Mohon tunggu...
Aliya Fadilah
Aliya Fadilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nonton/ pendiam/wisata

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membangun Hubungan yang Positif di Kelas melalui Program SEL Berbasis CASEL

19 Januari 2025   19:34 Diperbarui: 19 Januari 2025   19:34 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Membangun Hubungan yang Positif di Kelas melalui Program SEL Berbasis CASEL

Hubungan positif antara siswa dan guru, serta antar siswa, adalah fondasi penting bagi keberhasilan pembelajaran di kelas. Salah satu pendekatan yang terbukti efektif dalam membangun hubungan ini adalah dengan menerapkan program Pembelajaran Sosial-Emosional (Social-Emotional Learning atau SEL) berbasis kerangka CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning). Dengan fokus pada pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan akademik, program ini menciptakan lingkungan kelas yang inklusif, suportif, dan produktif.

Mengapa Hubungan Positif di Kelas Penting?

Hubungan positif di kelas memiliki dampak signifikan pada:

1. Kesejahteraan Emosional Siswa: Ketika siswa merasa diterima dan dihargai, mereka lebih percaya diri dan termotivasi untuk belajar.

2. Kinerja Akademik: Lingkungan yang mendukung meningkatkan fokus, partisipasi, dan pencapaian akademik siswa.

3. Pengurangan Konflik: Hubungan yang baik membantu siswa mengelola konflik dengan lebih konstruktif.

4. Penguatan Keterampilan Sosial: Siswa belajar bekerja sama, mendengarkan, dan menghormati perbedaan.

5. Kompetensi Inti CASEL untuk Membangun Hubungan Positif di Kelas

CASEL mengidentifikasi lima kompetensi inti SEL yang dapat diterapkan untuk menciptakan hubungan yang sehat di kelas:

1. Kesadaran Diri (Self-Awareness)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun