Mohon tunggu...
Alwi Dwi
Alwi Dwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

psychology students

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pencegahan Bullying dan Kekerasan Pada Anak di Lingkungan Sekolah Kelurahan Tenggilis : Pendekatan Terpadu

15 Juli 2024   22:39 Diperbarui: 15 Juli 2024   22:44 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bullying dan kekerasan pada anak di lingkungan sekolah telah menjadi isu yang semakin mendapat perhatian serius baik dari kalangan akademisi, pemerhati pendidikan, maupun pemerintah. Di Kelurahan Kalirungkut, masalah ini tidak terkecuali. Oleh karena itu, strategi pencegahan bullying dan kekerasan pada anak di sekolah menjadi sangat penting untuk diterapkan. Artikel ini akan membahas berbagai pendekatan dan strategi yang dapat diadopsi oleh sekolah-sekolah di Kelurahan Kalirungkut .

Pengertian dan Dampak Bullying serta Kekerasan pada Anak

            Bullying merupakan tindakan agresif yang dilakukan secara berulang-ulang oleh seseorang atau kelompok terhadap individu lainnya yang dianggap lebih lemah. Bentuk bullying bisa bermacam-macam, mulai dari fisik, verbal, sosial, hingga cyberbullying. Kekerasan pada anak di lingkungan sekolah termasuk dalam kategori ini dan dapat menyebabkan dampak serius seperti trauma psikologis, penurunan prestasi akademik, dan masalah kesehatan mental.

            Menurut penelitian terbaru, kekerasan fisik dan verbal pada anak dapat mengakibatkan rendahnya rasa percaya diri, gangguan kecemasan, dan bahkan depresi (ResearchGate, 2024). Oleh karena itu, pentingnya pencegahan dan intervensi dini tidak dapat diabaikan.

Pendekatan Pencegahan Bullying dan Kekerasan di Sekolah

1. Sosialisasi dan Edukasi

   Salah satu langkah awal untuk mencegah bullying adalah dengan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh komunitas sekolah, termasuk siswa, guru, dan orangtua. Sosialisasi ini dapat berupa seminar, workshop, dan penyebaran informasi melalui media cetak maupun digital. Materi yang disampaikan harus mencakup pengertian bullying, dampak negatifnya, serta cara melapor jika seseorang menjadi korban atau saksi bullying.

  

2. Pembentukan Tim Pencegahan Bullying

   Sekolah-sekolah dapat membentuk tim pencegahan bullying yang bertugas untuk mengawasi, mendokumentasikan, dan menangani kasus bullying. Anggota tim ini harus terdiri dari guru, konselor, dan perwakilan siswa yang sudah dilatih secara khusus. Tim ini juga bertanggung jawab dalam penyusunan kebijakan anti-bullying sekolah.

3. Penerapan Pendekatan Whole-School

   Pendekatan Whole-School merupakan strategi di mana pencegahan bullying dan kekerasan diterapkan secara holistik di semua aspek sekolah. Ini termasuk pengajaran kurikulum yang mencakup nilai-nilai perdamaian, penghormatan terhadap perbedaan, dan keterampilan sosial. Guru dan staf sekolah juga perlu memastikan lingkungan sekolah aman dan ramah anak.

4. Kebijakan dan Regulasi Sekolah

   Setiap sekolah perlu memiliki kebijakan dan regulasi yang jelas mengenai pencegahan dan penanganan bullying. Kebijakan ini harus disosialisasikan kepada seluruh warga sekolah dan diberlakukan secara konsisten. Sangsi tegas bagi pelaku bullying juga perlu diatur untuk memberikan efek jera.

 Implementasi di Kelurahan Kalirungkut

Dalam konteks Kelurahan Kalirungkut, beberapa langkah spesifik dapat dilakukan untuk mengimplementasikan strategi pencegahan bullying dan kekerasan di sekolah, yakni:

1. Kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan LSM

   Pemerintah daerah dan LSM dapat berperan aktif dalam mendukung program pencegahan bullying di sekolah-sekolah. Dukungan ini bisa berupa dana, pelatihan, serta pendampingan dalam implementasi program.

2. Penguatan Peran Orangtua

   Orangtua harus dilibatkan dalam upaya pencegahan bullying melalui program parenting yang rutin diadakan oleh sekolah. Mereka harus diberikan pemahaman mengenai tanda-tanda anak menjadi korban atau pelaku bullying dan cara yang efektif untuk mengatasinya.

3. Peningkatan Sarana dan Prasarana Sekolah

   Sekolah-sekolah di Kelurahan Kalirungkut perlu dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mendukung terciptanya lingkungan belajar yang positif dan aman. CCTV, ruang konseling, dan tempat bermain yang aman dapat membantu mencegah terjadinya bullying.

Kesimpulan

 

Pencegahan bullying dan kekerasan pada anak di lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab bersama seluruh pihak terkait, termasuk pemerintah, sekolah, orangtua, dan masyarakat. Dengan penerapan strategi yang holistik dan terintegrasi, diharapkan dapat tercipta lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal di Kelurahan Kalirungkut. Upaya pencegahan ini harus terus dievaluasi dan diperbaiki agar dapat menghadapi tantangan yang berkembang dalam dinamika sosial yang ada.

Dengan artikel ini, diharapkan dapat menjadi panduan bagi pihak terkait untuk bersama-sama mengatasi permasalahan bullying dan kekerasan di lingkungan sekolah di Kelurahan Kalirungkut.

DAFTAR PUSTAKA

- ResearchGate. (2023). "Dampak Kekerasan dan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan serta Pencegahannya."

- Kemdikbud (2024). "Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar."

   - UNICEF Indonesia (2022). "Tips untuk guru dalam mengatasi perundungan (bullying)." Retrieved from [UNICEF](https://www.unicef.org/indonesia/id/child-protection/tips-untuk-guru-mengatasi-bullying).

   - Kemdikbud. (2022). "STOP Perundungan/Bullying Yuk!" Retrieved from [Kemdikbud](https://repositori.kemdikbud.go.id/22974/1/20210308%20Buku%20Saku-Stop%20Bullying-Spread%20Pages.pdf).

   - ResearchGate. (2022). "Upaya Mengatasi Bullying di Sekolah Dasar dengan Mensinergikan Program Sekolah dan Parenting Program melalui Whole-School Approach." Retrieved from [ResearchGate](https://www.researchgate.net/publication/338997592_Upaya_Mengatasi_Bullying_di_Sekolah_Dasar_dengan_Mensinergikan_Program_Sekolah_dan_Parenting_Program_melalui_Whole-School_Approach)

   - Buku Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar. (2021). Retrieved from [ditpsd.kemdikbud](https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/pencegahan-3-dosa-besar-pendidikan/PEDOMAN%20PENCEGAHAN%20DAN%20PENANGGULANGAN%20TINDAK%20KEKERASAN.pdf)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun