Ekonomi berbasis kreativitas, seni dan usaha sangat terkait. Keduanya menciptakan peluang baru, mendorong penemuan, dan menaikkan nilai ekonomi dan sosial. kini ini berkembangnya industri kreatif ketika semakin dilihat sebagai komponen krusial dari ekonomi. Dahulunya seni serta usaha seringkali dianggap sebagai perbedaan. Tetapi ketika ini sehabis berkembangnya zaman keduanya saling berinteraksi secara erat, yang dapat menghasilkan sinergi yg dapat memiliki potensi menjadi penggerak perekonomian. dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana sistem ekonomi yang berpusat kepada kreativitas, nantinya akan bisa menghubungkan seni dan bisnis, serta nantinya akan memberikan isu dan dampak positif dan informasi kepada rakyat dan ekonomi secara menyeluruh.
Pemahaman Sistem Ekonomi Berbasis Kreativitas
Sistem ekonomi kreatif yang berbasis kreativitas mencakup majemuk bidang seni diantaranya : seni rupa, musik, film, teater serta desain yg berbasis sistem ekonomi kreatif berbasis kreativitas. Hal ini mengutamakan khayalan, aktualisasi diri, dan  inovasi sebagai asal aset primer. Tentunya sektor ini tidak selaras, tetapi saling membutuhkan serta berafiliasi satu sama lain, dan  memberikan donasi pada ekonomi dengan cara yang berbeda. Salah satu cirikhasnya pada hal ini adalah adanya kolaborasi antara banyak sekali pihak, termasuk artis, pengusaha, serta pemerintah, yang kemungkinan akan membantu di dalam hal ini. Ekonomi kreatif menaikkan daya saing di pasar global serta mendorong penciptaan lapangan kerja baru, yang merupakan komponen krusial dari ekosistem yang mendukung inovasi dan  pertumbuhan. Dengan memahami secara menyeluruh sistem ekonomi yang berpusat pada kreativitas, kita dapat memaksimalkan potensi sektor ini untuk memperkuat identitas budaya bangsa dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Ekonomi kreatif dapat memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi di masa depan jika didukung oleh kebijakan yang tepat dan pengembangan infrastruktur yang memadai.
Hubungan Seni dan Bisnis di dalam Sistem Ekonomi Berbasis Kreativitas
Proses kreatif
Proses kreatif adalah sebuah proses yang dilakukan oleh pelaku seni untuk menuangkan ide dan imajinasinya menjadi sebuah karya seni seperti fil, seni rupa, musik, teather dan lainnya. Dalam proses kreatif agar dapat menciptakan suatu desain, model, film, atau musik yang baru, para pengusaha industri kreatif tentunya memerlukan sebuah keadaan yang sedemikian rupa, sehingga nantinya akan keluar ide baru yang berasal dari perasaan seorang seniman. dalam proses ini diperlukan keadaan yang ideal, tentunya sangat tergantung pada faktor mood, dan ketenangan, dibutuhkan sebuah cita rasa dan kepekaan buat dapat menuangkan ide baru tersebut. Â Dalam industri kreatif semua pelakunya bukan hanya merupakan orang-orang yang sejak awal adalah orang yang paham akan seni dan keindahan, tetapi pemula juga bisa melakukannya dengan syarat harus konsisten dan mau mempelajarinya. Dalam proses kreatif ini pelaku seni nantinya dapat memasarkan karya karya seninya di berbagai event dan perlombaan bahkan bisa dijadikan sebagai komersial atau bisnis.
Kolaborasi seniman dan pelaku bisnis
Salah satu cara yang paling efektif buat hubungan antara seni serta bisnis adalah kolaborasi antara seniman atau pelaku seni dengan pelaku usaha atau pebisnis, hal ini bisa memudahkan pelaku seni buat memasarkan karya-karya seninya pada pasar nasional maupun internasional. Hubungan ini merupakan hubungan mutualisme yang dimana mereka saling menguntungkan satu sama lain. Pelaku seni atau seniman dapat memperkenalkan karyanya baik itu film, musik, seni rupa, serta lainnya pada masyarakat serta orang yang berpengalaman sebagai pebisnis sehingga nantinya akan mendapatkan penghasilan dari pemasaran tersebut. Sama halnya dengan seniman, pelaku bisnis juga akan mendapatkan keuntungannya yang berasal dari seni yang dipasarkan. Kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan daya tarik produk, tetapi juga menciptakan pengalaman yang mendalam bagi para konsumen.
Dampak Adanya Hubungan Seni dan Bisnis
Menciptakan lapangan kerja
Dengan adanya kerja sama seniman dengan pelaku bisnis tentunya akan menciptakan lapangan kerja bagi masyrakat sekitar atau bagi pemuda pemuda yang memiliki bakat kreatif. Misalnya dari seniman hingga produsen, akan banyak profesi baru muncul sebagai hasil dari kolaborasi  pelaku seni dengan pelaku bisnis. Pekerjaan di kreatif sering kali lebih fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuan individu, yang memberikan peluang kepada banyak orang untuk terlibat dalam ekonomi.
Pengambangan pariwisata
Industri kreatif tentunya juga berkontribusi kepada pengembangan pariwisata. Kegiatan seni, seperti teater, musik daerah, film dokumenter , pameran, dan konser dapat menarik wisatawan dan tentunya memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. Dalam hal ini nantinya suatu daerah lokal akan dikenal dengan kekayaan, seni, dan budaya yang akan menjadi tujuan wisata utama, sehingga akan menciptakan peluang ekonomi yang lebih besar bagi masyarakat setempat.
Tantangan
Dalam pengembagan industri kreatif Indonesia pasti akan menghadapi tantangan, pastinya ada beberapa tantangan yang akan dihadapinya, salah satunya adalah kurangnya dukungan dari pemerintah dalam hal pendanaan dan infrastrutur. Banyak seniman kesulitan untuk mendapatkan akses sumber daya yang di perlukan untuk mengembangkan karyanya. Selain itu persaingan yang ketat juga menjadi hambatan bagi pelaku seni. Mereka harus lebih kreatif dan berinovasi sehingga nantinya dapat menyesuaikan diri dengan perubahan tren agar tetap relavan di mata konsumen.
Solusi
Tentunya dalam menghaapi tantangan tersebut kita membutuhkan dukungan pemerintah dalam hal pendanaan dan infrastruktur, serta persaingan yang ketat, memerlukan pendekatan yang strategis dan kolaboratif. Pemerintah harus memperkuat peranannya dengan membuat program pendanaan lebih mudah diakses. Selain itu, pembangunan pusat inovasi dan ruang kreatif harus menjadi prioritas utama.
Kesimpulan
Sistem ekonomi berbasis kreativitas Sistem ekonomi berbasis kreativitas memiliki potensi besar untuk menghubungkan seni dan bisnis, menciptakan ruangan yang saling menguntungkan. Dengan kolaborasi yang tepat antara seniman dan pelaku bisnis. Dengan memahami seni dapat membantu mengasa kreativitas dn dapat mengembangkan ide ide baru. Hal tersebut sesuai dengan industri kreatif yang tujuannya adalah menciptakan produk-produk kreatif yang baru. Ketrampilan dalam seni memiliki banyak kegunaan dan merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh para wirausaha industri kreatif.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI