Mohon tunggu...
Aliya Fadilah
Aliya Fadilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nonton/ pendiam/wisata

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membangun Hubungan yang Positif di Kelas melalui Program SEL Berbasis CASEL

19 Januari 2025   19:34 Diperbarui: 19 Januari 2025   19:34 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Membangun Hubungan yang Positif di Kelas melalui Program SEL Berbasis CASEL

Hubungan positif antara siswa dan guru, serta antar siswa, adalah fondasi penting bagi keberhasilan pembelajaran di kelas. Salah satu pendekatan yang terbukti efektif dalam membangun hubungan ini adalah dengan menerapkan program Pembelajaran Sosial-Emosional (Social-Emotional Learning atau SEL) berbasis kerangka CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning). Dengan fokus pada pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan akademik, program ini menciptakan lingkungan kelas yang inklusif, suportif, dan produktif.

Mengapa Hubungan Positif di Kelas Penting?

Hubungan positif di kelas memiliki dampak signifikan pada:

1. Kesejahteraan Emosional Siswa: Ketika siswa merasa diterima dan dihargai, mereka lebih percaya diri dan termotivasi untuk belajar.

2. Kinerja Akademik: Lingkungan yang mendukung meningkatkan fokus, partisipasi, dan pencapaian akademik siswa.

3. Pengurangan Konflik: Hubungan yang baik membantu siswa mengelola konflik dengan lebih konstruktif.

4. Penguatan Keterampilan Sosial: Siswa belajar bekerja sama, mendengarkan, dan menghormati perbedaan.

5. Kompetensi Inti CASEL untuk Membangun Hubungan Positif di Kelas

CASEL mengidentifikasi lima kompetensi inti SEL yang dapat diterapkan untuk menciptakan hubungan yang sehat di kelas:

1. Kesadaran Diri (Self-Awareness)

Membantu siswa mengenali emosi mereka sendiri dan memahami bagaimana perasaan mereka memengaruhi tindakan.

Strategi: Guru dapat memulai hari dengan refleksi singkat atau jurnal emosi untuk membantu siswa memahami suasana hati mereka.

2. Pengelolaan Diri (Self-Management)

Mengajarkan siswa cara mengelola stres, mengontrol impuls, dan memotivasi diri mereka.

Strategi: Ajarkan teknik pernapasan dalam atau waktu tenang untuk membantu siswa mengelola emosi sebelum mereka bereaksi terhadap situasi.

3. Kesadaran Sosial (Social Awareness)

Mendorong siswa untuk memahami dan menghormati perspektif orang lain, serta menunjukkan empati.

Strategi: Gunakan kegiatan kelompok yang mempromosikan kerja sama dan diskusi untuk meningkatkan empati.

4. Keterampilan Relasi (Relationship Skills)

Membantu siswa mengembangkan kemampuan komunikasi, membangun hubungan yang sehat, dan menyelesaikan konflik secara damai.

Strategi: Terapkan kerja kelompok atau proyek kolaboratif untuk melatih keterampilan berkomunikasi dan bekerja sama.

5. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab (Responsible Decision-Making)

Mengajarkan siswa cara membuat keputusan yang etis, aman, dan menghormati orang lain.

Strategi: Gunakan simulasi atau diskusi berbasis kasus untuk melatih siswa mengambil keputusan dengan mempertimbangkan dampaknya.

Strategi Implementasi Program SEL di Kelas

1. Menciptakan Iklim Kelas yang Positif

Guru dapat menciptakan suasana yang ramah dan suportif melalui pujian, penguatan positif, dan penghargaan terhadap keberagaman.

2. Mengintegrasikan SEL ke dalam Aktivitas Harian

Jadikan SEL bagian dari pelajaran sehari-hari, seperti menyisipkan kegiatan diskusi kelompok atau refleksi dalam mata pelajaran utama.

3. Modeling oleh Guru

Guru perlu menjadi teladan dengan menunjukkan empati, kesabaran, dan kemampuan mendengarkan yang baik.

4. Melibatkan Orang Tua dan Komunitas

Libatkan keluarga dan masyarakat dalam mendukung program SEL dengan mengadakan workshop atau kegiatan bersama.

5. Evaluasi dan Refleksi

Lakukan evaluasi rutin untuk mengukur efektivitas program dan mendapatkan umpan balik dari siswa tentang pengalaman mereka.

Manfaat Hubungan Positif di Kelas melalui Program SEL

Untuk Siswa: Mereka merasa dihargai, termotivasi, dan mampu menghadapi tantangan sosial-emosional.

Untuk Guru: Suasana kelas yang kondusif mempermudah proses pengajaran.

Untuk Sekolah: Terciptanya budaya sekolah yang inklusif dan suportif, yang mendukung keberhasilan akademik dan sosial siswa.

Kesimpulan

Program SEL berbasis CASEL adalah alat yang sangat efektif untuk membangun hubungan positif di kelas. Dengan mengintegrasikan kelima kompetensi inti CASEL, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, empati, dan kolaboratif. Hubungan positif ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan siswa secara emosional, tetapi juga membantu mereka berkembang secara akademik dan sosial, membentuk generasi yang lebih tangguh dan berempati.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun