Mohon tunggu...
Alrid Ramadhan
Alrid Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi 23107030071 UIN Sunan kalijaga

gabut

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Nasib Pengemudi Becak dan Angkot di Era Ojol

10 Maret 2024   01:18 Diperbarui: 10 Maret 2024   01:20 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber gambar: beritatangsel.com

Perkembangan teknologi dan kemajuan transportasi telah membawa perubahan besar dalam cara orang berpindah tempat. Di era transportasi online atau yang lebih dikenal dengan sebutan "ojol" (ojek online), popularitas becak dan angkot sebagai alat transportasi tradisional semakin tergeser. Meskipun begitu, nasib becak dan angkot tetap menjadi perhatian dalam konteks perkembangan transportasi di Indonesia.

Becak, sebagai salah satu alat transportasi ikonik di Indonesia, telah lama menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Namun, dengan munculnya ojol, permintaan terhadap jasa becak semakin menurun. Banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan ojol karena lebih cepat, nyaman, dan praktis. Hal ini menyebabkan banyak pengemudi becak mengalami kesulitan dalam mencari penumpang dan menghasilkan pendapatan yang memadai.

Selain becak, angkutan kota atau angkot juga mengalami dampak dari kehadiran ojol. Angkot, yang merupakan moda transportasi umum dengan rute tetap, juga menghadapi persaingan yang ketat dengan ojol. Ojol menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan bagi penumpang dengan pilihan waktu dan tempat yang lebih bebas. Akibatnya, banyak pengemudi angkot yang mengalami penurunan penumpang dan pendapatan yang signifikan.

sumber gambar: m.antaranews.com
sumber gambar: m.antaranews.com

Kehadiran ojek online memang memberikan dampak yang signifikan terhadap pengemudi becak dan angkot. Berikut adalah beberapa dampaknya:

1. Penurunan Pendapatan: Permintaan terhadap layanan becak dan angkot semakin menurun seiring dengan popularitas ojol yang terus meningkat. Banyak penumpang yang lebih memilih menggunakan ojek online karena kemudahan, kenyamanan, dan harga yang lebih terjangkau. Akibatnya, pengemudi becak dan angkot mengalami penurunan pendapatan yang signifikan.

2. Persaingan yang Ketat: Kehadiran ojol telah menciptakan persaingan yang ketat di industri transportasi. Pengemudi becak dan angkot harus bersaing dengan ribuan pengemudi ojol yang menawarkan layanan serupa. Persaingan ini membuat pengemudi becak dan angkot harus berusaha lebih keras untuk menarik penumpang dan mempertahankan pelanggan setia.

3. Perubahan Pola Kerja: Sebagian pengemudi becak dan angkot terpaksa mengubah pola kerja mereka untuk tetap bersaing dengan ojol. Beberapa pengemudi becak dan angkot beralih menjadi pengemudi ojol untuk mengoptimalkan penghasilan mereka. Namun, tidak semua pengemudi becak dan angkot memiliki kesempatan atau kemampuan untuk beralih profesi.

4. Penurunan Jumlah Pengemudi: Dampak kehadiran ojol juga dapat dilihat dari penurunan jumlah pengemudi becak dan angkot. Banyak pengemudi yang memilih pensiun atau mencari pekerjaan lain karena sulitnya bersaing dengan ojol. Hal ini berdampak pada penurunan jumlah becak dan angkot yang tersedia di jalanan.

5. Perubahan Citra dan Persepsi: Seiring dengan popularitas ojol yang terus meningkat, citra dan persepsi terhadap becak dan angkot juga mengalami perubahan. Becak dan angkot sering dianggap ketinggalan zaman dan kurang nyaman dibandingkan dengan ojol. Hal ini dapat memengaruhi minat masyarakat untuk menggunakan becak dan angkot sebagai moda transportasi.

Meskipun menghadapi dampak yang signifikan, beberapa pengemudi becak dan angkot masih bertahan dan berusaha beradaptasi dengan kehadiran ojol. Beberapa pengemudi becak dan angkot melakukan inovasi, seperti meningkatkan kebersihan, kenyamanan, dan keamanan kendaraan mereka. 

Selain itu, ada juga upaya dari pemerintah dan komunitas lokal untuk mendukung pengemudi becak dan angkot, misalnya dengan memberikan pelatihan dan pengembangan keterampilan baru.

Hal ini menjadi tantangan bagi becak dan angkot, ada beberapa upaya yang dilakukan untuk tetap menjaga eksistensi dan memberikan manfaat bagi masyarakat. 

sumber gambar: jabar.tribunnews.com
sumber gambar: jabar.tribunnews.com

Beberapa kota di Indonesia telah melakukan revitalisasi becak dengan menghadirkan becak motor atau becak bermotor listrik. Ini memberikan alternatif yang lebih modern dan ramah lingkungan bagi pengemudi becak. 

Selain itu, beberapa pengemudi angkot juga berupaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi penumpang dengan melakukan perbaikan pada kendaraan dan rute yang dilalui.

Namun, meskipun ada upaya untuk mempertahankan keberadaan becak dan angkot, peran ojol dalam transportasi modern tidak dapat diabaikan. Ojol telah memberikan kemudahan akses transportasi bagi masyarakat, terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh angkutan umum lainnya. Selain itu, ojol juga memberikan kesempatan kerja bagi banyak orang yang menjadi pengemudi ojol.

Dalam menghadapi perubahan ini, penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk mencari solusi yang adil dan berkelanjutan. Pemerintah dapat memberikan regulasi yang jelas dan melindungi hak-hak pengemudi becak dan angkot. Selain itu, masyarakat juga dapat mendukung keberadaan becak dan angkot dengan tetap memilih menggunakan jasa mereka dalam situasi yang memungkinkan.

Secara keseluruhan, nasib becak dan angkot di era ojol memang mengalami tantangan yang signifikan. Namun, dengan adanya upaya revitalisasi dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat, masih ada harapan untuk menjaga keberlanjutan dan manfaat dari alat transportasi tradisional ini. 

Penting bagi kita semua untuk menghargai dan mempertahankan warisan budaya dan sekaligus memanfaatkan perkembangan teknologi dalam menciptakan sistem transportasi yang inklusif dan berkelanjutan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun