Perkenalkan, nama saya Alip zawahri. Saya berkuliah di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi. Disini saya akan menceritakan sudut pandang pribadi mengenai apa saja potensi dari media sosial yang saya gunakan, kekurangan apa saja yang masih harus diperbaiki, agar iklim media sosial di Indonesia menjadi lebih sehat.
       Disini saya akan menjelaskan apa itu pengertian dari media sosial sendiri itu apa? Media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Tujuan dari adanya social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.
       Potensi media sosial sendiri sangatlah besar di Indonesia, bahwa penduduk Indonesia sendiri suka memakai media sosial dikala tidak ada kesibukan dan saat bosan. Hal itu dapat dibuktikan banyaknya orang Indonesia memakai banyak platfrom seperti Twitter, Facebook, Instagram, WhatsApp, TikTok, YouTube, dan lain-lain. Berikut merupakan beberapa situs jejaring sosial yang paling sering digunakan untuk mendorong kinerja dan meningkatkan keuntungan bagi sebuah bisnis bisa juga dijadikan pekerjaan. Sehingga, untuk kedepannya, anda dapat memanfaatkan situs jejaring sosial dengan baik dan tepat.
       Jenis media sosial yang pertama adalah Facebook. Situs jejaring sosial ini merupakan media yang paling banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Menurut sumber dari Wikipedia, pada tahun 2017 jumlah member dari Facebook telah mencapai 2.047.000.000 atau dua milyar empat puluh tujuh juta lebih pengguna. Facebook sendiri juga merupakan salah satu social media yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Karena fitur yang ditampilkan cukup mudah, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakan platform Facebook.
       Yang ke dua yaitu YouTube. Ketika efek dari pandemi Covid -- 19 masih melanda, aturan untuk menjaga jarak juga wajib untuk diperhatikan oleh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga, banyak orang yang menghabiskan waktu untuk bermain -- main dengan media sosial. Salah satunya adalah dengan menonton sebuah tayangan dalam Youtube. Youtube merupakan salah satu platform penyedia layanan streaming dan video secara online. Namun, anda juga dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk mempromosikan produk atau jasa layanan anda.
       Dengan membuat akun channel Youtube, anda akan mematuhi segala macam peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak Youtube. Kemudian, anda mencoba untuk membuat channel sesuai dengan konten dari pekerjaan anda. Keuntungan dapat diperoleh dari hasil banyaknya trafik kunjungan dari penonton dan akan diakumulasikan melalui google adsense. Jadi social media Youtube juga dapat digunakan sebagai alat untuk monetisasi. Anda dapat menghasilkan uang dengan membuat konten yang menarik sesuai dengan jumlah trafik atau pengunjung yang datang ke channel tersebut.
       Media sosial selanjutnya adalah Whatsapp  yang paling sering digunakan untuk membantu kebutuhan bisnis adalah Whatsapp. Aplikasi ini banyak ditemukan di berbagai perangkat mobile yang anda gunakan. Karena, memiliki berbagai kemudahan dan dapat menggantikan peran dari fitur pengirim pesan SMS yang dulu sering digunakan. Di dalam Whatsapp sendiri, kita dapat membuat sebuah grup, melakukan video call, telepon, ataupun membuka media promosi. Karena, saat ini Whatsapp telah diakuisisi oleh Facebook, maka sangat mudah untuk anda membuat media promosi untuk produk anda. Anda juga dapat memanfaatkan fitur dari Whatsapp Business untuk mempermudah aktivitas bisnis anda dengan customer.
       Selanjutnya Instagram. Saat ini, Instagram merupakan salah satu social media paling populer, terutama bagi pengguna internet di Indonesia. Setelah saya riset pengguna instagram yang aktif saat ini mencapai total 61 juta orang. Dengan rata -- rata usia yang aktif menggunakan platform ini adalah berada di rentang 18 -- 24 tahun. Kelebihan dan fitur yang dimiliki oleh Instagram terletak pada Instagram story, feed, dan IG TV. Anda juga dapat memanfaatkan Instagram untuk kebutuhan bisnis seperti promosi produk, jasa atau layanan yang anda miliki. Selain itu, di dalam Instagram juga menyediakan berbagai fitur deteksi wajah atau filter yang menggunakan bantuan AR (Augmented Reality), sehingga dapat menghasilkan foto atau video yang menarik dan dapat dijadikan sebuah konten. Dan fitur yang paling penting untuk menunjang bisnis anda adalah Instagram ads. Dimana, anda dapat mempromosikan produk melalui layanan iklan yang tersedia. Sehingga, produk tersebut dapat menjangkau konsumen secara global dan luas. Dan masih banyak yang lain lain nya.
Meski begitu menguntungkan, namun media sosial juga mempunyai pengaruh buruk bagi penggunanya, seperti:
1.Menyebarkan berita atau informasi hoax
Saat ini, semakin banyak informasi yang tersebar secara bebas dan cepat melalui internet. Berita atau artikel yang ditampilkan juga dapat mengandung unsur pembohongan publik apabila anda tidak mengecek atau memverifikasi keaslian konten tersebut. Pastikan untuk selalu mencari referensi sumber yang valid, serta tidak langsung menelan mentah -- mentah informasi yang mencurigakan.
2.Selalu Merasa Kurang
Timbulnya perasaan bahwa diri atau hidup Anda selalu kurang jika dibandingkan dengan hidup atau diri orang lain di sosial media. Meski Anda saat ini mungkin telah sadar betul bahwa unggahan-unggahan yang bertebaran di sosial media sebagian besar adalah hasil manipulasi, tetap saja akan ada perasaan tidak aman dari dalam diri. Anda mungkin akan merasa tidak cukup cantik, tidak cukup bergaya, atau tidak cukup menikmati hidup berdasarkan apa-apa yang ditampilkan orang lain. Demikian pula, Anda pasti sadar bahwa orang lain cenderung berbagi hal-hal yang penting dan jarang terjadi dalam hidupnya untuk ditampilkan di sosial media. Namun kenyataan itu tidak akan mengurangi perasaan iri dan ketidakpuasan saat Anda melihat-lihat foto teman berlibur ke Eropa, belanja barang-barang bermerek, makan di tempat mewah, dan lain sebagainya. Pada akhirnya, akan selalu ada perasaan kurang dan tidak puas yang bersumber dari unggahan-unggahan di sosial media.
3.Pengaruhi Hubungan Nyata
Dampak negatif sosial media yang kedelapan dapat memengaruhi hubungan Anda di kehidupan nyata. Anda tentu pernah berkumpul bersama teman-teman, nongkrong di kafe atau restoran dengan harapan untuk bertukar kabar dan cerita sambil melepas rindu secara face to face. Namun yang terjadi kemudian adalah masing-masing teman Anda sibuk dengan ponselnya dan tidak acuh dengan keadaan sekitar yang lebih nyata. Telah menjadi sebuah isu lama bahwa kehadiran ponsel dapat memengaruhi dan mengganggu interaksi langsung antar manusia, terlebih sejak kehadiran smartphone yang seolah dapat mengatasi segalanya. Hubungan romantis juga tidak kebal dari pengaruh sosial media.
Seiring perkembangan teknologi informasi yang pesat tersebut harus betul-betul kita arahkan, kita manfaatkan  ke arah yang positif. Oleh karna itu kita sebagai mengguna sosial memanfaatma media sosial untuk hal-hal yang produktif, mendorong kreativitas dan inovasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H