Mohon tunggu...
Alfin Jauharoh
Alfin Jauharoh Mohon Tunggu... Mahasiswa - universitas negeri sunan ampel surabaya

saya anak dari dua bersaudara hobi saya membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Model Evaluasi Pembelajaran di TK Zainuddin Sidoarjo

27 Desember 2022   11:52 Diperbarui: 27 Desember 2022   12:04 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

pasti kalian sudah tidak asing ketika mendengar kata evaluasi kan?

Nah Evaluasi adalah suatu kegiatan mengumpulkan informasi mengenai kinerja sesuatu (metode, manusia, peralatan), dimana informasi tersebut akan dipakai untuk menentukan alternatif terbaik dalam membuat keputusan.

Evaluasi merupakan pengukuran atau perbaikan dalam suatu kegiatan yang dilaksanakan, seperti membandingkan hasil-hasil kegiatan yang telah direncanakan. Dari situlah tujuan evaluasi tersebut, agar rencana-rencana yang telah dibuat dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan dapat terselenggarakan. Dapat diartikan juga bahwa hasil evaluasi itu sendiri dimaksudkan untuk perencanaan kembali lalu berfungsi sebagai administrasi dan fungsi manajemen yang terakhir yaitu mengkombinasikan dan mengumpulkan data dengan standar yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

Model evaluasi adalah suatu model desain evaluasi yang dibuat oleh ahli-ahli atau pakar-pakar evaluasi yang biasanya dinamakan sama dengan pembuatnya atau tahap pembuatannya (Taypnapis, 1989 : 10). Model-model ini dianggap model standar atau dapat dikatakan merek standar dari pembuatnya.

salah satu sekolah yang dapat diwawancarai yakni Taman kanak-kanak Zainuddin Sidoarjo. Dengan alasan melakukan evaluasi wawancara di tk zainuddin ini untuk mengetahui bagaimana mengelola kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki peserta didik, ketepatan metode yang digunakan, dan keberhasilan peserta didik dalam meraih kompetensi yang telah ditetapkan.

Tujuan wawancara ini adalah untuk memperoleh informasi secara langsung di tk zainuddin guna memperoleh penjelasan dari suatu hal atau situasi dan kondisi tertentu di sekolah dan untuk memperoleh data yang benar di tk tersebut.

Jenis"  evaluasi  pada pembelajaran anak usia dini ada berbagai macam , di antaranya pengamatan (observasi), wawancara, sosiometri, catatan anekdot, pemeriksaan medis, portofolio , unjuk kerja, kunjungan rumah, penugasan,

Dari jenis evaluasi di atas ada beberapa yang di implementasikan langsung di sekolah zainuddin seperti:

1. Observasi

Evaluasi ini di lakukan oleh guru dengan mengamati peserta didik untuk mendapat informasi terkait perkembangan dan masalah pada anak jadi pada observasi ini juga masuk kedalam penilaian

2. Wawancara

Wawancara di lakukan oleh guru untuk menggali informasi tentang perkembangan dan permasalahan pada anak, intinya dengan melakukan pertanyaan kepada anak dan juga wali murid sehingga guru dapat mengetahui terkait infomasi dari peserta didik

3. Catatan anekdot

Evaluasi ini adalah catatan yang dimiliki oleh guru dengan mengamati berbagai peristiwa, jadi setiap guru memiliki catatan sendiri terkait kenakalan, peristiwa unik pada setiap anak sehingga guru mengetahui perkembangan dan juga proses belajar dari anak

4. Unjuk kerja

Bentuk kerja disini dapat di contohkan seperti memberikan tampilan seperti bernyanyi, menari, ketika di tunjuk untuk berhitung anak didik sanggup untuk menjawab , pada intinya unjuk kerja proses anak didik dapat menunjukan kemampuannya

5. Kunjungan rumah / home visit

Kegiatan ini merupakan kunjungan guru kepada rumah anak didik dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan dan juga perkembangan anak di luar sekolah sehingga guru dapat memberikan bimbingan sesuai permasalahan anak

salah satu kegiatan yang unik di tk ini guru memberikan tugas kepada anak didik untuk menyanyikan lagu daerah , anak didik dengan percaya diri bernyanyi lagu daerah , dan bentuk evaluasinya tergantung dari rasa percaya diri dan juga kemauan anak untuk bernyanyi biasanya menggunakan teknik evaluasi portofolio

kegaitan anak tk zainuddin pada hari senin upacara bendera dan hafalan doa, selasa surat-surat bendea, rabu hafalan bacaan sholat, kamis musik, jumat olah raga.

evalausi yang tidak diterapkan yakni evaluasi sosiometri karena penialain sikap anak lebih lebih terlihat dan mudah dengan evalausi observasi pada saat kegiatan anak disekolah.

jadi hasil wawancara yang dilakukan di TK Zainuddin Sidoarjo evaluasi yang diterpakan adalah observasi, wawancara, cacatan anekdot, unjuk kerja, kunjungan rumah, dan portofolio. penilaian portofolio ini sangat direkomendasikan pada jenjang tk dengan hasil karya setiap anak yang diberikan setiap minggu untuk hasil karya anak dibawa pulang kerumah untuk laporan kepada orang tua sehingga orang tua juga tau perkembangan anak disekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun