Pendahuluan
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter serta pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam. Salah satu materi yang diajarkan dalam PAI adalah zakat, yang mengajarkan tentang kewajiban berbagi kepada sesama. Namun, dalam praktiknya, banyak siswa mengalami kesulitan memahami konsep zakat, terutama dalam mengenali delapan golongan penerima zakat.
Metode pembelajaran yang digunakan guru menjadi faktor utama dalam meningkatkan pemahaman siswa. Selama ini, metode ceramah masih dominan, yang sering kali membuat siswa merasa bosan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan metode Card Sort, yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.
Metode Penelitian
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus di kelas V SDN Tegalsari 03 Sidareja, Cilacap, tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 14 perempuan.
Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Card Sort.
Hasil Penelitian
Sebelum diterapkan metode Card Sort, hanya 52% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah metode ini diterapkan dalam tiga siklus, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu:
Siklus I: 69% siswa mencapai ketuntasan belajar
Siklus II: 82% siswa mencapai ketuntasan belajar
Siklus III: 91% siswa mencapai ketuntasan belajar
Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode Card Sort mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi zakat.
Pembahasan
Metode Card Sort memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif melalui diskusi dan kolaborasi. Mereka diberi kartu yang berisi informasi tentang zakat, lalu diminta mencocokkannya dengan kategori yang benar. Cara ini membantu mereka lebih memahami dan mengingat materi.
Selain itu, metode ini juga meningkatkan motivasi belajar siswa karena melibatkan aktivitas fisik dan interaksi sosial. Hal ini berbeda dengan metode ceramah yang lebih pasif.
Kesimpulan dan Saran
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Card Sort efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi zakat. Oleh karena itu, metode ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran PAI, terutama pada materi yang membutuhkan pemahaman konsep yang kompleks.
Untuk meningkatkan efektivitasnya, guru dapat lebih memvariasikan penggunaan kartu, menyesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa, serta mengkombinasikan metode ini dengan strategi pembelajaran lainnya.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI