Kenangan perayaan 17 Agustus akan segera berlalu. Euphorianya akan segera berakhir. Kita segera kembali hidup normal, sambil membawa nilai-nilai kepahlawanan dalam hidup. Sebuah pertanyaan reflektif yang patut diajukan adalah "Apa yang mesti dilakukan oleh negara setelah hajatan syukuran yang menelan biaya puluhan miliar? Apa dampak konkretnya bagi rakyat? Apa pengaruhnya bagi para pejabat? Dan masih banyak litani tanya yang mestinya di-breakdown oleh para pemangku jabatan sehubungan dengan mahalnya biaya perhelatan 17 Agustus.
Sebelum mengakhiri hari ini, saya ingin menuliskan sebuah refleksi atas kegundahan saya atas upacara kemerdekaan melalui puisi berikut ini. Ini hanyalah satu satu bentuk partisipasi tidak aktif dalam hidup bernegara, karena negara menjamin kebebasan berpendapat.
Kopi di Malam 17 Agustus
Dua istana bercahaya, gemerlap malam purnama,
Di Jakarta dan Kalimantan, pesta megah digelar,
Biaya melangit, riuh rendah sorak sorai,
Dulu darah dan keringat jadi tumbal, kini seremoni yang diagung-agungkan.
Kopi di tangan, pahitnya menyelinap di antara tawa,
Apakah kemerdekaan harus semeriah ini?
Di luar sana, rakyat berjuang dengan lapar dan lelah,
Namun di sini, sorotan kamera dan tawa tak henti mengisi layar.
Esensi perayaan, terbuai dalam gemerlap,
Apa yang ingin disampaikan di tengah kesulitan?
Di saat perut rakyat masih kerap kosong,
Adakah makna di balik pesta yang menggema?
Â
Mari kita coba mendalami puisi di atas dari beberapa perspektif, yang menurut saya layak kita angkat untuk memaknai gegap gempita pesta kemerdekaan yang dirayakan oleh Presiden Joko Widodo secara besar-besaran di IKN. Tidak ada yang salah demi sebuah kebanggaan bagi bangsa. Tapi apakah kebanggaan itu hanya sebatas perasaan senang secara lahiriah atau sesuatu yang lebih spiritual yang mempersatukan kita sebagai satu bangsa? Mari kita coba menyelami puisi di atas melalui beberapa aspek berikut ini. Â Â
Pertama, dari sudut pandang politik, melalui puisi ini saya ingin menyoroti perbedaan antara semangat perjuangan kemerdekaan dahulu dan cara perayaannya di masa kini. Dulu, kemerdekaan diraih dengan pengorbanan besar---darah dan keringat para pejuang. Namun, kini perayaan kemerdekaan lebih sering diisi dengan seremoni megah yang melibatkan anggaran besar dari negara. Di sini, kritik tersirat tentang bagaimana alokasi sumber daya negara, yang seharusnya lebih diprioritaskan untuk kepentingan rakyat banyak, malah digunakan untuk acara-acara simbolis yang megah. Menurut ahli politik seperti Miriam Budiardjo, kekuasaan seharusnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat, bukan sekadar pencitraan yang jauh dari realitas keseharian masyarakat.
Kedua, dari perspektif sosiologi, melalui puisi ini saya ingin mengangkat isu ketimpangan sosial yang terjadi di tengah masyarakat. Perayaan kemerdekaan yang mewah di dua istana negara mencerminkan ketidakseimbangan antara elit politik dan masyarakat biasa. Sementara sebagian kecil menikmati kemewahan dan kemeriahan, banyak rakyat masih bergelut dengan kesulitan ekonomi. Ahli sosiologi seperti Pierre Bourdieu menekankan bahwa kesenjangan sosial seringkali diperkuat oleh praktik-praktik simbolis yang dilakukan oleh mereka yang memiliki kekuasaan, termasuk dalam bentuk seremoni negara.
Ketiga, dari sisi psikologi, puisi ini hendak menggambarkan rasa keterasingan dan frustrasi yang mungkin dirasakan oleh rakyat jelata. Melihat kemeriahan yang dirayakan oleh mereka yang berada di atas, sementara mereka sendiri bergulat dengan kesulitan, bisa menimbulkan perasaan tidak berdaya dan ketidakpuasan. Ahli psikologi sosial seperti Martin Seligman mengungkapkan bahwa perasaan ketidakberdayaan ini bisa berkembang menjadi apatisme, di mana rakyat merasa bahwa upaya mereka untuk memperbaiki kehidupan tidak akan berpengaruh. Ini menciptakan jurang emosional antara rakyat dan pemimpin mereka.
Keempat, dari segi finansial, puisi ini hendak mengkritik pengeluaran besar yang digunakan untuk seremoni perayaan, yang dianggap tidak proporsional dengan kondisi ekonomi rakyat. Alokasi anggaran negara yang besar untuk kegiatan simbolis seperti ini bisa dipertanyakan, terutama ketika banyak rakyat masih mengalami kesulitan ekonomi. Menurut ekonom Joseph Stiglitz, pengeluaran negara harus diarahkan untuk investasi yang memberikan dampak jangka panjang bagi kesejahteraan masyarakat, bukan untuk kegiatan yang hanya bersifat sementara dan tidak menyentuh akar permasalahan sosial. Apalagi hanya untuk menunjukkan "kebesaran" negara yang bisa lepas dari peninggalan kolonial dengan menikmati hasil karya anak bangsa.
Kelima, dari perspektif spiritual, melalui puisi ini saya mengajak kita merenungkan makna sejati dari kemerdekaan dalam konteks nilai-nilai rohani. Kemerdekaan bukan hanya tentang kebebasan fisik dari penjajahan, tetapi juga tentang kebebasan batiniah---membebaskan diri dari egoisme, keserakahan, dan ketidakpedulian terhadap sesama. Dalam tradisi spiritual, kemerdekaan sejati dicapai ketika seseorang hidup dalam harmoni dengan nilai-nilai kebaikan, keadilan, dan kasih sayang. Menurut pandangan spiritual seperti yang diajarkan oleh Mahatma Gandhi, kemerdekaan sejati adalah ketika setiap individu dan bangsa hidup sesuai dengan prinsip-prinsip moral dan spiritual yang mendalam, di mana perayaan kemerdekaan seharusnya mencerminkan rasa syukur dan tanggung jawab untuk menjaga kesejahteraan seluruh rakyat, bukan sekadar seremoni yang megah.
Keenam, pesan utama yang ingin disampaikan oleh puisi ini adalah pertanyaan kritis tentang makna perayaan kemerdekaan di tengah realitas sosial yang ada. Apakah pesta dan seremoni yang megah benar-benar mencerminkan makna kemerdekaan? Atau justru memperlihatkan adanya ketimpangan yang semakin nyata? Menurut filsuf politik John Rawls, keadilan sosial seharusnya menjadi prioritas dalam setiap keputusan yang diambil oleh negara, termasuk dalam hal bagaimana cara merayakan kemerdekaan. Puisi ini mengajak kita untuk merenungkan kembali esensi dari kemerdekaan, dan bagaimana kita seharusnya memaknainya dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kebanggaan sebagai bangsa itu perlu. Tapi perlu ditempatkan pada porsi dan tempat yang tepat sehingga tidak "mencekik" leher kita sendiri kala adagium lebih besar pasak daripada tiang menjadi nyata berkaitan dengan anggaran. Alangkah lebih bijak, dana puluhan miliaran diinvestasikan pada dunia pendidikan dengan lebih memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik di segala lapisan dan jenjang. Bukan semata-mata soal numerasi gaji, tetapi soal kehadiran negara terhadap seluruh mata rantai pencerdasan bangsa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H