Mohon tunggu...
Alfina muhayah
Alfina muhayah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar sekolah

Apa yang disampaikan, semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sembuh Tidak Datang dengan Sendirinya melalui Novel " Yang Belum Usai " Karya Pijar Psikologi

7 Maret 2024   09:34 Diperbarui: 7 Maret 2024   09:56 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setiap orang pasti mempunyai masalahnya masing-masing. Dengan perkataan dan tindakan yang tidak mengenakkan dan menyakitkan pasti seseorang akan merasa tersakiti dan juga merasakan trauma yang mendalam akan hal-hal yang telah diterimanya.

Luka batin berbeda dengan luka fisik yang jelas wujudnya. Saat ini, beberapa orang pasti berpikiran bahwa luka batin itu akan sembuh sendiri seiring dengan berjalannya waktu. Begitu pula dengan trauma yang dimiliki seseorang, yang akan hilang jika dibiarkan begitu saja. Namun, semua pandangan itu salah. 

Melalui novel " Yang Belum Usai " kita bisa memulai untuk memahami diri sendiri dengan memberi cinta kasih kepada diri sendiri. Seperti yang tertulis didalam novel yang belum usai ini, penulis mengajak masyarakat untuk merawat dan menyembuhkan diri dari luka batin yang dialaminya.  

Meski sulit untuk menerimanya, tapi pelan-pelan kita mulai menyadari bahwa hal pertama yang kita terima adalah diri sendiri. Kita mulai menyadari berapa pentingnya menerima dan mencintai diri sendiri untuk penyembuhan luka batin ini. Bahwa ketika sedang merasa senang ataupun sedih hanya diri kita yg selalu peduli .

"semoga saya bahagia"

"semoga saya damai"

"semoga saya bebas dari penderitaan yang berkepanjangan"

"semoga saya sehat jiwa dan raganya"

"semoga saya tumbuh bebas menjadi bijaksana"

"semoga saya kaya"

"saya pantas bahagia"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun