Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Perkenalkan nama saya ALI SHODIKIN
CGP ANGKATAN 9
Dari  SD Negeri Rancawuluh 02
Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes
Pada kesempatan kali ini saya akan memaparkankan tugas Koneksi Antar Materi dari Modul 1.1 dan 1.2
Pada pemaparan tugas saya kali ini akan menggunakan MODEL REFLEKSI 4P, yaitu:
PERISTIWA
PERASAAN
PEMBELAJARAN
PENERAPAN KE DEPAN
Berikut penjelasnya.
PERSITIWA
Momen yang paling penting/menantang bagi saya setelah mempelajari modul 1.1 adalah..
Saat saya mengetahui bahwa kegiatan pembelajaran yang sebenarnya adalah berpihak pada peserta didik, dan dalam kegiatan belajar mengajar guru berperan menuntun tumbuh/hidupnya kodrat yang ada pada peserta didik
Pembelajaran yang dilaksanakan tidak hanya mengajar saja, namun juga penumbuhan budi pekerti pada diri anak.
Sebagai seorang guru, saya harus mengimplementasikan nilai-nilai Guru Penggerak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, yaitu menciptakan Profil Pelajar Pancasila.
Guru tidak hanya berperan dalam dalam pembelajaran di kelas saja, namun seorang guru juga harus mampu berperan bersama warga sekolah lainnya (kepala sekolah, komite,teman sejawat, penjaga, para pedagang yang ada di sekolah, dll), serta semua pihak yang terkait dengan proses pembelajaran.
PERISTIWA
Kaitannya antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya pahami adalah...
Filosofi yang diajarkan ole Ki Hajar Dewantara (KHD) Mengajarkan pendidikan bersifat menuntun, sehingga guru sebagai pemimpin pembelajaran harus berpihak pada peserta didik,mampu mengarahkan, membimbing dan mendampingi peserta didik menemukan dan mengembangkan potensi dirinya masing-masing
PERASAAN
Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan.....
Sebelumnya seperti biasa biasa saja saat menjalankan tugas sebagai guru, melakukan rutinitas seperti biasanya, menyampaikan bahan ajar memberikan tugas, dan malaksanakan penilaian. Seteleh mengetahui ada banyak hal yang perlu dibenahi saya tergerak menjadi guru lebih baik lagi. mendidik sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman serta saya harus menerapkan nilai dan peran guru penggerak.
PEMBELAJARAN
Sebelum momen itu terjadi, saya berpikir bahwa.....
Peserta didik adalah objek pembelajaran, guru hanya bertugas memberikan/mentransfer materi pelajaran saja tanpa mempedulikan penanaman nilai-nilai karakter yang sejatinya sangat penting bagi perkembangan diri peserta didik.
PEMBELAJARAN
Sekarang saya berpikir bahwa...
Peserta didik merupakan subjek dalam pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator, inisiator dan teman dalam pembelajaran. Guru harus menuntun anak sesuai kodrat alam dan kodrat zaman.
PENERAPAN KE DEPAN
Setelah mengamati peristiwa-peristiwa yang ada, menyelaraskan persanaan dan mengamati pembelajaran yang telah saya laksanakan, saya bertekad akan melakukan kegiatan pembelajaran yang melibatkan peserta didik dengan memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman
Melakukan pengembangan diri secara berkelanjutan dan konsisten untuk menerapkan nilai-nilai dan peran sebagai Guru Penggerak dengan cara berkolaborasi dengan warga sekolah maupun pihak terkait, bersikap mandiri, inovatif, reflektif, dan berpihak pada peserta didik dalam pembelajaran.
Semoga bermanfaat, mohon doa dan dukungan dari teman-teman agar saya diberikan kesehatan dan kelancaran dalam mengikuti program Calon Guru Penggerak Angkatan 9.
Mohon maaf barangkali ada kekurangan dalam penyampaian, Terima kasih
Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H