Bagaimana praktik penerapan capaian pembelajaran sebenarnya. Kita akan mencoba memahami penerapan capaian pembelajaran pada mata pelajaran IPAS pada fase B. Perlu diingat bahwa contoh ini juga bisa diterapkan pada mata pelajaran lain karena prinsip dan proses berfikir yang digunakan tetaplah sama. Mari mulai dengan langkah pertama, yaitu.
1. Memahami Rasional
Dimulai dari memahami, "Mengapa peserta didik perlu mempelajari mapel ini?" rasional mata pelajaran terdiri atas definisi mapel contoh:Â
"Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah ilmu yang mengkaji tentang mahluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya dan mengkaji interaksinya sebagai individu sekaligus sebagai mahluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya, secara umum, ilmu pengetahuan diartikan sebagai bahasa Indonesia, 2016 "
Fungsi dan ruang lingkup, "Pengetahuan ini meliputi Pengetahuan Alam dan Pengetahuan Sosial"
Dari teks ini maka kita dapat mengetahui bahwa mata pelajaran IPAS penting untuk diketahui, "Pendidikan IPAS memiliki peran untuk mewujudkan pelajar Pancasila sebagai gambaran ideal profil peserta didik Indonesia. IPAS membantu peserta didik menumbuhkan keingintahuannya terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya .."
Karena ruang lingkup yang dibahas dalam Mapel IPAS merupakan topik yang memiliki keterkaitan dalam kesehatian hidup kita baik secara individu, maupun sebagai mahluk sosial.
Selanjutnya, "Apa yang menjadi fokus utama pada mapel ini"
Dalam hal ini dalam mata pelajaran IPAS fokus utamanya adalah, "Fokus utama yang ingin dicapai dalam mata pelajaran IPAS di SD/MI program paket A bukan seberapa banyak konten materi yang dapat diserap oleh peserta didik, akan tetapi sebarapa besar kompetensi peserta didik dalam memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki" artinya kompetensi yang diharapakan bukan hanya pada pengetahuan saja.
Pertanyaan selanjutnya adalah, "Bagaimana Mapel ini dapat mewujudkan Profil Pelajar Pancasila?" Â