Mohon tunggu...
EDANDELION
EDANDELION Mohon Tunggu... Desainer - Kelompok Sosiologi Desain DKV ISI Yogyakarta

Kami adalah Edandelion. Kelompok tugas Sosiologi Desain DKV ISI Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Maraknya Kafe Kopi di Kalangan Anak Muda

26 November 2019   19:24 Diperbarui: 26 November 2019   19:52 1715
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Latar Belakang 

Caf atau kedai kopi ialah semacam restoran yang lebih berfokus pada kenyamanan tempat dan penyajian minuman seperti kopi dan teh. Biasanya caf tidak memiliki menu makanan yang banyak seperti tempat makan pada umumnya. Banyak orang mengunjungi kedai kopi untuk bersantai sembari menikmati secangkir kopi. Tidak hanya itu, dapat dilihat beberapa orang di cafe biasanya sedang mengerjakan pekerjaan atau tugas mereka. Beberapa juga ada yang sedang bertukar pikiran dan mengobrol dengan teman.

Di kalangan anak muda dan orang dewasa, ada yang mengatakan bahwa, "Kalo belom ngopi di caf, kreativitas dan ide gak akan muncul." Mendengar perkataan ini kita akan membahas, apakah ini sebuah fakta atau hanya mitos belaka.

Teori yang digunakan adalah teori konsumsi. Menurut Suherman Rosyidi dalam bukunya yang berjudul "Pengantar Teori Ekonomi" pada halaman 163, konsumsi diartikan sebagai penggunaan barang-barang dan jasa-jasa yang secara langsung akan memenuhi kebutuhan manusia. Sebagian manusia dizaman modern ini telah menganggap pergi ke cafe dan membeli kopi sebagai salah satu kebutuhan mereka. Adanya kepuasan dan kebanggaan tersendiri apabila membeli produk kopi dari suatu cafe kopi  yang terkenal membuat sebagian orang gemar ke cafe. Kebanggan dalam hal ini adalah status sosial seseorang akan dianggap tinggi apabila ia mengkonsumsi suatu produk yang dianggap memiliki nilai tinggi. Selain itu,adanya nilai khusus yang melekat pada cafe dan kopi nya juga menjadi daya tarik bagi calon konsumen. Nilai yang melekat ini misalnya adanya anggapan bahwa cafe adalah tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas karena suasananya yang nyaman dan fasilitas tambahan yang diberikan banyak. Serta kopi yang dipercaya dapat membuat kreativitas seseorang lancar apabila mengkonsumsinya membuat cafe menjadi tempat favorit untuk mengerjakan tugas.

Teori kedua yang kita ambil ialah teori nilai. Teori nilai disini bisa berkaitan dengan nilai etika dan estetika. Nilai Estetika adalah nilai keindahan. Segala sesuatu yang terdapat dalam cafe ini mempengaruhi nilai etika seseorang saat berada di dalam cafe tersebut. Tapi hal ini kembali lagi kepada setiap individu yang memiliki penilaian atau pendapat yang berbeda-beda. Kenapa nilai atau penilaian setiap orang berbeda-beda? Karena nilai itu bukan sesuatu yang fakta atau yang dapat ditangkap oleh indra. Nilai lebih bersifat ide dan abstrak. Dalam teori ini bukan membahas mengenai benar atau salahnya tapi lebih membahas mengenai baik atau buruk, senang atau tidak senangnya.

Menurut triadik sisiologi desain Pak Sumbo Tinarbuko yang terdiri dari sosiologi desain, budaya kreatif, dan pembangunan/modernisasi, adanya komunikasi dan interaksi antara pengunjung caf dan pelayan caf merupakan aspek dari sosiologi desain. Dalam budaya kreatif terdapat kekerasan simbol yang bisa diambil, yaitu timbulnya persepsi masyarakat bahwa kreatifitas belum muncul jika belum minum kopi. Kemudian adanya novelties atau kebaharuan dalam caf kopi membuat peminat terus bertambah. Kebaharuan ini terdapat pada tersedianya free wifi dan latte art yang menarik, serta interior caf yang didesain khusus seperti working space.

Di tengah masyarakat ini, nilai-nilai simbolik suatu benda turut berperan dalam masyarakat konsumtif. Seperti contohnya, ada nilai simbolik yang melekat pada caf dan kopi sebagai tempat dan minuman yang paling pas untuk mengerjakan tugas karena dipercaya akan memicu kreativitas otak. Kita pun juga akan turut merasa bahwa kreativitas kita akan muncul apabila kita mengerjakan tugas di caf sambil meminum kopi. Nilai simbolik inilah yang akhirnya membuat masyarakat dalam kasus ini, seperti para mahasiswa, menjadi ketagihan untuk mengerjakan tugas di caf kopi.

Dalam membangun suasananya nyaman di caf untuk para pengunjung, ada poin-poin yang menyangkut ilmu desain komunikasi visual di dalamnya. Mulai dari desain keseluruhan interior caf, desain layout menu yang dibuat, pelayanan dan penyajian makanan dan minuman, packaging jika pelanggan menginginkan makanan atau minuman tersebut dibungkus atau take out, serta seragam yang digunakan barista dan penjaga kasir. Citra inilah yang diangkat demi membuat suasana caf menarik agar pengunjung nyaman dan betah untuk melakukan aktivitas di caf kopi.

Analisis

Budaya kreativitas yang kita angkat adalah, "Nggak ngopi, kreativitas nggak muncul." Kreativitas biasanya muncul dari suatu hal yang abstrak dan tidak berstuktur, dan kadang mereka muncul dengan sendirinya. Beberapa orang beranggapan dengan meminum kopi, kreativitas dan inspirasi dapat datang dengan mudah yang kemudian membuat mereka menjadi lebih fokus dan produktif.

