Mohon tunggu...
Alvania Kartika
Alvania Kartika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Another ISTP

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Gegar Budaya Seorang Mantan Mahasiswi (yang Ngaku-ngaku) dari Jogja

9 November 2022   21:16 Diperbarui: 9 November 2022   21:52 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berkuliah di Jogjakarta selama 7 tahun menjadikan Jogja sebagai rumah kedua saya. Meskipun saya tercatat sebagai warga kota Tangerang Selatan, saya lebih suka hidup di kos di Jogja, senang-senang dengan teman, berkuliah atau main. Seiring berjalannya waktu, sayapun mencari rejeki di ibukota. 

Pekerjaan pertama saya berlokasi di Jakarta Selatan. Adik-adik saya langsung menggoda saya dengan aksen Jaksel. Ada beberapa hal yang membuat saya kaget dalam beberapa bulan pertama saya di Jakarta, yaitu:

1. Diteriaki satpam stasiun KRL

Terakhir kali saya naik KRL, saya ingat ada kambing dan ayam yang naik ke gerbong. Adapula pedagang asongan yang berjualan di dalam gerbong. Setelah itu saya agak trauma untuk naik KRL. Ketika saya kembali ke Jakarta, stasiun dan KRL sudah sangat modern.

Namun karena banyaknya penumpang, saat hendak menggunakan eskalator untuk keluar peron atau pindah peron, satpam meneriaki penumpang,"yang kanan jalan, yang kanan jalan!" untuk mengingatkan orang-orang yang berada di lajur kanan eskalator untuk berjalan. Saya sungguh kaget mendengarnya, serasa sedang ospek kampus.

2. Starling, pedagang kopi "Starbucks keliling"

Pedagang kopi keliling ini adalah penyelamat para pekerja di ibukota karena harganya yang murah. Dengan menggunakan sepeda mereka berkeliling jalan-jalan utama Jakarta sampai ke trotoarnya. Pada akhir pekan, saya yakin peminat starling ini meningkat tajam. Saat saya di Jogja, pedagang minuman hanya ada di burjoan, jarang yang keliling.

3. Malu bertanya sesat di jalan, apalagi di jalan sempit

Bagi saya, aroma ambisius di Jakarta bisa dicium sejak saya menginjakkan kaki disana. Disana orang tidak banyak ramah tamah seperti di tanah "Jawa". Jika tidak bertanya atau tidak ada inisiatif, kita hanya akan menunggu dan seringnya tersesat. Apalagi di Jakarta, banyak sekali jalan gang yang super kecil dan masih terbaca di aplikasi peta.  Gang yang hanya muat 1 motor pun masih terbaca. Luar biasa.

4. Jarang ada "burjo"

Saat di Jogja, biasanya "burjo" menjual nasi orak-arik dan sejenisnya. Di Jakarta, sulit sekali menemukan warung sejenis "burjoan" Jogja. Biasanya terpisah antara warteg dan warung yang jual bubur kacang hijau. Hanya satu kali saya melihat ada pedagang penjual bubur kacang hijau dengan tenda di Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun