Pada bulan ramadan, banyak perusahaan yang mempromosikan produknya melalui iklan dengan konsep bulan ramadan. Setiap perusahaan memiliki konsep yang berbeda pada iklannya guna membuat konsumen merasa tertarik dan terkesan pada iklan tersebut dan pada akhirnya konsumen akan memutuskan membeli produk dari perusahaan. Tujuan utama perusahaan jelas yaitu keputusan pembelian produk dari konsumen.
Berbicara tentang iklan perusahaan bertemakan ramadan, pastinya kalian setuju bukan bahwa banyak iklan perusahaan yang menarik dan berkesan ?. Memang iklan dari perusahaan banyak yang menarik dan berkesan, perusahaan guna menyambut bulan ramadan 1 tahun sekali, berusaha total untuk membuat iklan. Perusahaan mengupayakan membuat iklan bulan ramadan yang kreatif dan inovatif.
Sungguh, jika saya minta memilih salah satu iklan perusahaan pada bulan ramadan, kalian memilih iklan yang mana ? memang sulit ya teman-teman kalau di suruh memilih salah satu iklan yang menarik dan berkesan. Kadang juga saya bingung kalau disuruh memilih salah satu iklan, karena saya rasa memang hampir semua iklan menarik dan berkesan bagi persepsi saya. Â Â
Tapi teman-teman, pada bulan ramadan tahun 2020 ini, saya memiliki satu pilihan iklan perusahaan yang membuat saya tertarik dan terkesan. Menurut saya pada bulan ramadan tahun 2020 ada satu iklan yang paling menarik dan berkesan bagi saya. Banyak alasan yang membuat saya merasa jatuh cinta pada iklan perusahaan ini. Menurut kalian iklan apa sih yang membuat saya bisa benar-benar jatuh cinta ? coba tebak ya teman-teman.
Buat kalian yang menjawab bukan iklan indomie, berarti jawaban kalian belum beruntung. Namun jika kalian menjawab iklan indomie, selamat teman-teman, anda mendapatkan nilai 100. Iklan yang paling menarik dan berksean menurut saya pada bulan ramadan tahun ini adalah iklan indomie. "Kenapa kak kok iklan indomie ? kan banyak iklan-iklan yang lain pada bulan ramadan".Â
Kalau ditanya kenapa iklan indomie, banyak teman-teman alasan saya memilih iklan indomie. Tenang teman-teman, buat kalian yang ingin mengetahui alasan saya, akan saya beritahu kalian semua terkait alasannya. Alasan saya memilih iklan indomie sebagai iklan terbaik dan berkesan antara lain adalah :
1. Iklan Indomie Menggunakan Dua Sesi
Indomie pada iklan edisi bulan ramadan mengusung konsep yang berbeda dari edisi bulan ramadan tahun-tahun sebelumya. Mungkin ini juga merupakan iklan perusahaan pertama di Indonesia yang menggunakan dua sesi. Â Terdapat dua sesi yaitu saat puasa dan saat setelah berbuka puasa. Sebenarnya kedua iklannya hampir sama, namun dikemas dengan konsep sedikit berbeda diantara keduanya.
Iklan sesi saat puasa menunjukkan seseorang yang memasak mie instan, namun tidak ada mie instannya. Pada video iklan ini, terlihat seorang laki-laki sedang meniriskan air tanpa ada isi mie instan indomie, lalu laki-laki tersebut seolah-olah memasukkan mie instan indomie ke piring (padahal mie instan indomie sebenarnya juga gak ada), dan yang menggemaskan terakhir dia seperti ingin menyantap menggunakan garpu (padahal mie instannya juga belum ada). Terus terakhir ditunjukkan kemasan indomie tanpa ada gambar mie instannya dan disebelah kemasan ada piring yang juga tidak ada mie instannya.
Iklan setelah berbuka puasa, nah disini iklannya juga hampir sama sebenarnya. Proses ceritanya pun sama teman-teman, namun ada sedikit yang membedakan pada iklan ini. Pada iklan ini, mie instan indomienya sudah ada teman-teman, iklan ini tetap disambut seorang laki-laki yang sama pada iklan sebelumnya dengan mengatakan "eh udah buka nih". Iklan ini mencoba menunjukkan mie instan indomie yang pada video sebelumnya tidak ada, disini ditunjukkan secara jelan produk mie instan indomienya.
Indomie pada iklan ini menunjukkan kepeduliannya pada seseorang yang berbuasa. Alasan saya mengatakan hal tersebut, karena di iklan yang pertama mie instannya tidak ada, indomie seolah-oleh menghormati orang yang sedang berpuasa. Mungkin itu strategi pemasaran mereka untuk menarik perhatian penonton.Â
Ketika penonton terpengaruhi, penonton pastinya akan memutuskan membeli produk. Nah untuk mendorong keputusan pembelian lebih tinggi dari penonton, indomie menyuguhkan iklan indomie yang kedua setelah berbuka. Iklan ini mencoba menunjukkan kepada penonton kenikmatan indomie yang sebenarnya, apalagi disantap ketika berbuka puasa.
2. Iklan yang Berbeda Dengan Perusahaan Lainnya
Apakah kalian pernah mengetahui iklan yang diizinkan menunjukkan produknya oleh Pemerintah, namun malah tidak menunjukkan produknya ?. Â Sepertinya sebelumnya belum pernah tahu kan teman-teman, iklan indomie inilah yang mungkin menjadi yang pertama teman-teman.
Saya jujur merasa kagum dengan indomie, mencoba menggunakan iklan dengan konsep yang berbeda dibandingkan dengan yang lainnya. Padahal perusahaan-perusahaan lain mencoba untuk menunjukkan produknya pada iklan yang mereka buat. Namun Indofood pada iklan indomienya malah sama sekali tidak menunjukkan produk mereka, sungguh keputusan yang sangat berani menurut saya dari pihak Indofood ketika membuat iklan ini.
3. Mampu Menarik Perhatian Masyarakat Indonesia
Mungkin sebelumnya banyak orang yang menyangka bahwa iklan dengan konsep seperti ini menjadi iklan yang tidak menarik. Namun nyatanya ketika iklan indomie ditayangkan, iklan indomie ini mampu menarik perhatian hampir semua masyarakat. Bahkan iklan ini menjadi perbincangan di media sosial, iklan ini benar-benar viral di media sosial. Masyarakat benar-benar merasa iklan ini sangat menarik karena berbeda dengan iklan perusahaan lainnya.
Iklan ini memang memberikan kejutan kepada semua orang, termasuk saya juga merasa terkejut pada iklan ini. Saya merasa kagum kepada Indofood yang berani mencoba mengeluarkan biaya besar untuk membuat iklan seperti ini, saya yakin biaya untuk membuat iklan sangatlah besar. Namun Indofood berani mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat suatu iklan yang tidak menunjukkan sedikitpun produknya. Sungguh beruntung iklan ini dapat diterima masyarakat, eh malah menarik perhatian dan kesan sebagian besar masyarakat.
4. Memiliki Kepeduliaan Kepada Orang-Orang yang Menjalankan Ibadah PuasaÂ
Alasan keempat yang membuat saya menyukai iklan indomie adalah kepeduliaan yang coba ditunjukkan Indofood pada iklan indomienya. Saya merasa iklan masak mie gak pakai mie ini menunjukkan bahwa Indofood menghargai orang-orang yang menjalankan ibadah puasa. Indofood mencoba menarik perhatian penonton dengan cara membuat iklan tanpa menunjukkan produknya.
Indofood tidak menunjukkan produk mie indomie untuk menghargai orang-orang yang sedang menjalankan ibada puasa. Ketika orang yang berpuasa melihat mie instan indomie, akan membuat mereka tergoda ketika menjalankan puasa. Hal tersebutlah yang coba dihindari oleh pihak perusahaan Indofood. Pertimbangan tersebut membuat Indofood memutuskan untuk tidak menunjukkan mie instannya pada iklan indomie edisi bulan ramadan tahun 2020.
Nah itulah teman-teman alasan saya memilih iklan indomie menjadi iklan yang paling menarik dan berkesan. Sungguh strategi tersebut saya berikan apresiasi sebesar-besarnya, strategi Indofood benar-benar membuat saya merasa kagum. Tidak banyak perusahaan yang berani membuat langkah iklan seperti itu. Tidak banyak perusahaan yang berani mengambil resiko pada iklan yang mereka buat. Tidak banyak juga perusahaan menunjukkan kepeduliannya melalui iklan yang dibuat.
Bagaimana teman-teman, apakah kalian setuju bahwa iklan Indofood menjadi iklan paling menarik dan berkesan pada bulan ramadan tahun ini ? apakah kalian punya iklan lain yang menarik dan berkesan pada bulan ramadan tahun ini ? teruntuk teman-teman yang punya iklan menarik dan berkesan yang lain, silahkan berkomentar ya. Karena saya juga ingin mengetahui iklan yang menarik dan berkesan di mata kalian semua, terimakasih ya teman-teman sudah membaca tulisan saya ini. Semoga tulisan ini bermanfaat kepada kalian semua, sampai jumpa ditulisan saya selanjutnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H