Mohon tunggu...
Alicia Yolanda Bawuna S.I.Kom
Alicia Yolanda Bawuna S.I.Kom Mohon Tunggu... Mahasiswa - Jurnalis

IG @aliciayola17

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Multimedia dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

3 Maret 2022   18:44 Diperbarui: 5 Maret 2022   16:21 1369
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perkembangan internet saat ini sudah sangat pesat, seperti yang kita tahu bahwa segala sesuatu yang kita lakukan berkaitan erat dengan internet dan multimedia adalah salah satu contohnya. Di era digital ini, kehidupan masyarakat tidak pernah lepas dari multimedia. Kehadiran multimedia membantu masyarakat dari segala aspek kehidupan. 

Apa sih Multimedia itu ?

Multimedia menurut etimologi atau asal usul bahasanya adalah berasal dari kata "multus" (bahasa latin)  yang artinya banyak. Dan media berasal dari kata "medius" (bahasa latin) yang merupakan bentuk jamak dari kata "medium", yang artinya perantara atau pengantar.

Multimedia adalah sebuah kombinasi dari komputer dan video dan juga merupakan kombinasi dari tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks. Multimedia juga merupakan kombinasi dari media input atau output dari data, media ini dapat audio, animasi video, teks, grafik dan gambar.

sumber: berbagilmu77.blogspot.com
sumber: berbagilmu77.blogspot.com

Apa saja elemen-elemen Multimedia ?

Menurut James A. Senn (1998) Multimedia dibagi menjadi beberapa elemen yaitu;

1. Teks

Teks adalah bentuk multimedia yang paling mudah dikontrol. Teks juga dapat membentuk kata, kalimat, narasi yang menyajikan sebuah Bahasa. Kebutuhan teks bergantung pada penggunaan aplikasi multimedia.

2. Gambar

Gambar merupakan hasil dari sebuah pencitraan yang ditangkap melalui kamera. Gambar bisa berwujud sebuah foto dan juga simbol.

3. Audio

Audio adalah komponen multimedia yang bisa berwujud narasi, musik, efek suara dan juga kombinasi semua itu.

4. Video

Video adalah sajian gambar dan suara yang ditangkap melalui kamera dan kemudian disusun ke dalam urutan frame untuk dibaca dalam satuan detik.

5. Animasi

Animasi adalah suatu sistem dalam komputer untuk menciptakan gerak pada layar.

6. Realitas Virtual

Realitas virtual sangat memungkinkan adanya feedback antar user dengan aplikasi multimedia secara nyata.

Apa saja jenis Multimedia itu ?

Menurut Iwan Binanto (2010, hal. 2) Multimedia dibagi menjadi tiga jenis yaitu;

1. Multimedia Interaktif

Disini pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan digunakan atau ditampilkan. Misalnya saja dalam game, e-learning, website.

2. Multimedia Hiperaktif 

Dalam jenis ini mempunyai suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Multimedia jenis ini mempunyai banyak link yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada. Misalnya saja www, website, dan juga game online.

3. Multimedia Linear

Disini pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir. Misalnya saja siaran televisi, film, dan bahan bacaan.

Penerapan Multimedia dalam kehidupan sehari-hari

Menurut Vaughan, inilah penerapan multimedia dalam kehidupan sehari-hari, yaitu;

1.Bisnis

Perusahaan dapat menjalani kegiatannya dengan adanya aplikasi multimedia, misalnya saja seperti marketing, advertising, demo produk dan juga video conferences.

2. Pendidikan

Aplikasi multimedia yang diterapkan dalam bidang pendidikan mengubah cara proses belajar mengajar dari yang mulanya konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif. Sehingga dalam proses KBM tidak terlalu monoton seperti yang selama ini dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Misalnya saja aplikasi belajar membaca melalui video di youtube.\

3. Rumah

Aplikasi multimedia dalam rumah sangat beranekaragam. Seperti komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat input atau penyalur multimedia. Terdapat juga perangkat permainan game yang menggunakan media televisi sebagai alat penyalur multimedia. Misalnya saja playstation, nintendo, dan juga sega.

4.  Tempat umum

Aplikasi multimedia di tempat umum biasanya berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel, mall, shopping centre, dll. Misalnya saja kios informasi yang menunjukkan letak-letak suatu mall yang terdapat dalam cakupan wilayah tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun