Menurut Bellionardi (2013), tujuan dan manfaat dari perancangan rekrutment dan seleksi karyawan adalah untuk membantu merancang serta menganalisis apa yang harus dilakukan dalam menemukan sumber daya manusia yang berkualitas serta berdedikasi guna tercapainya tujuan usaha. Sebab sumber daya manusia merupakan penggerak kesuksesan usaha, sehingga kinerja yang berkualitas dapat menentukan keberhasilan usaha yang dijalankan. Guna dari perancangan yang dibuat akan terdiri dari beberapa hal berikut yaitu, menjelaskan secara rinci deskripsi pekerjaan, strategi rekrutmen, alat seleksi, formular lamaran, daftar pertanyaan wawancara, serta laporan evaluasi kinerja karyawan.Â
1. Proses Implementasi Luaran
Penulis akan menganalisa hasil observasi mengenai perancangan seleksi dan rekrutmen karyawan yang akan dilakukan di Restoran Gokana Ramen & Teppan. Berikut merupakan tahapan untuk melaksanakan proses implementasi ini yaitu,Â
A. Mencari informasi mengenai perusahaan dan perancangan seleksi dan rekrutmen karyawan yang akan dilaksanakan selama proses kerja praktik. Sumber informasi didapatkan dari pemilik perusahaan serta mendengarkan karyawan perusahaan.
B. Merancang prosedur rekrutmen dan seleksi karyawan yang dapat dilakukan oleh perusahaan guna menemukan tenaga kerja yang berkualitas. Berikut merupakan hasil perancangan prosedur rekrutmen dan seleksi karyawan:
1). Analisis Kebutuhan Karyawan
Restoran dapat menentukan posisi yang dibutuhkan pada restoran, seperti juru masak, pelayan, kasir, atau staf kebersihan, serta merancang deskripsi pekerjaan untuk setiap posisi, dengan mengidentifikasi tanggung jawab, kualifikasi, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk setiap posisi di perusahaan.
2). Penyusunan Profil Ideal Karyawan
Restoran mampu mengidentifikasi karakteristik, keterampilan, dan pengetahuan yang diinginkan untuk setiap posisi. Membuat profil ideal karyawan, termasuk pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan khusus yang diperlukan.
3). Penyusunan Strategi Rekrutmen
Restoran dapat menggunakan berbagai saluran rekrutmen, dengan memanfaatkan saluran rekrutmen yang mencakup situs web karir, media sosial, rekomendasi langsung, dan agen rekrutmen. Di restoran Gokana Ramen & Teppan memiliki situs web karir tersendiri yang bernama PT. Champ Indonesia berisi lengkap dari visi misi perusahaanprofil perusahaan, dan juga penghargaan yang sudah didapatkan oleh perusahaan. Dengan penyusunan strategi rekrutmen yang tepat, restoran dapat mencapai tujuan usaha dengan baik, mengisi posisi yang dibutuhkan dengan efektif dan efisien, dan membangun tim yang berkualitas.
4). Uji Keterampilan Khusus
Dalam proses seleksi karyawan, restoran Gokana dapat meningkatkan ketepatan penilaian dengan melibatkan uji praktis, khususnya untuk posisi tertentu seperti koki atau pelayan. Hal ini dapat dilakukan dengan uji masakan untuk koki atau uji komunikasi untuk pelayan, serta memastikan bahwa karyawan memiliki pemahaman yang baik tentang pekerjaannya. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keakuratan seleksi tetapi juga memastikan bahwa staf restoran memiliki kemampuan praktis yang diperlukan untuk memberikan pelayanan yang unggul kepada pelanggan.
5). Wawancara
Pemilik usaha dapat meningkatkan proses seleksi melalui wawancara yang menyeluruh, difokuskan pada penilaian keterampilan, dan pengalaman. Pendekatan wawancara yang menyeluruh memungkinkan Perusahaan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang calon karyawan, sambil memastikan kesesuaian mereka dengan tugas dan nilai-nilai Perusahaan. Selain itu, mempertimbangkan perlibatan beberapa tingkatan wawancara dapat memberikan perspektif yang lebih luas terhadap calon karyawan, meningkatkan kualitas dan ketepatan keputusan dalam proses seleksi.Â
6). Orientasi Karyawan Baru
Restoran mampu menyediakan orientasi yang menyeluruh pada karyawan baru, seperti pengenalan kebijakan restoran lebih detail, peralatan, dan prosedur operasional. Dapat juga memberikan pelatihan khusus, jika diperlukan, seperti pelatihan keamanan makanan atau pelatihan pelayanan pelanggan.
7). Evaluasi Kinerja Berkala
Dalam memastikan pemantauan kinerja yang efektif, restoran Gokana Ramen dapat menetapkan periode evaluasi kerja yang berkala. Dalam proses ini, dapat dengan memberikan umpan balik kepada karyawan menjadi langkah penting untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, identifikasi peluang pengembangan juga perlu diperhatikan, dengan menawarkan pelatihan tambahan sesuai dengan kebutuhan individu. Hal ini tidak hanya meningkatkan produktivitas karyawan, tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan berkelanjutan.
2. Kondisi Setelah Implementasi
Hasil observasi terhadap proses implementasi pada proyek kerja praktik yang dilakukan penulis di Restoran Gokana Ramen & Teppan Rita Supermall Purwokerto dalam perancangan rekrutmen dan seleksi karyawan guna menemukan tenaga kerja yang berkualitas, selama proses implementasi penulis telah melakukan observasi dalam penulisan artikel jurnal perancangan rekrutmen dan seleksi karyawan yang dilakukan oleh pemilik usaha dalam menemukan tenaga kerja yang berkualitas.
Hasil yang diperoleh setelah implementasi perancangan rekrutmen dan seleksi karyawan pada Restoran Gokana Ramen & Teppan dalam kerja praktik ini yaitu, restoran mampu menerapkan proses rekrutmen dan seleksi karyawan untuk menghasilkan calon tenaga kerja yang memenuhi syarat dan berkualitas. Bagi penulis, hasil analisa ini dapat mempelajari sekaligus membantu memudahkan restoran untuk menemukan karyawan yang berkualitas guna tercapainya tujuan usaha dengan menjalankan proses rekrutmen dan seleksi karyawan yang efektif dan efisien.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H