Setiap kali kenaikan kelas atau kelulusan siswa, selalu ada guru yang pergi entah mendapatkan tempat tugas baru maupun pekerjaan lain dengan gaji yang lebih menjanjikan.Â
Nasib anak didik pun sama. Setiap semester atau setiap tahun akan mengalami perubahan cara mengajar dan cara pendekatan dari guru meski kurikulum yang dipakai sama.
Kasus perpindahan guru semacam ini paling banyak terjadi di sekolah swasta. Selama saya ikut mengajar di sebuah sekolah swasta, saya menyaksikan sudah empat guru yang mengundurkan diri bahkan ketika semester masih berjalan.
Apa yang semestinya dilakukan pemerintah agar bisa membantu yayasan dalam menjamin hak hidup gurunya sehingga mereka tidak berpaling ke lain sekolah atau lain pekerjaan?
. . .
Perpindahan ini menyebabkan perubahan dalam metode pengajaran dan pendekatan kepada siswa, meskipun kurikulum yang digunakan tetap sama. Perpindahan guru yang sering terjadi di sekolah swasta ini menimbulkan beberapa tantangan bagi kontinuitas dan konsistensi dalam proses pendidikan teutama kepada anak didik.
Pertama, masalah ini mencerminkan ketidakstabilan dalam tenaga pengajar di sekolah-sekolah swasta. Guru-guru yang pindah mengakibatkan siswa harus beradaptasi dengan gaya mengajar dan pendekatan baru, yang bisa mengganggu proses belajar mereka.Â
Kontinuitas dalam pengajaran adalah aspek penting untuk perkembangan akademis dan emosional siswa. Pemerintah perlu memahami bahwa kestabilan tenaga pengajar adalah kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Kedua, untuk mengatasi masalah ini, pemerintah dapat mengadopsi kebijakan yang memberikan insentif dan dukungan kepada guru-guru yang bekerja di sekolah swasta. Karena tugas mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya mereka yang bekerja di lembaga-lembaga pendidikan pemerintah (negeri) tetapi juga di sekolah swasta.Â
Sehingga insentif pun berlaku sama baik swasta maupun negeri (terutama para guru honorer/relawan yang belum mengikuti sertifikasi). Insentif tersebut bisa berupa peningkatan gaji, tunjangan kesehatan, dan program pengembangan profesional yang berkelanjutan.Â