Faktanya, minum kopi diyakini dapat merangsang dan menstimulir syaraf agar dapat bekerja lebih keras lagi. Selain itu kopi juga berfungsi untuk meningkatkan memori jangka pendek. Kafein yang terdapat di dalam kopi bereaksi secara kimia yang menstimulasi dan membantu kita untuk fokus menangkap informasi agar dapat diterima dengan lebih baik. Kopi juga dapat mengurangi rasa sakit kepala. Karena berbagai hal tersebut, kebanyakan orang meminum kopi selagi mengerjakan sesuatu, seperti tugas maupun berbagai hal lainnya.

Lalu mengapa ngopi di caf?

Caf di zaman sekarang ini memiliki desain interior dan dekorasi yang estetik. Tidak hanya itu, caf juga memberikan berbagai macam fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di caf. Tidak sedikit caf yang menyediakan sofa, air conditioner, dan wifi. Dengan fasilitas yang memanjakan ini, tak diherankan pengunjung ingin berkunjung kembali. Namun karena fasilitas-fasilitas yang disediakan caf, beberapa pengunjung lebih mengincar tempat nyaman tersebut daripada konsumsi yang disediakan. Dengan memesan satu minuman saja, pengunjung bisa menetap di caf sampai berjam-jam sembari menggunakan wifi caf tersebut.

Dalam makalah ini, metode yang kita gunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui wawancara dengan mahasiswa DKV ISI Yogyakarta. Kemudian dari beberapa narasumber yang telah kami wawancarai, terdapat dua pendapat yang berbeda mengenai mengerjakan tugas di caf, yaitu:

"Kalo aku sih, gak terlalu suka ngerjain di cafe karena menurut aku kurang fokus. Tapi aku kalo ke caf tuh biasanya ya cuman untuk nyari wifi." (Anggit Rigen, mahasiswa DKV ISI Yogyakarta)

"Karena aku ingin cari suasana baru untuk mengerjakan tugas. Aku sudah bosan sih kalo cuma ngerjain di kos. Dan juga sekalian kalau ada urusan di dekat caf itu jadi bisa sekalian." (Josi Zefanya, mahasiswa DKV ISI Yogyakarta)

Kesimpulan

Caf merupakan tempat yang biasa digunakan pengunjung untuk bersantai sambil meminum kopi atau menikmati berbagai menu lainnya yang tersedia. Selain itu, sebagian pengunjung datang ke caf dengan alasan mengerjakan tugas atau hanya sekedar berbincang-bincang. Tempat ini biasa dikenal pada kalangan anak muda sampai orang dewasa. Alasan kenapa banyak orang berkunjung ke caf adalah karena fasilitas-fasilitas yang diberikan disana. fasilitas ini antara lain suasana dari caf itu sendiri, kopi yang disajikan, desain dari interior caf, tempat duduk yang nyaman, air conditioner, dan tentunya ketersedian wifi gratis.

Masyarakat akan mengkonsumsi produk untuk mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan. Berdasarkan paparan diatas, menikmati secangkir kopi di caf dapat meningkatkan kreativitas. Hal ini karena kopi memang diyakini dapat merangsang kerja syaraf agar bekerja lebih keras. Kafein yang terkandung pada kopi menstimulasi dan membantu kita menangkap informasi serta meningkatkan informasi yang diterimapun menjadi lebih baik.

Sedangkan caf sendiri memiliki desain interior dan dekorasi yang estetik beserta fasilitas-fasilitas yang diberikan juga membuat pengunjung yang datang betah untuk menetap. Pengunjung yang datang dominan mengincar tempat dan suasana caf yang nyaman. Hanya dengan memesan salah satu menu, pengunjung bahkan bisa menetap hingga berjam-jam.

Berikut foto kami sewaktu sedang berdiskusi kelompok di sebuah caf bernama Move On yang berada di Prawirotaman, Yogyakarta.

dokpri
dokpri
Anggota Kelompok

Kayinta Yona Gafirin 1812510024

Salma Khoirunnisa 1812517024

Gabriella Yubelin Christalis 1812520024

Shilfi Alma Nurhaliza 1812522024

Shabrina Nur Annisa 1812528024

Kiara Tanaya Kinanti 1812536024

Tasya Dwi Ismayudha 1812537024

Alisa Rahma Febrina 1812555024

Naufara Adriya Mawardi 1812561024

Nur Fitri Ramadhiana 1812563024

Daftar Pustaka

Dokter Sehat. 2018. Efek Negatif dan Positif Minum Kopi. Diambil dari: https://doktersehat.com/efek-negatif-positif-minum-kopi/amp/ (Diakses pada 25 November 2019)

Hasan, Akhmad Muawal. 2016. Asal-usul Kreativitas. Diambil dari: https://tirto.id/asal-usul-kreativitas-bPi8 (Diakses pada 25 November 2019)

Lentera Kecil. 2017. Apakah Kafe itu?. Diambil dari: https://lenterakecil.com/apakah-kafe-itu/ (Diakses pada 25 November 2019)

Sosiologis. 2018. Teori Konsumsi. Diambil dari: http://sosiologis.com/teori-konsumsi (Diakses pada 25 November 2019)

Sumedi, Pudjo A.S., Drs.,M.Ed. dan Mustakim, S.Pd.,MM. 2008. Teori Nilai. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/09/teori-nilai/ (Diakses pada 26 November 2019)

Rosyidi, Suherman. 2012. Pengantar Teori Ekonomi. Jakarta:Rajawali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun