Capaian pembelajaran adalah Kompetensi yang harus di capai oleh peserta didik dalam satu fase. Capaian pembelajaran ini ditetapkan oleh pemerintah namun untuk memandu kegiatan pembelajaran sehari-hari capaian pembelajaran yang selanjutnya disebut CP perlu diuraian  lebih operasional dan konkret. Capaian Pembelajaran ini merupakan bagian dari kurikulum operasional satuan pendidikan. Proses berfikir dalam merencanakan pembelajaran dapat digambarkan menajdi 4 tahap yaitu:Â
1. Memahami CP
2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran.
3. Menyusun alur tujuan pembelajaran.
4. Merancang Pembelajaran.
Pada pembahasan ini akan belajar bagiamana memahi CP. Capaian Pembelajaran disusun dalam fase. Satu fase terdiri dari 1 sampai 3 tahun. Jadi dalam hal ini fase tidak sama dengan kelas. Fase merupakan kompetensi. Sedangkan kelas menunjukkan kelompok berdasarkan usia. Oleh karena itu untuk melaksanakan pembelajaran dalam satu fase pendidikan sebaiknya melakukan  kolaborasi dan komunikasi sesama rekan pendidik yang sama-sama mengajar pada satu fase yang sama. Sebagai contoh CP pada fase D berlaku pada kelas VII , VIII dan IX. Saat merancang pembelajaran pendidik dari kelas VII hingga kelas IX perlu duduk bersama untuk menentukan rencana batasn kompetensi di setaip jenjang.Â
Dengan begitu komptensi yang akan dicapai peserta didik dapat dipelejari secara berseninambungan. Pendidik juga dapat menyampaikan informasi terkait karakteristik peserta didik di setiap jenjang. atau informasi lain yang dubutuhkan dalam merancang pembelajaran. Untuk memahami capaian pembelajaran ada 4 langkah.
1. Memahami Rasional.
Rasional menjelaskan alasan pentingnya mempelajrai pelajaran tersebut dan kaitannya denagn profeil pelajar pancasila. untuk membantu memahami bagian ini kita dapat menngunakan pertanyaan pemantik seperti berikut.Â
a. mengapa peserta didik perlu belajar pelajaran ini?
b. Apa fokus utama yang ingin dicapai pada fase ini?
c. Bagaimana fase ini berperan dalam profil pelajar pancasila?
2. Memahami Tujuan Pembelajaran.
yaitu kemampuan atau kompetensi yang dituju peserta didik dimata pelajaran. Â Tujuan menjelaskan kemampuan atau kompetensi yang dituju. Setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran tersebut secara keseluruhan. Untuk memahami bagian ini kita perlu menggunakan pertanyaan pemantik seperti:
-Kompetensi apa saja yang perlu dimiliki peserta didik untuk sampai di capaian pembelajaran pada fase akhir?
3. Mempelajari Karakteristik.
Menjelaskan apa yang dipelajari dalam mata pelajaran tersebut serta elemen-elemen yang membentuk mata pelajaran. Untuk membantu memahami bagian ini kita dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut.
-Apa karakter serta elemendari mata pelajaran ini?
4. Memahami Capaian Per Fase.  Â
Bagian ini berisi kompetensi yang harus dicapai dalam satu fase. untuk memahami bagian ini dapat menggunakan pertanyaan pemantik seperti berikut:
a. Apa yang akan dipelajari di fase ini?
b. Kata kunci apa yang penting dalam CP?
Untuk memahami capaian pembelajaran pendidik juga bisa membentuk komunitas dan satuan pendidikannya. Bergabung dengan komunitas belajar yang sudah ada, atau belajar pada contoh-contoh CP pada mata pelajaran lain. Karena pada dasarnya CP disusun pada prinsip yang sama.
memahami CP adalah langkah pertama yang sangat penting karena kita sebagai pendidik perlu memahami apa yang akan kita ajarkan. Â Dengan berkolaborasi memahami CP maka sebagai guru akan lebih siap dalam melakukan langkah selanjutnya yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, dan terakhir merancang pembelajaran.Â
Referensi:
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H