Saya mohon maaf jika tulisan ini nantinya bakal terkesan menggurui dan dianggap untuk gagah-gagahan. Saya pastikan, tidak ada niat ke arah itu sedikitpun. Soalnya, saya sendiri pun masih seorang pembelajar dan masih butuh banyak bimbingan dari para blogger senior yang ada di platform ini. Saya sangat berharap adanya tulisan ini akan memantik diskusi dan menjadi medium pembelajaran bagi kita semua.
Kenapa akhirnya saya berani menulis artikel “Rahasia Menjadi Pemenang Lomba Blog SEO?” Ada banyak sekali pertimbangan dan alasan yang dapat saya berikan. Salah satunya adalah saya ingin berbagi pengalaman dengan kawan-kawan semua tentang perjalanan saya mengikuti lomba blog SEO, yaitu sebuah lomba menulis blog di mana seorang pemenang ditentukan oleh posisi blog mereka di mesin pencari untuk kata kunci yang diperlombakan.
Sekali pun menulis tema ini, bukan berarti saya selalu memenangkan kontes SEO, karena saya pun pernah kalah. Itu terjadi tidak hanya sekali, melainkan berkali-kali. Namun, saya tidak pernah menyerah. Setiap kekalahan yang saya alami, saya selalu belajar mengapa saya kalah dan blog milik orang lain yang menang. Dari situ saya terus memperbaiki blog saya dari sisi SEO, baik itu SEO on-page maupun SEO off-page. Ada saja hal-hal baru yang saya jumpai di balik kekalahan itu.
Oh ya, saat pertama kali terjun dalam kontes blog SEO, saya memulainya dengan sangat buruk. Saya ingat di lomba blog SEO pertama yang saya ikuti saya jejali kata kunci yang dilombakan di setiap paragraf, persis seperti seorang pemula. Apa yang saya lakukan itu di kalangan praktisi SEO dikenal dengan istilah stuffing keyword, istilah yang saya ketahui setelah mengikuti lomba SEO. Jika mengingat pengalaman ini, saya suka senyum-senyum sendiri.
Lomba blog dan Lomba SEO
Sebelum kita membahas panjang lebar tentang rahasia menjadi pemenang lomba blog SEO, ada baiknya kita memahami dulu beberapa istilah terkait bahasan ini.
Pertama, lomba blog yaitu kompetisi menulis yang berfokus pada penulisan di blog. Peserta dapat menulis blog tentang topik yang ditentukan atau memilih topik sendiri dan mempostingnya pada blog pribadi mereka. Tujuannya adalah untuk mempromosikan kreativitas dan keterampilan menulis serta meningkatkan visibilitas blog peserta.
Lomba blog biasanya dibuat oleh perusahaan, lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba, di mana pemenang lomba blog akan mendapatkan sejumlah hadiah uang, produk, atau sertifikat bagi pemenang. Tidak cuma itu, pemenang kadang-kadang akan mendapatkan tiket jalan-jalan jika penyelenggaranya adalah sebuah platform agen perjalanan; gadget jika penyelenggaranya adalah marketplace barang-barang elektronik; atau voucher menginap di hotel jika penyelenggaranya merupakan jaringan perhotelan internasional.
Kedua, Kontes SEO (search engine optimization), sebuah kompetisi yang fokus pada optimasi mesin pencari. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas blog atau situs web pada hasil mesin pencari, seperti Google, Bing, atau Yahoo. Dalam kontes SEO, peserta biasanya diberikan topik atau keyword tertentu dan diminta untuk membuat tulisan blog atau halaman web terkait topik dan kata kunci tersebut yang dioptimasi sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang baik.
Para peserta Kontes SEO biasanya melakukan sejumlah optimasi pada sejumlah komponen yang berkaitan dengan kebutuhan search engine seperti judul, meta tag, deskripsi, kata kunci, dan struktur halaman web. Optimasi ini biasanya berkaitan dengan SEO on-page dan SEO off-page dan komponen lain yang disyaratkan oleh sebuah mesin pencari. Mereka (peserta) akan menerapkan berbagai pengetahuan terkait SEO yang dipelajarinya ketika membuat tulisan untuk membantu mesin pencari menemukan dan menilai situs web tersebut.
Lomba blog dan kontes SEO memiliki tujuan yang berbeda meskipun kedua-duanya memfokuskan pada penulisan di blog. Lomba blog adalah kompetisi menulis yang berfokus pada kreativitas, keterampilan menulis, dan penulisan blog yang baik. Sementara itu, kontes SEO adalah kompetisi optimasi mesin pencari yang berfokus pada meningkatkan visibilitas blog di mesin pencari.
Jika lomba blog lebih fokus pada aspek kreativitas dan literasi para blogger, maka kontes SEO lebih fokus pada aspek teknis dan optimasi mesin pencari, yaitu bagaimana meningkatkan peringkat blog mereka di hasil mesin pencari. Dalam lomba blog, pemenang ditentukan oleh seberapa kreatif mereka menulis artikel terkait tema lomba dan selera juri. Sementara dalam lomba SEO, pemenang ditentukan oleh posisi blog seorang peserta di mesin pencari. Bisa dibilang, juri lomba blog adalah manusia, sedangkan juri dalam kontes SEO adalah sebuah mesin.
Rahasia Menang Lomba SEO
Belakangan ini saya termasuk rajin mengikuti kontes blog berbasis SEO. Selain karena jumlah hadiah yang menggiurkan, saya ikut kontes SEO karena ingin menjaring trafik untuk blog. Bukan rahasia lagi, jika rajin mengikuti lomba blog SEO, kunjungan ke blog akan meningkat secara signifikan. Itu saya alami sendiri di mana ada lonjakan trafik yang mengarah ke blog milik saya.
Selama mengikuti lomba blog SEO, saya mencatat blog saya beberapa kali keluar sebagai pemenang. Jika tidak salah, blog saya tiga kali menjadi pemenang pertama dalam kontes SEO yang saya ikuti, beberapa kali jadi juara kedua dan ketiga. Tapi, pernah juga tidak mendapatkan juara sama sekali. Soalnya, mengikuti lomba SEO sangat kental sisi untung-untungan.
Pun begitu, bukan berarti kita tidak dapat menjadi pemenang dalam kontes SEO. Untuk menjadi pemenang dalam lomba blog SEO, kita harus berusaha lebih keras dari blogger yang menjadi kompetitor. Biasanya, seorang blogger yang terjun dalam lomba SEO, akan melakukan berbagai cara untuk menjadi pemenang, baik yang sesuai aturan (whitehat SEO) maupun cara-cara curang sekalipun (blackhat SEO).
Lalu, bagaimana menjadi pemenang dalam kontes blog SEO? Beberapa cara di bawah ini sangat ampuh dan jitu untuk menjadi jawara dalam kontes SEO.
Pahami kriteria penilaian: Pastikan Anda memahami kriteria penilaian yang diterapkan oleh pihak penyelenggara kontes. Ini akan membantu Anda menentukan fokus optimasi yang perlu Anda lakukan. Jadi, meskipun namanya kontes blog SEO, tetap saja ada kriteria penilaian yang perlu diperhatikan terkait konten blog.
Gunakan keyword yang tepat: Pilih dan gunakan keyword yang dilombakan untuk membantu mesin pencari menemukan dan menilai situs web Anda. Menggunakan kata kunci yang berbeda, berpeluang membuat blog Anda keluar dari persaingan.
Optimalkan on-page SEO: Pastikan elemen-elemen seperti judul, meta tag, deskripsi, dan URL dioptimalkan sebaik mungkin dan sesuai dengan kriteria penilaian. Sebaiknya URL (slug) sesuaikan dengan kata kunci (keyword) yang dilombakan karena itulah yang Anda submit ketika mengisi form pendaftaran.
Buat konten yang berkualitas: Ingat, content is king. Tulis konten yang berkualitas, informatif, dan berguna bagi pengunjung. Ini akan membantu meningkatkan tingkat engagement dan membuat situs web Anda lebih dipercaya oleh mesin pencari. Salah satu algoritma Google yang tidak akan berubah adalah E-A-T (Expertise, Authority, Trustworthiness).
Gunakan backlink yang berkualitas: Dapatkan backlink dari situs web yang berkualitas dan terpercaya untuk meningkatkan popularitas dan kepercayaan situs web Anda. Untuk menjadi pemenang, Anda perlu menganalisa backlink dari blog kompetitor yang menopang posisi blog mereka di mesin pencari.
Monitor dan analisis: Monitor peringkat situs web Anda dan analisis hasil untuk memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan. Ada dua hal yang biasanya saya lakukan ketika menganalisa blog kompetitor yaitu memeriksa konten mereka dan backlink (tautan balik) yang mengarah ke blog mereka. Untuk mengetahui backlink blog kompetitor kita bisa menggunakan tools gratis dari Moz.com. Usahakan agar blog Anda juga mendapatkan backlink seperti blog kompetitor.
Perbaharui konten: Seperti kita tahu, Google sangat suka dengan konten baru yang masih fresh. Karena itu, selalu update konten blog yang Anda ikutkan dalam kontes SEO. Memperbarui tanggal postingan kadang sangat ampuh untuk mendongkrak kembali posisi blog kita peringkat atas.
Sebagai tambahan, pastikan untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara kontes dan jangan melakukan praktik optimasi mesin pencari yang tidak etis seperti pembelian backlink. Saya pernah gagal menjadi pemenang karena hal sepele: tidak memasang banner lomba blog di halaman utama. Karena itu selalu baca dan pelajari peraturan lomba dari penyelenggara yang sering berubah dan tanpa pemberitahuan.
Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut di atas, Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk menang dalam kontes SEO. Semoga berguna. []
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H