Mohon tunggu...
Ali Shodikin
Ali Shodikin Mohon Tunggu... Lainnya - Wirausaha

Belajar bersama siapa saja, kapan saja, dimana saja, Belajar Tanpa Batas

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.1 dan 1.2

14 September 2023   08:51 Diperbarui: 14 September 2023   09:44 308
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembiasaan sebelum peserta didik masuk ke ruang kelas melaksanakan pembelajaran. Kelas 4 SD Negeri Rancawuluh 02, Kecamatana Bulakamba, Kabupaten Brebes - Dok. pribadi

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan nama saya ALI SHODIKIN

CGP ANGKATAN 9

Dari  SD Negeri Rancawuluh 02

Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes

Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkankan tugas Koneksi Antar Materi dari Modul 1.1 dan 1.2

Pada pemaparan tugas saya kali ini akan menggunakan MODEL REFLEKSI 4P, yaitu:

PERISTIWA

PERASAAN

PEMBELAJARAN

PENERAPAN KE DEPAN

Berikut penjelasnya.

PERSITIWA

Momen yang paling penting/menantang bagi saya setelah mempelajari modul 1.1 adalah..

Saat saya mengetahui bahwa kegiatan pembelajaran yang sebenarnya adalah berpihak pada peserta didik, dan dalam kegiatan belajar mengajar guru berperan menuntun tumbuh/hidupnya kodrat yang ada pada peserta didik

Pembelajaran yang dilaksanakan tidak hanya mengajar saja, namun juga penumbuhan budi pekerti pada diri anak.

Sebagai seorang guru, saya harus mengimplementasikan nilai-nilai Guru Penggerak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, yaitu menciptakan Profil Pelajar Pancasila.

Guru tidak hanya berperan dalam dalam pembelajaran di kelas saja, namun seorang guru juga harus mampu berperan bersama warga sekolah lainnya (kepala sekolah, komite,teman sejawat, penjaga, para pedagang yang ada di sekolah, dll), serta semua pihak yang terkait dengan proses pembelajaran.

mendampingi peserta didik saat pemaparan hasil diskusi kelompok - Dok. pribadi
mendampingi peserta didik saat pemaparan hasil diskusi kelompok - Dok. pribadi

PERISTIWA

Kaitannya antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya pahami adalah...

Filosofi yang diajarkan ole Ki Hajar Dewantara (KHD) Mengajarkan pendidikan bersifat menuntun, sehingga guru sebagai pemimpin pembelajaran harus berpihak pada peserta didik,mampu mengarahkan, membimbing dan mendampingi peserta didik menemukan dan mengembangkan potensi dirinya masing-masing

PERASAAN

Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan.....

Sebelumnya seperti biasa biasa saja saat menjalankan tugas sebagai guru, melakukan rutinitas seperti biasanya, menyampaikan bahan ajar memberikan tugas, dan malaksanakan penilaian. Seteleh mengetahui ada banyak hal yang perlu dibenahi saya tergerak menjadi guru lebih baik lagi. mendidik sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman serta saya harus menerapkan nilai dan peran guru penggerak.

PEMBELAJARAN

Sebelum momen itu terjadi, saya berpikir bahwa.....

Peserta didik adalah objek pembelajaran, guru hanya bertugas memberikan/mentransfer materi pelajaran saja tanpa mempedulikan penanaman nilai-nilai karakter yang sejatinya sangat penting bagi perkembangan diri peserta didik.

daring bersama Pengajar Praktik dan teman-teman seangkatan CGP Angkatan 9 dari Brebes - Dok. pribadi
daring bersama Pengajar Praktik dan teman-teman seangkatan CGP Angkatan 9 dari Brebes - Dok. pribadi

PEMBELAJARAN

Sekarang saya berpikir bahwa...

Peserta didik merupakan subjek dalam pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator, inisiator dan teman dalam pembelajaran. Guru harus menuntun anak sesuai kodrat alam dan kodrat zaman.

berkolaborasi dengan teman-teman guru di sekolah - Dok. pribadi
berkolaborasi dengan teman-teman guru di sekolah - Dok. pribadi

PENERAPAN KE DEPAN

Setelah mengamati peristiwa-peristiwa yang ada, menyelaraskan persanaan dan mengamati pembelajaran yang telah saya laksanakan, saya bertekad akan melakukan kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik dengan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman

Melakukan pengembangan diri secara berkelanjutan dan konsisten untuk menerapkan nilai-nilai dan peran sebagai Guru Penggerak dengan cara berkolaborasi dengan warga sekolah maupun pihak terkait, bersikap mandiri, inovatif, reflektif, dan berpihak pada peserta didik dalam pembelajaran.

Semoga bermanfaat, mohon doa dan dukungan dari teman-teman agar saya diberikan kesehatan dan kelancaran dalam mengikuti program Calon Guru Penggerak Angkatan 9.

Mohon maaf barangkali ada kekurangan dalam penyampaian, Terima kasih

Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun