Oleh : Renaldi Daniel
( Mempertegas hubungan serta keterkaitan Misi dan Visi )
Apakah Anda termasuk orang yang masih bingung ketika ditanya mana lebih dahulu Misi atau Visi ? sama bingungnya ketika dahulu kepada Anda ditanyakan, “lebih dahulu mana, telor atau ayam ?” –untuk pertanyaan ini, hasil penelitian telah menjawab bahwa Ayam-lah yang lebih dahulu ada- secara berseloroh kita pun sering menjawab, “tergantung, mana yang didepan?”.
Kebingungan ini bukan hanya milik Anda sendiri, kebingungan ini sudah menjadi kebingungan massal karena banyak artikel yang kita baca berbeda-beda dalam menempatkan misi dan visi. Perdebatan tentang hal ini pun masih sering saya dengar di berbagai forum. Alih-alih menyelesaikannya secara ilmiah, akhirnya kita pun bertoleransi dengan mengatakan “ya bisa dua-duanya, tergantung penggunaannya”. Saya berharap setelah membaca artikel ini, Anda dengan yakin akan menjawab bahwa Misi-lah yang lebih dahulu ada.
Mission & Vision Statement.
Mission Statement. Why do we exist ? keywords: why, purpose.
Pernyataan misi menunjukkan ungkapan cita-cita dan keinginan dari si-Pendiri atau pemangku kepentingan lainnya, “kenapa organisasi kita harus ada, untuk apa, dan untuk siapa ?”.
Vision Statement. What we want to be or will achieve in the future ? keywords: where, headed.
Pernyataan visi menunjukkan keinginan atau cita-cita yang akan dicapai pada masa mendatang dalam rentang lima tahun ke depan atau lebih dari Pimpinan organisasi atau pemangku kepentingan lainnya sebagai bentuk tahapan berikut, pelaksanaan misi organisasi.
Untuk memudahkan kita memahami definisi diatas, saya gambarkan dan asosiasikan misi-visi sebagai “petani”. Misi merupakan lahan tempat si-Petani bercocok tanam, untuk menghasilkan padi atau hasil pertanian lainnya bagi keluarga atau lingkungannya dan Visi adalah cara si-Petani untuk mencapainya, waktu yang ditetapkan untuk mencapainya serta dengan cara apa mencapainya.
Berikut ini adalah misi dan visi Alomet & Friends untuk kita gunakan sebagai contoh,
Misi: Mempersiapkan dan menyediakan JASA dan PRODUK USAHA UNGGULAN DIBIDANG KONSULTANSI, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MANAJEMEN STRATEGI berbasis manajemen operasional, proses dan teknologi untuk penggunanya, dalam rangka MENINGKATKAN DAYA SAING DAN KEBERLANJUTAN USAHA JANGKA PANJANG PERUSAHAAN PERUSAHAAN PENGGUNANYA, sehingga dapat memberi manfaat dan kesejahteraan bersama.
Visi: Menjadi perusahaan KONSULTAN MANAJEMEN STRATEGI NASIONAL yang BERKUALITAS , dapat DIANDALKAN, dapat DIPERCAYA dalam dekade mendatang yang dapat MEMBANGUN KESETARAAN dan KEMITRAAN dengan perusahaan perusahaan nasional dan multinasional selaku penggunanya, untuk memenangkan persaingan dan keberlanjutan usahanya.
Sesuai harapan saya diatas, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami mana yang lebih dulu ada. Pada artikel berikutnya saya akan menjelaskan tentang cara merumuskan misi dan visi organisasi tang tepat. Misi-visi yang tepat akan memudahkan Anda dalam merancang Strategic Map, Business Process dst pada organisasi Anda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H