Benjamin Bloom adalah seorang psikolog pendidikan Amerika yang berfokus pada penguasaan pembelajaran, ide-idenya berkembang menjadi apa yang dikenal sebagai Taksonomi Bloom.
Taksonomi Bloom adalah hierarki tujuan pembelajaran. Tujuan awalnya adalah untuk memberi para pendidik bahasa yang sama untuk berbicara tentang desain dan penilaian dalam kurikulum.
Taksonomi Bloom terdiri dari tiga domain yang mencerminkan jenis pembelajaran yang kita semua lakukan. Setiap domain memiliki tingkat pembelajaran yang berbeda, diurutkan dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks dan terkait dengan kata kerja tindakan yang relevan.
- Domain kognitif : berpikir dan mengalami
- Domain afektif : emosi dan perasaan
- Domain psikomotor : praktis dan fisik
Domain Kognitif
Domain kognitif adalah semua tentang pengetahuan dan keterampilan siswa. Saat siswa naik level kognitif, keterampilan berpikir menjadi lebih tinggi.
Sejak 1956, Bloom dan tim penelitinya memiliki beberapa kritik terhadap model aslinya. Kemajuan dalam psikologi kognitif mendorong Lorin Anderson dan David Krathwohl untuk menerbitkan versi baru dari domain kognitif pada tahun 2001.
Jadi mari kita lihat level dan kata kerja tindakan lebih detail.
- Mengingat : mengingat fakta dan konsep dasar
- Memahami : menjelaskan ide dan konsep
- Menerapkan : menggunakan informasi dalam situasi baru
- Menganalisis : membuat hubungan antar ide
- Mengevaluasi : membenarkan keputusan
- Menciptakan : menghasilkan karya baru
Saat menyusun rencana pelajaran matematika, perlu dicatat bahwa sering kali perlu 'menerapkan' sebelum memperkenalkan konsep baru (mengingat, memahami) sehingga konteks dunia nyata didahulukan, dan teori di urutan kedua.
Seperti contoh, saat mengajarkan volume dalam liter, guru mungkin ingin memperkenalkan volume benda nyata sebelum memperkenalkan teori volume. Dengan melakukan ini, guru mendorong siswa untuk memperoleh pembelajaran baru mereka dalam konteks sehari-hari.
Domain Afektif
Jika domain kognitif berfokus pada pikiran, maka domain afektif adalah semua tentang emosi. Belajar dalam domain afektif menggambarkan cara orang bereaksi secara emosional dan kemampuan mereka untuk merasakan penderitaan atau kegembiraan orang lain. Ini semua tentang kesadaran dan pertumbuhan sikap, emosi dan perasaan.
Jadi, mari kita lihat bagaimana domain afektif menggambarkan pertumbuhan emosional bersama dengan kata kerja tindakan untuk setiap level.
- Receiving : memperhatikan secara pasif
- Responding : berpartisipasi aktif
- Valuing : melampirkan nilai pada pembelajaran
- Organizing : membandingkan, menghubungkan dan mengelaborasi
- Characterizing : membangun pengetahuan abstrak tentang tindakan mereka sendiri
Domain Psikomotor
Domain psikomotor adalah domain berbasis tindakan. Model psikomotor berfokus pada Gerakan fisik, koordinasi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan keterampilan motorik
- Immitation :  Menitukan gerakan yang telah diamati
- Manipulation : Menggunakan konsep untuk melakukan gerakan
- Precision : Melakukan gerakan dengan teliti dan benar
- Articulation : Merangkai berbagai gerakan secara berkesinambungan
- Naturalization : Melakukan gerak secara wajar dan efisien
Bagaimana menerapkan Taksonomi Bloom di kelas?
Berdasarkan penelitian sebelumnya oleh Piaget dan Vygotsky, karya Bloom menunjukkan bahwa keterampilan berpikir berkembang melalui tantangan kognitif. Jadi, bagaimana guru dapat menggunakan Taksonomi Bloom untuk mengembangkan ini dalam kelas?
- Gunakan kata kerja untuk menginformasikan tujuan. Banayak cara yang berbeda yang dapat menggabungkan beberapa domain kata kerja untk menjadi satu tujuan.Â
- Namun hindarilah menggunakan kata kerja tujuan pembelajaran yang sama secara berulang.
- Gunakan pertanyaan bergaya Bloom untuk mendorong pemikiran yang lebih dalam. Mengutarakan pertanyaan yang mendorong pemikiran lebih lanjut, seperti "apa tema yang mendasarinya?" Untuk menginspirasi pemikiran yang lebih kreatif, Anda dapat bertanya "apa yang akan terjadi jika?" atau "berapa banyak cara yang bisa kamu lakukan?"
- Gunakan Taksonomi Bloom untuk membedakan pelajaran. Guru dapat menerapkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kata kerja dalam diskusi kelas. Atau berikan tantangan ekstra untuk siswa yang meyelesaikan lebih awal.
Tiga domain Bloom mengingatkan kita bahwa belajar bukanlah proses intelektual yang terpisah tetapi gabungan dari apa yang kita pahami, rasakan, dan praktikkan secara aktif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H