Mohon tunggu...
Ali Maksum
Ali Maksum Mohon Tunggu... Guru - Education is the most powerful weapon.

Guru, Aktifis dan Pemerhati pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manajemen Kelas Campuran

20 Maret 2023   09:22 Diperbarui: 20 Maret 2023   09:58 2080
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kelas campuran adalah kelas yang berlangsung dalam dua kondisi yaitu tatap muka dan secara daring. Keadaan seperti ini pasti cukup dekat dengan kondisi kelas saat ini. Sejak pandemi melanda kegiatan pembelajaran sekolah keadaan kelas dipaksa untuk beradaptasi dengan keadaan, yaitu mengadakan pembelajaran jarak jauh dan  tatap muka terbatas.

Guru dan murid dituntut untuk bisa menerapkan kegiatan belajar melalui perangkat ponsel atau komputer. Pembelajaran campuran merupakan tantangan tersendiri bagi kita. Lalu bagaimana strategi manajemen kelas kita agar pembelajaran kelas campuran menjadi efektif?. Tidak jarang saat melaksanakan pembelajaran daring kita hanya memberikan penugasan kepada murid, mereka dituntut dan mengunggah hasil tugasnya berupa foto atau video melalui aplikasi yang digunakan. Murid membuka aplikasi, membuka, melihat dan mengerjakan lembar aktifitas, setelah itu selesai.

Bahkan dalam perjalanannya ada murid yang tidak mendapatkan umpan balik dari gurunya. Sehingga ketika pertemuan tatap muka di sekolah, guru merasa murid tertinggal pelajaran dan pembelajaran daring selama ini tidak efektif. Kemudian murid dikejar dengan melakukan pengayaan yang lagi-lagi terpaku pada buku teks. Padahal disaat kita melakukan mode belajar campuran kita bisa memberikan pilihan yang lebih luas untuk belajar dengan menggunakan teknologi yang dimiliki.

Murid memilki sumber belajar yang tidak terbatas. Dengan adanya kemajuan lingkungan dan kemajuan teknologi  maka diperlukan juga pola pikir kita. Misalnya bahwa tipe kelas campuran yang terdiri dari tatap muka dan pembelajaran daring adalah salah satu alternatif pembelajaran murid yang bisa kita lakukan secara efektif.

Cara kelas campuran tidak jauh beda dengan kelas biasa dan caranya juga sama yaitu:

1. Pembentukan keyakinan kelas. 

2. Pengelompokan murid.

3. Pelibatan Murid.

Pada prinsipnya metode kelas ini dapat tetap dilakukan pada kelas campuran. Tetapi pada kelas campuran terdapat beberapa siswa yang mempunyai sesi belajar sendiri di rumah tanpa adanya bimbingan guru secara langsung karena itu ada beberapa penekanan di beberapa poin, misalnya: 

1. Pada Pengelompokan Murid.

Buatlah kelompok-kelompok kecil yang memungkinkan murid aktif dalam pembelajaran sehingga kita dapat lebih mudah memantau perkembangan murid. Guru dapat menggunakan teknologi tidak berbayar dalam mendukung penjelasan materi  atau menggunakan sarana edukasi online untuk asesmen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun