Assalamualaikum wr. Wb.
Perkenalkan nama saya Muhammad Al Habsyi Aryana NIM 200304011 Prodi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Disini saya akan menceritakan pengalaman saya saat kegiatan magang di DISPAREKRAFBUDPORA (Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga) Gresik. DISPAREKRAFBUDPORA merupakan Dinas yang melaksanakan urusan pemerintahan dibidang pariwisata, ekonomi kreatif, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga. Saat itu saya ditempatkan pada bidang ekonomi kreatif (public relation), yang dimana saya memiliki aktifitas diantaranya menciptakan konten promosi, mengunjungi beberapa subsector ekraf, belajar macam 17 subsector, belajar komunikasi yang sopan dan baik dalam DISPAREKRAFBUDPORA dan lainnya ada pada gambar dibawah ini:
Semua informasi terkait DISPAREKRAFBUDPORA Gresik, seperti visi dan misi, struktur organisai dan lainnya ada pada website https://www.gresikkab.go.id/info/penghargaan.Â
Selain itu pada saat saya magang terdapat suatu masalah, seperti Kurangnya Komunikasi Antar Pegawai (Pada dinas ekonomi kreatif sering terjadi miss komunikasi dalam manajemen kinerja, hal itu akan membawa dampak yang sangat buruk, seperti Tujuan  acara (Gresik Jagoan) dinas devisi ekonomi kreatif belum maksimal, produktifitas dinas ekonomi kreatif turun akibat pegawai yang kurang sadar dalam tanggungjawab pekerjaannya) dan Penilaian Kinerja Kurang Efektif (Dalam dinas ekonomi kreatif penulis melihat bahwa dalam dinas tersebut penilaian nya kurang maksimal dibuktikan dengan hanya penilaian melalui mulut ke mulut tidak ada catatan kertas yang khusus untuk penilaian kinerja pegawai dalam dinas ekonomi kreatif).
Dengan permasalahan diatas dapat dipecahkan dengan cara
1. Kurangnya Komunikasi Antar Pegawai
Melakukan rapat secara rutin setiap seminggu sekali agar tujuan acara (Gresik Jagoan) dinas devisi ekraf jelas serta dipahami semua pegawai, membuat system akuntabilitas agar tugas dan tanggung jawab terpetakan dengan baik, melakukan intensias kordinasi untuk meningkatkan komunikasi antara satu dan lainnya.
2. Penilaian Kinerja Kurang Efektif