Mohon tunggu...
almersavero
almersavero Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

saya atlet

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Analisis peran kepribadian dalam meningkatkan niat berwirausahaan terhadap mahasiswa ekonomi Universitas Airlangga

15 Januari 2025   03:10 Diperbarui: 15 Januari 2025   03:05 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

 

H1 Kepribadian berperan positif terhadap teori behavior dalam meningkatkan niat berwirausaha mahasiswa Pendidikan ekonomi Universitas Airlangga 

Untuk mengembangkan budaya kewirausahaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi, niat kewirausahaan sangat penting, terutama di kalangan mahasiswa pendidikan tinggi (Huang & Kee, 2024). Di kalangan akademisi niat berwirausaha di anggap sebagai predictor terbaik untuk perilaku berwirausaha falam teori behavior memiliki peran memediasi anatara kepribadiaan mahasiswa, Pendidikan ekonomi , peluang berwirausaha dan niat berwirausha (Ng et al., 2024)  Dalam konteks ini kepribadian yang tinggi di butuhkan untuk mengambil resiko dan beriroentasi pada tujuan agar memiliki niat berwirausaha yang lebih tinggi (Ncokazi & Mpiti, 2023)  Kepribadian memengaruhi kemampuan seseorang dalam membuat keputusan dan bertindak sesuai niat berwirausaha dalam teori behavior.

 

H2 Pendidikan Ekonomi berperan positif terhadap teori behavior dalam niat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Airlangga

Pendidikan ekonomi berperan penting dalam menyiapkan orang dengan keterampilan dan pemikiran yang diperlukan untuk bisnis kewirausahaan. Penelitian ini meneliti bagaimana ciri-ciri kewirausahaan dan pendidikan ekonomi memengaruhi minat mahasiswa bisnis untuk menjadi wirausaha ini menunjukkan pengaruh kuat dari orientasi keberlanjutan terhadap hubungan antara niat kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan, dan inovasi (Chowdhury et al., 2024). tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan peran pendidikan ekonomi dan model Teori Perilaku Terencana untuk menyelidiki pendorong niat berwirausaha berkelanjutan (Aeni et al., 2024) (berorientasi lingkungan dan sosial) di kalangan mahasiswa

Dalam konteks ini Pendidikan Ekonomi yang diberikan kepada generasi milenial sangatlah penting agar mereka dapat menjadi wirausahawan yang kompetitif. Pendidikan ini fokus pada kemampuan berpikir kreatif, ide baru, dan keterampilan bisnis yang bisa langsung diterapkan (Hasyim et al.,

2023)

 

H3 Perceived behavioural control berpengaruh positif signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Airlangga

Menurut Teori Perilaku Terencana (TPB), penelitian bertujuan untuk menyelidiki niat mahasiswa dalam berwirausaha.Sikap positif terhadap hasil kewirausahaan sangat memengaruhi niat mahasiswa untuk terlibat dalam kewirausahaan. Persepsi dan harapan positif terhadap kewirausahaan dapat meningkatkan kecenderungan untuk menjadi seorang pengusaha. Kontrol perilaku yang dirasakan juga mempengaruhi peningkatan efikasi diri dan kesadaran mahasiswa terhadap sumber daya yang dapat diakses. Hal ini penting untuk meningkatkan niat kewirausahaan.(Dong & Chang, 2024)  Perilaku mahasiswa dalam berwirausaha dipengaruhi positif oleh kontrol perilaku yang mereka rasakan dan niat untuk berwirausaha. Dalam situasi mediasi, keinginan untuk berwirausaha berpengaruh secara positif pada hubungan antara norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan perilaku berwirausaha.(Ghumman et al., 2021) Pola pikir dalam teori behavior ini membantu dalam mengembangkan sikap positif terhadap kewirausahaan, sementara kepribadian dan atribut kewirausahaan membantu meningkatkan kepercayaan diri. Dengan sikap yang positif terhadap berwirausaha dan keyakinan pada diri sendiri, langkah-langkah tersebut dapat membantu mahasiswa mengatasi hambatan psikologis, terutama ketakutan akan risiko (Rasool et al., 2021)

H4 Pendidikan ekonomi berpengaruh positif signifikan  terhadap perceived behavioural control dalam meningkatkan niat berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Airlangga

Pendidikan ekonomi meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di bidang wirausaha. Walaupun konsep wirausaha tampak mudah di pahami, namun menerapkannya dalam praktik nyata memerlukan dukungan dan Upaya yang lebih intensif. Dengan pemahamam ekonomi yang baik, mahasiswa dapat melihat peluang dan resiko lebih luas dan bisa membantu mereka dalam mempersiapkan diri untuk mengembangkan perilaku berwirausaha (Melchor-Durn et al., 2024) pendidikan ekonomi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha dan persepsi kontrol perilaku (Aga, 2023). Selain itu, kontrol perilaku yang dirasakan secara positif memprediksi niat berwirausaha

 

H5 Perceived behavioural control  memediasi positif  pengaruh pendidikan ekonomi terhadap niat berwirausaha Mahasiswa Pendidikan ekonomi Universitas Airlangga

Pendidikan ekonomi memberikan pengetahuan  dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk memahami konsep dan praktik kewirausahaan. Mahasiswa yang mendapat pendidikan bisnis yang baik cenderung memiliki pengetahuan yang lebih komprehensif tentang aspek-aspek kewirausaaahn seperti Manajemen keuangan, pemasaran, dan analisis pasar (Setiawan et al., 2024) Perceived Behavioural Control mengacu pada keyakinan individu terhadap kemampuan mereka untuk berhasil melakukan perilaku tertentu. Dalam konteks ini, Perceived Behavioural Control mencakup keyakinan Mahasiswa tentang kemampuan mereka untuk memulai dan menjalankan bisnis mereka sendiri. Menurut TPB, niat berwirausaha dipengaruhi oleh tiga faktor utama: sikap terhadap perilaku, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan (Balgiu & SimionescuPanait, 2024) Meskipun pendidikan ekonomi dapat mempengaruhi sikap dan norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan memediasi pengaruh pendidikan ekonomi terhadap niat berwirausaha.

 

METODE PENELITIAN 

 

Desain Penelitian dan Pengambilan Sampel

Penelitian ini menggunakan desain survei dengan menyebarkan kuisioner secara daring kepada mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2023 dan angkatan 2024 Universitas Airlangga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah kuota sampling. Ini merupakan bentuk pengambilan sampel non-probabilitas yang dipilih karena terbatasnya jumlah sampel yang tersedia. Dalam metode ini tidak semua anggota populasi dipilih dengan probabilitas yang sama, melainkan pemilihan sampel didasarkan pada komposisi tertentu dari karakteristik populasi yang diteliti. Desain ini dipilih karena memungkinkan pengumpulan data dari sejumlah besar responden dalam waktu yang relatif singkat dan biaya yang efisien.

Pengumpulan Data  

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana kuesioner disebarkan secara online kepada mahasiswa S1 Program Penelitian Pendidikan Ekonomi angkatan 2023 dan 2024 yang sedang mengambil mata kuliah Pendidikan ekonomi di Universitas Airlangga. Kuesioner ini akan dibuat dalam bahasa Indonesia dan didistribusikan secara online kepada 194  Mahasiswa melalui berbagai platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Telegram.

Pengembangan Instrumen

Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan metode kuantitaif dan di distribusikan secara online ke mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Airlangga. Kuesioner ini dirancang untuk mengukur niat berwirausaha mahasiswa mata kuliah pendidikan bisnis Universitas Negeri Surabaya, berdasarkan teori behavior dengan penekanan khusus pada peran kepribadian. Pernyataan dalam survei dinilai menggunakan skala Likert 5 poin, dengan rentang dari (1) "sangat tidak setuju" hingga (5) "sangat setuju."

Analisis Data

Data  penelitian ini dianalisis menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation

Modeling (PLS-SEM) dengan software Smart PLS. Metode PLS-SEM dipilih karena cocok untuk menguji model yang kompleks, termasuk model mediasi, yang diperlukan untuk menilai secara komprehensif dampak pendidikan ekonomi terhadap Perceived Behavioural Control dan niat berwirausaha siswa. Pendekatan PLS-SEM memungkinkan analisis yang lebih dalam dan tepat mengenai dampak pendidikan bisnis, baik melalui hubungan langsung maupun melalui mediasi, sehingga memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan dan kepercayaan diri berwirausaha siswa.

 

 

 

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun