Sekitar 65% pengguna Facebook aktif setiap hari. Ini adalah peluang besar bagi pebisnis online untuk untuk memasarkan produk, jasa, layanan dan bisnis mereka di Facebook. Namun, seiring berjalannya waktu dan jumlah bisnis yang hadir di Facebook meningkat secara signifikan setiap tahun.Â
Hal ini berdampak pada semakin sulitnya pebisnis untuk tetap berada pada level yang kompetitif. Mereka harus bekerja keras, menghabiskan banyak waktu dan anggaran, serta menemukan strategi Facebook marketing yang efektif dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.Â
Persaiangan ketat ini menuntut pemasar dan pebisnis untuk lebih kreatif, cerdas, dan teliti dalam hal membangun koneksi bisnis, berinteraksi dengan audiens, dan penerapan taktik pemasaran Facebook.
1. Menargetkan audiens yang lebih spesifik
Mengiklankan bisnis, produk, dan penawaran Anda melalui Facebook akan memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens yang lebih spesifik sesuai dengan pilihan Anda. Pastikan bahwa Anda dapat mendedikasikan waktu dan sumber daya Anda untuk membuat persona pembeli dan menganalisis basis pelanggan Anda. Ini akan membantu Anda untuk menyampaikan pesan pemasaran Anda kepada audiens yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat.
2. Menargetkan prospek yang sudah Anda miliki di Facebook
Facebook menawarkan fitur canggih yang disebut Facebook Custom Audience yang memungkinkan pemasar untuk mengunggah daftar email dan menampilkan iklan Anda kepada audiens tertentu. Menargetkan prospek yang telah Anda dapatkan sebelumnya akan memberi Anda peluang lebih besar untuk meningkatkan penghasilan Anda.
3. Membuat kontes untuk meningkatkan keterlibatan
Menyelenggarakan kontes Facebook bukan lagi sesuatu yang baru. Hal ini tidak berarti bahwa menjalankan sebuah kontes tidak memberikan dampak yang signifikan lagi  atau menjadi kurang bermanfaat. Kontes Facebook telah terbukti sebagai salah satu taktik pemasaran Facebook yang paling efektif. Menjalankan kontes dengan hadiah memikat akan secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pendapatan.
Semua media sosial adalah tentang orang, begitu juga Facebook. Awalnya, Facebook dimaksudkan untuk alat berinteraksi dan berkomunikasi, bukan sebagai media pemasaran atau iklan. M,eskipun Facebook dapat digunakan sebagai alat pemasaran tetapi hal ini tidak mengurangi atau menghilangkan fungsi media sosial sebagai sarana komunikasi. Sayangnya, banyak pemasar tidak menyadari hal ini. Memanusiakan brand Anda dengan foto-foto karyawan yang super menyenangkan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada audiens bahwa Anda bukanlah robot melainkan individu nyata yang siap dan selalu tersedia untuk dihubungkan.
5. Gunakan iklan Facebook berbayar untuk mempromosikan konten terbaik Anda
Mempromosikan konten Anda menggunakan Facebook ads berbayar sangat efektif terutama untuk meningkatkan brand awareness Anda dan membangun identitas brand Anda. Ingatlah bahwa tidak perlu mempromosikan setiap posting konten Anda. Promosikan hanya yang terbaik. Bagaimana Anda mengidentifikasi posting terbaik Anda? Anda cukup menilai berdasarkan tampilan halaman, jumlah komentar, dan berapa kali postingan Anda dishare oleh pengguna Facebook.
6. Buat video pendek yang menarik
Banyak pemasar telah berusaha memasarkan bisnis mereka dengan video di Facebook, tetapi video-video itu tidak dapat berbuat atau berdampak banyak bagi bisnis, dan banyak orang tampaknya kurang tertarik pada. Perlu diingatkan bahwa pengguna Facebook perlu dihibur, sehingga posting video Anda harus dapat memuaskan keinginan mereka dan menjawab apa yang mereka cari. Dengan demikian, video-video yang Anda ciptakan itu harus pendek, bermanfaat, dan pastinya menarik.
7. Posting gambar hewan lucu yang bertindak seperti manusia dan bayi imut yang bertindak seperti orang dewasa
Gagasan ini jelas terdengar aneh, tetapi bisa memebrikan dampak yang sangat luar biasa. Hampir semua orang menyukai hewan peliharaan dan bayi. Anda harus memanfaatkan kenyataan ini sebaik mungkin. Jangan takut pada fakta bahwa hewan peliharaan atau bayi tidak berkaitan dengan bisnis Anda. Anda harus berkreasi secara cerdas. Berikan gambar dengan teks yang terkait dengan brand Anda. Memasukkan hal-hal kreatif ke dalam konten Anda dapat menarik perhatian orang dengan mudah.
Itulah ketujuh ide pemasaran Facebook kreatif yang dapat meningkatkan kesuksesan dan pertumbuhan bisnis Anda. Ingat bahwa Facebook bertautan erat dengan orang dan bagaimana mereka berinteraksi. Menjadi manusia dan bertindak seperti manusia nyata dalah hal yang sangat penting. Jangan bertindak seperti robot. Saatnya menggunakan semua kreativitas dan pengetahuan Anda untuk membuat perubahan yang lebih baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H