Sistem pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada tantangan baru yang disebabkan oleh adanya virus Covid-19, yang mengakibatkan sistem pembelajaran di sekolah maupun perguruan tinggi beralih menjadi metode pembelajaran online atau dalam jaringan (daring). Hambatan dalam proses pembelajaran mengakibatkan terjadinya beberapa perubahan terhadap peserta didik yang tentunya berpengaruh terhadap motivasi belajar yang mereka miliki. Maka dari itu, peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah terutama terhadap minat belajar, selain itu juga sulit memahami materi belajar secara online atau daring. Dengan adanya pembelajaran daring atau online peserta didik dapat mengikuti pelajaran agar tidak tertinggal materi pembelajaran selama pandemi berlangsung dengan tujuan agar proses pembelajaran tetap berjalan meskipun harus dilakukan di rumah masing-masing.
Situasi ini tentu berdampak pada kualitas pembelajaran, baik terhadap siswa maupun  guru yang sebelumnya berlangsung di dalam ruang kelas sekarang harus beralih dalam ruang virtual yang memiliki keterbatasan. Guru tidak hanya dituntut memberikan pendidikan dan pengajaran yang baik, namun juga harus menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dan secara kreatif serta inovatif dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat memahami materi pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran.Â
Selain itu, motivasi belajar siswa juga berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran. Sedangkan ada beberapa siswa mengeluh dan sangat kesulitan karena tidak semua anak memiliki sarana pembelajaran seperti  handphone atau laptop sebagai di masa pandemi.  Sedangkan guru tidak hanya dituntut untuk dapat mengusai teknologi sebagai sarana pembelajaran tetapi guru juga harus mempunya trik atau teknik dalam membangkitan semangat minat belajar siswa disaat pembelajaran berlangsung.
Guru harus berusaha semampu mungkin dalam keberlangsungan pembelajaran secara daring agar hasil belajar dapat tercapai sesuai yang diharapkan. Selain itu guru harus memberi dorongan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal dan juga guru tetap berkomunikasi dengan peserta didik secara baik supaya hasil belajar dapat berlangsung efektif dan kondusif.Â
Guru juga harus mengajarkan sikap  atau bahasa baik supaya peserta didik tidak berkata tidak sopan selama pembelajaran berlangsung di dalam kelas virtual atau daring. Dalam pembelajaran daring berlangsung  ada beberapa menimbulkan berbagai persoalan di kalangan peserta didik yang menyangkut motivasi peserta didik khususnya dalam motivasi belajar yang semakin menurun karena bermacam keterbatasan, baik secara teknis atau metode belajar karena guru dan siswa tidak saling bertemu secara langsung. Maka disitulah peserta didik kesulitan memahami materi belajar yang disampaikan oleh guru.Â
Cara atau metode untuk meningkatkan motivasi peserta didik selama pandemi yaitu dengan metode pembelajaran dengan minat dan kondisi siswa, pada saat pandemi sekarang ini proses belajar mengajar juga harus tetap dilaksanakan dengan mengacu kepada minat dan situasi siswa, tidak boleh disamakan antara fasilitas dan akses belajar yang dimiliki oleh siswa di setiap daerahnya.
Guru sangat penting bersikap bijak menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada tanpa mengabaikan target kurikulum. Guru juga fasilitator peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar, karena itu sebagai seorang guru harus terus melakukan peningkatan kualitasnya untuk mengajar peserta didik agar peserta didik tersebut paham apa yang guru sampaikan kepada peserta didik. Metode pembelajaran yang dipandang tepat digunakan di masa pandemi adalah metode ceramah dan metode tanya jawab melalui pembelajaran daring sehingga siswa akan lebih memahami materi saat pembelajaran daring tersebut.Â
Selain metode tersebut, guru juga dapat menggunakan metode pembelajaran yang unik dan menarik seperti metode pembelajaran berbasis permainan agar siswa tidak cepat bosan selama mengikuti proses pembelajaran daring.  Sebab jika guru tidak mempunyai teknik untuk membangkitkan semangat siswa maka hasil belajar siswa bisa menurun drastis, bukan saja hasil belajar bisa menurun tetapi keaktifan siswa juga akan  menurun. Menciptakan pembelajaran yang baik sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar yang siswa miliki, guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan walaupun pembelajaran dilakukan secara daring atau jarak jauh.
Dalam memanfaatkan media pembelajaran akan lebih terbantu atau lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran yang akan disampaikan selama masa pandemi. Seorang guru juga harus memberi aspirasi terhadap peserta didik agar peserta didik dapat meningkatkan minat atau motivasi dalam pembelajaran daring supaya peserta didik tidak mudah jenuh dan semangat dalam mengikuti belajar daring berlangsung dan hasil belajar dapat berjalan dengan baik. Motivasi belajar memiliki peran yang sangatlah penting bagi menumbuhkan rasa senang dan semangat belajar untuk peserta didik di masa pandemi. Kurangnya motivasi belajar pada pembelajaran daring atau online dapat dilihat dari kurang aktifnya peserta didik dalam penerimaan materi dan penyampaian pendapat atau hasil pemikirannya sehingga mengakibatkan proses pembelajaran menjadi sangat membosankan, ditambah dengan adanya pandemi covid 19 sekarang ini.
Guru harus menambah kemampuan atau meningkatkan kualitas pembelajarannya ketika proses pembelajaran online, guru merupakan faktor penentu keberhasilan proses pembelajaran daring atau online. Karena Motivasi belajar memiliki peran yang sangatlah penting bagi menumbuhkan rasa senang dan semangat untuk peserta didik belajar di masa pandemi. Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang menjadi pendorong dan penggerak bagi seseorang untuk belajar atau mempelajari sesuatu. Dengan adanya media pembelajaran, Â peserta didik mampu meningkatkan minat atau motivasi dalam belajar agar mereka tidak jenuh dalam proses belajar daring.
Guru harus sering melibatkan siswa dalam pembelajaran agar siswa secara aktif juga ikut memberi pendapatnya dan menyampaikan kesulitan dalam belajarnya supaya motivasinya bangkit kembali, agar selama pembelajaran siswa tidak ada kendala atau kesulitan dalam menerima pembelajaran. Guru harus memanfaatkan fasilitas dalam pembelajaran secara maksimal. Dalam proses pembelajaran, pemanfaatan fasilitas belajar yang baik dapat meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran daring atau online. Pembelajaran daring juga memerlukan fasilitas yang menunjang pembelajaran seperti internet, dari internet juga mampu mempersulit orang tua peserta didik karena orang tua harus mampu memenuhi kebutuhan peserta didik seperti internet yang harus di penuhi selama masa pandemi.
Wali murid atau orang tua harus memantau penggunaan akses internet yang digunakan siswa, karena sebagian siswa menggunakan akses internet di luar jam pembelajaran daring sangat lama atau boros maka dari itu akses internet cepat habis diwaktu yang singkat. Selain itu kendala mengenai akses internet seperti harga kuota yang mahal ataupun akses jaringan yang lambat. Tetapi orang tua atau wali murid akan berusaha memenuhi kebutuhan anaknya supaya anak tetap semangat mengikuti pembelajaran, akan tetapi peran guru juga sangat berat karena harus berpikir mengenai situsai belajar daring selama masa pandemi dengan menggunakan metode dan teknologi agar siswa tidak kesulitan dalam materi pembelajaran jarak jauh. Guru juga harus sering memberi apresiasi berbentuk pujian atau pemberian nilai bonus kepada siswa yang sering semangat atau menjawab pertanyaan guru, agar siswa yang kurang bermotivasi dapat bersemangat kembali mengikuti pembelajaran sampai pembelajaran berakhir.
Alfina Laili, Jembrana, Bali
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H