Cimahi (02/08/2022) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) semester genap tahun 2022 mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM”.
Tujuan dari tema ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan kecakapan guna pemerataan dan peningkatan kualitas Pendidikan. Salah satu program yang diusung dari SDG’s Desa dan MBKM adalah desa peduli pendidikan.
Pelaksanaan kuliah kerja nyata di Universitas Pendidikan Indonesia kali ini dilakukan oleh 7.200 mahasiswa yang dibagi kedalam 191 kelompok dan tersebar di berbagai wilayah Iindonesia.
Salah satu tempat yang dipilih oleh mahasiswa KKN Tematik UPI kelompok 86 yaitu di desa kelurahan Pasirkaliki khususnya di SDN Pasirkaliki Mandiri 1 kota Cimahi.
Latar belakang masalah yang ada dalam Pendidikan di Indonesia salah satunya yaitu minat baca masyarakat Indonesia dinilai masih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. UNESCO menyebutkan minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya dari 1000 orang Indonesia hanya 1 orang yang gemar membaca.
Sementara itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.
Negara Indonesia telah berhasil mengurangi angka buta huruf dengan mengupayakan menambah koleksi buku yang relevan bagi pelajar, juga mensosialisasikan Taman Bacaan Masyarakat. Namun demikian, keberhasilan pemerintah belum diimbangi dengan keberhasilan dalam menumbuhkan budaya baca.
Sejalan dengan Tujuan Pendidikan yang terkandung dalam Undang-Undang nomor 20 Tahun 2003 yang berbunyi “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Kondisi tersebut mengindikasi bahwa perlu adanya upaya inovasi kreatif untuk menumbuhkan minat baca serta penerapan pembiasaan membaca sejak dini. Maka dari itu melalui program Pohon Literasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik 86 UPI , diharapkan dapat membantu memotivasi siswa untuk gemar dalam membaca dan menghidupkan kembali suasana perpustakaan yang ada.
Literasi merupakan salah satu kegiatan penting dalam Pendidikan bagi sebuah negara karena kegiatan tersebut sangat berdampak pada tingkat kecerdasan serta kesejahteraan hidup warga negara tersebut.
Tingkat kemampuan literasi menjadi cakupan kuat dalam mengakses berbagai konteks kehidupan diantaranya ilmu pengetahuan, teknologi, keuangan, budaya dan kewargaan. Semua akses informasi dan ilmu pengetahuan berawal dari kegiatan literasi, dalam kata lain kemampuan literasi dapat menjadi kunci penentu kesuksesan seseorang.
Pelaksanaan program kegiatan pohon literasi di SDN Pasirkaliki Mandiri 1 kota cimahi ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VI. Persiapan yang dilakukan oleh kelompok yaitu dengan terlebih dahulu membuat pohon literasi pada waktu libur agar pengerjaan lebih kondusif, sedangkan persiapan yang dilakukan oleh siswa yaitu dengan membawa buku bacaan bebas dan alat tulis berwarna.
Pelaksanaan program ini dimulai pada pagi hari dengan kegiatan gebyar literasi yang dilakukan di lapangan sekolah selama kurang lebih 15 menit, lalu seluruh siswa diarahkan ke perpustakaan dan diminta unuk menulis di kertas stickynotes yang berwarna judul buku dan pengarang yang telah mereka baca. Setelah itu, siswa menempelkannya di daun pohon literasi yang telah dibuat.
Meskipun kegiatan pohon literasi ini baru pertama dilaksanakan, namun tampak terlihat beberapa siswa sudah menunjukkan antusiasme membaca dengan tertarik untuk mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku yang mereka sukai dan menempelkan judul bacaan mereka di pohon literasi.
Tim mahasiswa berharap, aktivitas siswa seperti ini akan terus meningkat meskipun tim mahasiswa telah merampungkan program KKN.
Tujuan akhir dari KKN Tematik UPI 2022 ini dengan upaya melalui program pengadaan pohon literasi diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa, sehingga dapat membentuk karakter gemar membaca dan menjadi langkah awal dalam menciptakan pembiasaan membaca khususnya pada jenjang sekolah dasar.
Referensi :
Damayanti, R. (2017). HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI SISWA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MAGELANG. SOCIAL STUDIES, 6(7), 824-834.
Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H