Mohon tunggu...
Alfin Najid
Alfin Najid Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN SMH Banten

Alfin Najid - 191410051

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Pemasaran

21 Desember 2021   17:23 Diperbarui: 26 Desember 2021   22:54 412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Artikel ini di buat sebagai Tugas UAS Manajemen Pemasaran Syariah dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM . *Selamat Membaca dan Semoga bermanfaat*

Strategi pemasaran sekarang ini banyak dipakai oleh kebanyakan perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar.Tujuannya adalah agar  memiliki daya saing dan juga daya jual yang beragam di pasaran.Di zaman sekarang perusahaan barang maupun jasa menggunakan strategi pemasaran guna menghadapi persaingan pasar dan juga sebagai upaya untuk memasarkan produk atau jasa dengan baik dan strategis.Dengan upaya tersebut nantinya akan membuat produk atau jasa yang di pasarkan menjadi menarik dan menambah minat pelanggan.Di bawah ini ada beberapa poin strategi pemasaran

Strategi Marketing

   Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh,terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Dengan kata lain, strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran.Hal yang paling mendasar dan  tentunya diperlukan dalam strategi pemasaran adalah bagaimana cara dan upaya untuk menarik minat calon konsumen agar mau berbelanja,mempertahankan konsumennya ataupun menambah jumlah konsumen di tempat tersebut dengan melakukan kegiatan promosi dan memberikan pelayanan terbaik untuk menarik dan mempertahankan konsumennya.Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan produk baik berbentuk barang atau jasa melalui penggunaan rencana dan model strategis tertentu, untuk meningkatkan penjualan.

    Secara umum ada empat tujuan strategi pemasaran, yaitu :

1. Meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran

2. Sebagai alat atau metode pengulir hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah diterapkan.

3. Sebagai dasar logis dalam mengambil atau pengambilan keputusan pemasaran.

4. Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Tujuan Perusahaan

      Tujuan perusahaan adalah sesuatu yang akan dicapai atau yang akan di hasilkan perusahaan yang bersangkutan bagi para pemegang saham.Tujuan memproduksi atau memasarkan suatu produk,baik perusahaan dagang ataupun perusahaan jasa selalu berpatokan kepada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut.Penentuan sasaran perusahaan sangat penting untuk diketahui sehingga dapat target yang akan di capai.jika tujuan perusahaan sudah diketahui,maka dapatlah di susun strategi pemasaran yang akan di jalankan untuk mencapai tujuan tersebut.Dan strateginya dapat berupa jangka pendek,menengah ataupun jangka panjang harus sesuai dengan rencana yang telah di susun.Tujuan perusahaan untuk memproduksi atau memasarkan produknya dapat di kategorikan sebagai berikut :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun