memungkinkan pembeli memperoleh seluruh informasi mengenai produk dan bertransaksi melalui internet, dan memungkinkan penjual untuk memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon pembeli tanpa batasan waktu dan geografis. Digital marketing juga merupakan cara komunikasi dua arah yang dapat menimbulkan awareness dan engagement masyarakat terhadap produk dan merek tertentu. Platform yang sering digunakan untuk digital marketing adalah media sosial, terutama Whatsapp dan Instagram. Perubahan perilaku pemasaran dari konvensional ke digital tidak diimbangi oleh keberadaan pelaku UMKM yang menggunakan digital marketing, padahal UMKM dipercaya mampu memacu perekonomian Indonesia. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi UMKM untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih konsumen. Jika pelaku UMKM paham akan pentingnya digital marketing bagi usaha mereka, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan promosinya, serta dapat mempraktikkannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial. Dari pelaksanaan kegiatan penelitian ini, diperoleh wawasan bahwa sesungguhnya para pelaku UMKM tertarik untuk menggunakan digital marketing dan memanfaatkan media sosial secara optimal, namun mereka menghadapi beberapa kendala. Kendala yang dihadapi contohnya adalah kurangnya pemahaman mengenai pentingnya digital marketing, kurangnya pengetahuan mengenai teknologi informasi dan komunikasi serta cara-cara penggunaan dan pemanfaatan media sosial yang baik, tidak sabar ingin segera mendapat hasil, serta kurangnya pemahaman untuk menciptakan "postingan" yang menarik.  

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun