Kata advertising pasti sudah tidak asing lagi di benak kita semua, apalagi untuk para
pengusaha pasti hal tersebut sudah tidak asing lagi. Advertising sendiri sangat banyak
macam nya yang dimana pada essay ini akan lebih fokus membahas pengaruh
advertising itu sendiri yang berhubungan dengan perniagaan. meningkatnya pengguna
perangkat seluler dalam aktvitas kesehariannya di banding mengakses media lainnya
seperti televisi mendorong perusahaan menciptakan strategi melalui mobile advertising
(Yunita et al., n.d.).Celebrity Endorser bisa menjadi salah satu faktor adanya mobile
advertising (Algiffary et al., 2020). Pada era modern saat sekarang seorang artis bukan
hanya di televisi saja tapi sekarang bisa di internet atau smartphone juga (Olivia &
Nurfebiaraning, 2020). Celebrity Endorser juga termasuk ke dalam sales promotion
yang dimana mereka juga mempromosikan produk atau suatu brand karena hal tersebut
mereka bagian dari sales promotion (Ode et al., 2022). Celebrity Endorser di internet
pasti tidak akan jauh dengan advertising disclosure karena hal itu penting agar tidak
terjadi salah paham pada projek endorse nya. Advertising disclosure sendiri
merupakan suatu pemberitahuan pada penonton promosi bahwa yang sedang
ditampilkan oleh Celebrity Endorser itu adalah iklan (Christea & Chairun Nisa, 2022).
Selain advertising disclosure , personal selling juga harus ada pada Celebrity Endorser
yang dimana jika mereka tidak mempunyai personal selling yang baik maka mereka
akan sulit untuk membuat konsumen tertarik terhadap suatu hal yang ia promosikan
(Yasin, 2020). Salah satu tugas Celebrity Endorser adalah entertaiment yang dimana
dengan hal tersebut bisa dimasukan bumbu - bumbu promosi (Genadi & Furkan, 2020).
Celebrity Endorser berperan juga sebagai peningkat brand trust suatu produk atau
brand. Pada dasarnya jika seorang Celebrity Endorser itu dipercayai oleh konsumen
maka konsumen tersebut juga akan percaya dengan apa yang ia pasarkan sehingga bisa
meningkatkan brand trust tersebut (Trigani & Tobing, 2022). Agar Celebrity Endorser
bisa dipercayai oleh konsumen, ia harus memiliki credibility dan attractiveness (Shinta,
2020).
 Selain Celebrity Endorser yang memengaruhi perniagaan, ada juga hal lain yang bisa
memengaruhi perniagaan yaitu ide kreatif dari brand itu sendiri dalam advertising.
Adanya slogan dalam suatu brand membuat peluang brand atau produk yang
dipasarkan akan mudah di ingat (Ratu & Gunawan, 2020). Maka dari itu, brand
awareness brand tersebut akan meningkat karena slogan tersebut (DarayanSelanjutnya, program yang menarik dari suatu brand juga bisa membuat konsumenÂ
tertarik pada brand tersebut. Program kelingkunganan bisa jadi salah satu ide yangÂ
menarik untuk suatu brand seperti brand coca cola dan minuman lainnya yang membuatÂ
ajakan untuk reuse kemasannya agar mengurangi sampah (Keita & Herawati, n.d.). AdaÂ
juga yang menghubungkan dengan isu sosial dan kemanusiaan seperti sepertiÂ
keuntungan dari suatu produk sebagiannya untuk dikirimkan ke palestina (Luthfiana &Â
Kania, n.d.). Karena hal -- hal tersebut, bisa peluang untuk membuat konsumen tertarikÂ
(Khomariyah et al., 2015). Bahkan, karena seseorang sudah tertarik atau percayaÂ
dengan brand atau produknya, ia bisa saja menyebarkan brand tersebut (Joel et al., n.d.).Â
Oleh karena itu, kita harus sangat memperhatikan bagaimana cara advertising saatÂ
berniaga karena dampak nya berpengaruh sekali terhadap perniagaan tersebut. i, n.d.).Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI