Mohon tunggu...
Aliya Azzahra
Aliya Azzahra Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - mahasiswa

aliya azzahra hobi membaca dan menulis, mahasiswa pendidikan , UIN

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dampak Penggunaan Gedget terhadap Minat Belajar Siswa

20 November 2024   19:28 Diperbarui: 21 November 2024   03:11 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh Aliya Azzahra

 20123261

UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

PENDAHULUAN

Seiring berkembangnya zaman kemajuan dibidang ilmu teknologi semakin meningkat membawah perubahan yang sangat signifikan, dengan adanya alat komunikasi yang sangat canggih yaitu gegdet. Gedget adalah barang canggih yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi dan menyajikan berbagai media berita, jejaringan sosial, bahkan hiburan. 

Dahulu getged hanya digunakan oleh orang kalangan menengah keatas. Namun, sekarang getged tidak hanya digunakan oleh orang-orang penting, tetapi juga digunakan anak-anak sekolah. Gedget telah populer diseluruh dunia, dan jaringan ini dapat menghubungkan perangkat seluler selama perangkat terhubung keinternet. Sehingga kedua perangkat tersebut dapat saling berkounikasi.

Alat komunikasi gedget ini tidak hanya berkembang di perkotaan tetapi juga sudah merambah dipedesaan-pedesaan plosok. Hal ini dikarenakan oleh kebutuhan hidup juga dapat membantu melancarkan serta meringankan beban pekerjaan manusia. Adanya gedget ini dapat menguntungkan dan merugikan seseorang. 

Kebanyakan manusia tidak bisa mengontrol dirinya untuk menggunakan gedget, sehingga akhirnya mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi mereka. Salah satunya adalah bagi pelajar yang sudah kecanduan menggunakan  gedget, hal itu sangat menimbulkan dampak buruk yang menjadikan pelajar tersebut malas belajar. 

Jika pelajar berlebihan dalam menggunakan gedget maka akan timbul permasalah pada proses belajarnya. Dampak lainya yang akan mempengaruhi terhadap tingkat belajar siswa yaitu mereka memilih belajar mengandalkan gedget daripada membaca buku.

PEMBUKA

Menggunakan gedget dalam pembelajaran siswa merupakan upaya pemanfaatan perangkat elektronik yang menawarkan banyak manfaat dan memudahkan komunikasi dalam proses pembelajaran. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan gedget sekarang ini sedang marak diadopsi oleh para pelajar untuk bermain game online. Pengaruh tersebut dapat menggangu kosentrasi belajar siswa dan menjadikan siswa kurang tertarik untuk belajar. Sebagian banyak siswa memanfaatkan gedget untuk bermain game, instagram, chating, dan facebook.

ISI

Dampak penggunaan gedget terhadap minat belajar siswa adalah menjadikan siswa malas membaca, ini sering terjadi karena kurangnya perhatian dan pengawasaan orang tua terhadap anaknya saat menggunakan gedget.

Yang menjadikan anak kecanduan terhadap gedget, sehingga dapat mengalihkan mereka dari materi pelajaran. Dampak selanjutnya adalah berkurangnya sosialisasi anak tersebut dilingkungan setempat dan mengakibatkan kurangnya interaksi sosial. padahal dengan bersosialisasi dapat membentuk karakter anak untuk mendapatkan pengalaman dilingkungan sosial. 

Dampak lainnya adalah kencenderungan bermain gadget (game) menjadikan anak malas belajar. Ketika anak lebih banyak menggunakan gedget untuk hiburan daripada belajar, kualitas pembelajaran mereka dapat menurun.

 Gedget dalam hal ini mempnyai dampak positif dan negatif khususnya pada anak peserta didik yang mana mendominasi pada proses minat belajar siswa, baik disekolah maupun dirumah. 

Jika tidak ada pengawasan atau kontrol dari guru dan orang tua berkemungkinan besar anak-anak peserta didik akan mengakses situs-situs yang mengandung unsur pornografi. 

Ini merupakan akibat yang sangat berbahaya dalam penggunaan gedget bagi anak peserta didik. Dampak penggunaan gedget bagi peserta didik yang sering sekali terjadi adalah banyak dari peserta didik menggunakan gedget untuk bermain game online sambil nongkrong-nongkrong dengan teman-teman sebayanya. 

Hal tersebut dikarenakan kurangnya perhatian dari guru dan orangtua terhadap penggunaan gedget. sehingga menjadikan anak peserta didik tersebut kecanduan untuk bermain gedget. 

Selain dampak negatif dari penggunaan gedget ada juga dampak positifnya bagi peserta didik dalam menggunakan gedget yaitu peserta didik lebih mudah memperoleh informasi dalam menyelsaikan tugas sekolah.

Adapun solusi untuk meminimalisirkan dampak negatif dari penggunaan gedegt terhadap minat belajar siswa dengan cara : memerikan batasan/aturan dalam menggunakan gedget. Baik guru maupun orang tua membatasi waktu dalam menggunakan gedget. 

Kemudian prioritaskan aktivitas non-gedget, mengajak anak /peserta didik untuk terlibat dalam aktivitas lain diluar penggunaan gedget. 

Seperti membaca buku, olahraga,dll, karena dengan begitu dapat mengurangi ketergantungan pada perangkat digital. Dan yang paling penting dukungan dari orang tua dan guru yang harus memberikan contoh dalam penggunaan gedegt yang sehat dan mendukung peserta didik dalam mengelolah waktu mereka dengan bijak. 

Dengan menerapkan solusi-solusi tersebut duharapkan peserta didik dapat memanfaatkan teknologi secara efektif dan baik tanpa mengorbankan minat belajar dan kosentrasi serta kualitas pembelajaran mereka.

PENUTUP

Penggunaan gedget pada peserta didik dapat memberikan dampak dan pengaruh bagi anak tersebut baik secara fisik maupun mental. Dampak yang ditimbulkan dapat berupa positif  negatif terhadap minat belajar siswa. 

Penggunaan gedget peserta didik secara berlebihan dapat mempengaruhi aspek-aspek perkembangan kognitif, sosial-emosional, bahasa, nilai agama dan moral, serta aspek fisik-motorik siswa. Penggunaan gedget peserta didik perlu adanya pemantauan baik dari orang tua maupun guru agar tidak memberikan dampak hilangnya minat belajar siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun