Mohon tunggu...
Alma Idah
Alma Idah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Sejarah dan Pemikiran Mazhab Istishaduna Dalam Peradaban Islam

27 Februari 2018   01:24 Diperbarui: 27 Februari 2018   01:31 680
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

SEJARAH PEMIKIRAN TOKOH DALAM MAZHAB

ISTISHADUNA .

 

Disusun oleh : Almaidah

A.SEJARAH

            Sejarah mazhab istishaduna di plopori oleh Baqir as-sadr.nama lengkapnya adalah muhammad baqir Ash-Shardh. dengan bukunya yang sangat fenomenal dan sangat terkenal dikalangan para ulama' yang berjudul IQTISHADUNA [EKONOMI  KITA].sedangkan tokonya di lahirkan pada tanggal 1 maret 1935 m/25 DZUL Qa'dah 1353 H di Baghdad .beliau berasal dari keluarga si'tie.dari karya-karya nya dalam aspek kehidupan sehari-hari dalam aspek ekonomi mazhab ini melahirkan mazhab tersendiri yakni istishaduna.

            Menurut mazhab ini ilmu ekonomi tidak pernah bisa sejalan dengan ilmu ekonomi islam. Karna bagi mazhab ini ilmu ekonomi ekonomi bukanlah mazhab tapi sebuah ilmu.Ash shardh sangat akrab dengan karya karya pemikir islam klasik klasik dan modern.dalam salah satu karyanya yang sangat fenomenal  falsatuna dan istishaduna.ia dengan sangat fasihnya meyampaikan kritikan kritikan terhadap pemikiran-pemikiran barat seperti Karl Marx,jonh locke,Dercartes,Jonh locke dan lain lain.datang dari keluarga yang cukup terkenal dari golongan sarjana-sarjana SHI'TIE dan para intlektual-intlektual islam.Sadr juga mengikuti jejak mereka secara alami.beliau memilih untuk blajar studi-studi aliran tradisional di hauszas[sekolah tradisional di iraq] dimana beliau belajar ilmu fiqh,ushul,di negara iraq.

            Beliau adalah salah satu ulama' terkrmuka di masanya.dan termasuk pendiri organisasi hizbullah di negara lebanon.buku falsatuna dan istishaduna merupakan karya besar yang mengharumkan yang mengharumkan namanya dikalangan ulama'/cendikiawan muslim.Baqir menolak tidak terbatasya keinginan manusia karena ada marginal utility  law ofdiminishing retuns. Masalah muncul karena masalah yang tidak merata dan masalah keadilan yang bertebaran dimana mana.

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang mazhab istishasduna

B.TOKOH DALAM MAZHAB ISTISHADUNA        

            Mazhab ini di plopori oleh Baqir As-sadr yang berasal dari bagdhad.dalam khazanah pemikiranekonomi islam kontemporer dewasa ini ,banyak tokoh bermunculan menaawarkan gagasanya masing-masing dalam salah satu cara menanani masalah ekonomi  konvensional . dalam hal ini yang di mksud  adalah sistem hegomi.salah satu pemikiran beliau ,yang sangat berguna bagi masyarakat yang tidak mendapat keadilan.sejalan dengan hal trsebut,pakar ekonomi terkemuka mulai mengkritik dan mencemaskan kemampuan ekonomi.yang semakin hari semakin parah.karna ketidakadilan yang bermunculan dimana mana.

            Dalam perkembangan ekonomi islam ,pendapat-pendapat ulama' muslim tidak menghadapi perbedaan-perbedaan masalah-masalah yang bearti.namun ketika mazhab ini diminta untuk menjelaskan apa dan bagaimankah konsep ekonomi islam itu, mulai muncullah  pendapat. Sampai saat ini  pemikiran pemikiran ekonomi muslim kontemporer.dan mazhab istishaduna dapat kita bahas secar rinci dalam artikel berikut. Yamg di plopori oleh Mazhab baqir as-sadr.selain muhammad baqir as sadr pelopor pelopor lain adalah abbas mirakhor,Baqir al hasani,kadim AS sard,ira toutouncian hedayati.

C.pokok pemikiran mazhab Baqir As-sadr

            1.Definisi ekonomi islam[Proses penggalian Doktrin Ekonomi Islam]

                        Dalam mendifinisikan,Baqir Sadr mencoba memberikan sebuah pemikirran/ interpmentasi baru  yang bisa dikatakan original.pendifinisian tersebut dimulai dengan membangun sebuah kerangka dasar dengan membuat perbedaan yang sangat degnifinisikan antara ilmu ekonomi dan doktrin ekonomi.menurut sadr, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang berhubungan dengan penjelasan terperici tentang kehidupan ekonomi di masyarakat beserta paristiwa paristiwanya atau gejala-gejala (fenomena lahiriyah) serta hubungan antara paristiwa dan fenomena tersebut dengan sebab faktor umum yang mempengaruhinya.

            Definisi ini jika di rujuk ke paradigma konvensional dapat di temukan serupa dalam pemikiran samuelson yang menyatakan bahwa "ilmu ekonomi merupakan ilmu mengenai cara-cara manusia dan masyarkat dalam menentukan atau menjatuhkan pilihan dengan atau tanpa uang untuk menggunakan sumber-sumber produktif yang langka yang dapat mempunyai penggunaan-penggunaan alternatif untuk memproduksi berbagai macam barang serta membaginya untuk di konsumsi baik untuk watku sekarang maupun yang akan datang kepada berbagai golongan dan kelompok di dalam masyarakat".

            Dalam hal ini, Sadr menyimpulkan bahwa ekonomi islam merupakan sebuah doktrin dan bukan merupakan ilmu pengetahuan karena itu adalah salah satu cara yang direkomendasikan islam dalam mengajar kehidupan ekonomi bukan merupakan suatu penafsiran yang dengannya islam menjelaskan peristiwa dan hukum dalam ekonomi islam yang ada di dalamnya

            2. karakteristik ekonomi islam

            Dengan definisi ekonomi di atas dalam beberapa pembahasan Sadr merumuskan karakteristik ekonomi yang terbagi dalam beberapa konsep

  • Konsep kepemilikan multi jenis (multitype owenership)
  • Dalam pandangan Sadr, ekonomi islam memiliki konsep kepemilikan yang dikatakan sebagai konsep kepemilikan multi jenis. Bentuk kepemilikan tersebut dibagi dalam dua kelompok : 1.bentuk kepemilikan swasta (private)
  • 2. kepemilikan bersama yang terbagi menjadi dua bentuk yakni kepemilikan bentuk dan kepemilikan public. Sedangkan kepemilikan yang mutlak hanya dimiliki oleh Allah SWT.

        b. pengambilan keputusan alokasi sumber dan kesejahteraan public

            fakta bahwa kepemilikan negara mendominasi sistem ekonomi islam, pada akhirnya mendorong sebuah gagasan bahwa peran sebuah pemerintahan sangatlah penting bagi masyarakat. Dalam hal ini beberapa fungsi pokok pemerintahan dala bidang ekonomi adalah :

  • Mengatur sistem distribusi kekayaan berdasarkan kapasitas kerja masing-masing individu dalam masyarakat.
  • Mengintegrasikan aturan hukum islam setiap penggunaan dan pengunaan SDA.
  • Membangaun sistem kesejahtreaan dalam masyarakat melalui terjaminya keseimbangan sosial.
  • Larangan riba dan pengimlementasian zakat
  •             Sebagai mana pemikiran muslim lain pendapat Sard, ekonomi muslim bahwa riba harus di jauhkan dari segala interaksi dalam masyarakat.
  • pandangan islam dalam ekonomi

menurut Sard, masalah ekonomi bukan lahir karna sebab oleh kelangkaan sumber material atau terbatasnya kekayaan alam.hal imi di dukung dalam surat al Qur'an s. Al Qomar  yang menyatakan "sesungguhnya kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuranya."

D.Teori produksi

Dalam hal produksi pendapat mazhab ini adalah ada 2 klasifikasi /aspek yang mendasari terjadinya aktivitas produksi.

-aspek obyektif /aspek ilmiyah yang berhubungan sisi teknis atau ilmiyahdan ekonimis yang terdiri atas sarana sarana yanag telah di gunakan SDA yang di olah  dan kerja yang di lakuakan dalam aktivitas produksi.

SERTATEGI PRTUMBUHAN PRODUKSI

Ada 2 strategi dalam pendapat kali ini

-strategi doctrinnal/ intlektual

Strategi ini bertolak pada asumsi bahwa manusia termotifasi bahwa untuk kerja keras di laksanak ibadah jika dilakukan dengan ikhlas.dan niat yang seperti ditanyatakan dalam al Qur'an.

-strategi legislative/hukum

Untuk berlangsungnya strategi diats perlu strategi doktrinnal di atas maka di perlukan aturan huku yang  mencakupstrategi doktrinnal tersebut.

-tanah yang meganggur dapat di sita

-larangan terhadap hima

-larangan kegiatan transaksi yang tidak produktif

-pelarangan riba,iktihar,pemusatan sirkulasi kekayaan

-melakuakan regulasi pasar dan megintrolsituasi pasar.

E.distrubusi kekayaan

Dalam pemikiran ini distribusi sard ada dua tingkatan di dalamnya,yang pertama adalah sumbar sumber produksi dan yang ke 2 adalah sumber  sumber kekayaan produktif.

F.tanggung jawab pemerintah dalam bidang ekonomi

Menurut sard fungsi pemerintahan dalam bidang ekonoi adalah terdapat beberapa tanggung jawabantara lain yang pertama adalah ,penyediaan akan terlaksananya jaminan sosial ,yang ke dua berkenaa yang terkait dengan keseimbangan sosial yang ke tiga,terkait adanya intervensi pemerintahan dalam bidang ekonomi.

Berikut adalah pembahasan tentang mazhab istishaduna yang di plopori oleh mazhab baqir as-sadh.seorang ulamak yang sanga terkemuka dan sangat di butukan pemikiranya oleh masarakat dan pemikiran pemikiran tersebut masih banyak di pakai oleh banyak orang dalam bidang ekonomi.

 

  • Daftar pustaka
  • Heri Sudarsono,Konsep Ekonomi Islam,Yogyakarta,EKONSIA 2002
  • Andi Muawiyah,Peta Pemikiran Karl marx:Materialisme Diarektlis Dan Materialisme Historis,Yogyakarta:Lkis2000
  • Adiwarman Karim,Ekonomi Mikro Islam ,Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.

               

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun