Mohon tunggu...
Alif Nur Fauzan
Alif Nur Fauzan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Scroll tiktok

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Analisis Pengaruh Advertising yang Mempengaruhi Perniagaan

25 November 2024   11:06 Diperbarui: 25 November 2024   11:18 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kata advertising pasti sudah tidak asing lagi di benak kita semua, apalagi untuk para

pengusaha pasti hal tersebut sudah tidak asing lagi. Advertising sendiri sangat banyak

macam nya yang dimana pada essay ini akan lebih fokus membahas pengaruh

advertising itu sendiri yang berhubungan dengan perniagaan. meningkatnya pengguna

perangkat seluler dalam aktvitas kesehariannya di banding mengakses media lainnya

seperti televisi mendorong perusahaan menciptakan strategi melalui mobile advertising

(Yunita et al., n.d.).Celebrity Endorser bisa menjadi salah satu faktor adanya mobile

advertising (Algiffary et al., 2020). Pada era modern saat sekarang seorang artis bukan

hanya di televisi saja tapi sekarang bisa di internet atau smartphone juga (Olivia &

Nurfebiaraning, 2020). Celebrity Endorser juga termasuk ke dalam sales promotion

yang dimana mereka juga mempromosikan produk atau suatu brand karena hal tersebut

mereka bagian dari sales promotion (Ode et al., 2022). Celebrity Endorser di internet

pasti tidak akan jauh dengan advertising disclosure karena hal itu penting agar tidak

terjadi salah paham pada projek endorse nya. Advertising disclosure sendiri

merupakan suatu pemberitahuan pada penonton promosi bahwa yang sedang

ditampilkan oleh Celebrity Endorser itu adalah iklan (Christea & Chairun Nisa, 2022).

Selain advertising disclosure , personal selling juga harus ada pada Celebrity Endorser

yang dimana jika mereka tidak mempunyai personal selling yang baik maka mereka

akan sulit untuk membuat konsumen tertarik terhadap suatu hal yang ia promosikan

(Yasin, 2020). Salah satu tugas Celebrity Endorser adalah entertaiment yang dimana

dengan hal tersebut bisa dimasukan bumbu - bumbu promosi (Genadi & Furkan, 2020).

Celebrity Endorser berperan juga sebagai peningkat brand trust suatu produk atau

brand. Pada dasarnya jika seorang Celebrity Endorser itu dipercayai oleh konsumen

maka konsumen tersebut juga akan percaya dengan apa yang ia pasarkan sehingga bisa

meningkatkan brand trust tersebut (Trigani & Tobing, 2022). Agar Celebrity Endorser

bisa dipercayai oleh konsumen, ia harus memiliki credibility dan attractiveness (Shinta,

2020).

 Selain Celebrity Endorser yang memengaruhi perniagaan, ada juga hal lain yang bisa

memengaruhi perniagaan yaitu ide kreatif dari brand itu sendiri dalam advertising.

Adanya slogan dalam suatu brand membuat peluang brand atau produk yang

dipasarkan akan mudah di ingat (Ratu & Gunawan, 2020). Maka dari itu, brand

awareness brand tersebut akan meningkat karena slogan tersebut (DarayanSelanjutnya, program yang menarik dari suatu brand juga bisa membuat konsumen 

tertarik pada brand tersebut. Program kelingkunganan bisa jadi salah satu ide yang 

menarik untuk suatu brand seperti brand coca cola dan minuman lainnya yang membuat 

ajakan untuk reuse kemasannya agar mengurangi sampah (Keita & Herawati, n.d.). Ada 

juga yang menghubungkan dengan isu sosial dan kemanusiaan seperti seperti 

keuntungan dari suatu produk sebagiannya untuk dikirimkan ke palestina (Luthfiana & 

Kania, n.d.). Karena hal -- hal tersebut, bisa peluang untuk membuat konsumen tertarik 

(Khomariyah et al., 2015). Bahkan, karena seseorang sudah tertarik atau percaya 

dengan brand atau produknya, ia bisa saja menyebarkan brand tersebut (Joel et al., n.d.). 

Oleh karena itu, kita harus sangat memperhatikan bagaimana cara advertising saat 

berniaga karena dampak nya berpengaruh sekali terhadap perniagaan tersebut. i, n.d.). 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun