Mohon tunggu...
Alfian Syaifudin Fadli
Alfian Syaifudin Fadli Mohon Tunggu... Mahasiswa - Desainer, Mahasiswa

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga 21107030011

Selanjutnya

Tutup

Trip

10 Hal Unik tentang Menara Eiffel yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

1 Juni 2022   22:36 Diperbarui: 2 Juni 2022   08:47 2807
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Haii sobat Kompasiana..

Mendengar kata Paris pasti langsung terbesit menara indah Eiffel. Berbicara tentang Menara Eiffel pasti kebanyakan orang sangat ingin mengunjunginya karena keindahan dan sebagian orang menganggap Paris adalah Kota cinta. Hal ini juga menjadi alasan mengapa sangat banyak orang yang penasaran dan ingin mengunjungi Menara Eiffel. Nah biar nggak penasaran lagi, aku kasih info unik tentang Menara Eiffel nih.

1. Menara Eiffel dulunya berwarna kuning

Di Paris yang modis, bahkan Menara Eiffel harus mengikuti tren gaya. Selama beberapa dekade, "Wanita Besi" telah mengubah penampilannya dengan aplikasi warna cat. Ketika dibuka pada tahun 1889, Menara Eiffel memiliki warna coklat kemerahan. Satu dekade kemudian, Menara Eiffel dilapisi dengan cat kuning. Menara ini juga berwarna kuning-cokelat dan cokelat kastanye sebelum diadopsinya "Eiffel Tower Brown" campuran khusus saat ini pada tahun 1968. Setiap tujuh tahun, pelukis menerapkan 60 ton cat ke menara untuk membuatnya tampak muda. Menara ini dicat dalam tiga warna, semakin tinggi warna yang digunakan semakin terang, hal ini untuk menambah siluet struktur terhadap kanvas langit Paris.

2. Dibangun untuk merayakan seratus tahun Revolusi Prancis

Penyelenggara Exposition Universelle 1889, yang memperingati 100 tahun jatuhnya Bastille dan peluncuran Revolusi Prancis, menggelar kompetisi terbuka untuk merancang pusat spektakuler pameran dunia mereka. Dari 107 proposal, mereka memilih desain yang diajukan oleh Eiffel bersama dengan arsitek Stephen Sauvestre dan insinyur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier.

3. Selama empat dekade itu adalah struktur tertinggi di dunia

Pada ketinggian 986 kaki, Menara Eiffel hampir dua kali lipat ketinggian struktur tertinggi sebelumnya di dunia — Monumen Washington setinggi 555 kaki — ketika dibuka pada tahun 1889. Ketinggian Eiffel tidak dilampaui sampai selesainya pembangunan Gedung Chrysler setinggi 1.046 kaki di New York pada tahun 1930. Meskipun Menara Eiffel melampaui ketinggian Gedung Chrysler dengan penambahan antena pada tahun 1957, Menara Eiffel masih tertinggal di oleh gedung pencakar langit lainnya, yaitu Gedung Empire State.

4. Menara Eiffel pernah menjadi papan iklan terbesar di dunia

Ketika senja jatuh di Paris antara tahun 1925 dan 1936, seperempat juta bohlam berwarna yang dipasang di tiga sisi menara menyala untuk membentuk huruf vertikal 100 kaki dari perusahaan mobil Prancis Citroën. Iklan itu menyala begitu terang sehingga terlihat dari hampir 20 mil jauhnya, dan Charles Lindbergh juga menggunakannya sebagai suar ketika dia mendarat di Paris dengan penerbangan solo trans-Atlantiknya pada tahun 1927.

5. Gustave Eiffel mendesain bagian dari landmark terkenal lainnya

Ketika perancang awal elemen interior Patung Liberty meninggal mendadak pada tahun 1879, pematung Prancis Frederic-Auguste Bartholdi menyewa Eiffel sebagai penggantinya. Sudah terkenal sebagai insinyur struktural dan perancang jembatan kereta api, Eiffel merancang sistem pendukung kerangka tempat kulit tembaga patung itu ditempelkan. (Hari ini, model skala Patung Liberty berdiri di sebuah pulau di Sungai Seine di bawah bayangan Menara Eiffel.)

Sumber : Freepik
Sumber : Freepik

6. Seniman Paris mengajukan petisi menentang struktur "mengerikan"

Meskipun sekarang menjadi simbol romansa di seluruh dunia, desain radikal Menara Eiffel mengilhami apa pun kecuali cinta di hati 300 seniman dan intelektual terkemuka Paris yang menandatangani manifesto berikut yang dimuat di surat kabar Le Temps pada Hari Valentine tahun 1887: “Kami, penulis, pelukis, pematung, arsitek, pecinta keindahan yang penuh gairah, sampai sekarang utuh, dari Paris, dengan ini memprotes dengan sekuat tenaga, dengan segala kemarahan kami, atas nama selera Prancis yang tidak diakui, atas nama seni dan sejarah Prancis di bawah ancaman, terhadap pembangunan, di jantung ibu kota kita, Menara Eiffel yang tidak berguna dan mengerikan.” Screed bahkan mengatakan bahwa "cerobong asap pabrik hitam raksasa" sangat dibenci sehingga "bahkan Amerika yang berpikiran komersial tidak menginginkannya".

7. Radio menyelamatkan Menara Eiffel dari kehancuran

Sejak Eiffel membayar 80 persen dari biaya konstruksi menara, ia diizinkan untuk memiliki struktur tersebut selama 20 tahun untuk menutup investasinya sebelum diserahkan ke tangan pemerintah Paris, yang berencana untuk membongkarnya menjadi besi tua. Mencari cara untuk membuktikan utilitas strategis struktur dalam upaya untuk menyelamatkannya, Eiffel mendirikan antena di atas menara dan membiayai eksperimen dengan telegrafi nirkabel yang dimulai pada tahun 1898. Nilai menara dalam mengirim dan menerima pesan nirkabel, terutama untuk Prancis militer, menyebabkan kota untuk memperbaharui konsesi Eiffel pada akhir tahun 1909. Hari ini, lebih dari 100 antena di radio balok menara dan siaran televisi di seluruh dunia.

8. Menara Eiffel berkontribusi pada penangkapan Mata Hari/Margaretha Geertruida MacLeod

Selama Perang Dunia I, militer Prancis menggunakan stasiun nirkabel menara untuk mencegat pesan musuh dari Berlin. Pada tahun 1914, Prancis mampu mengatur serangan balik selama Pertempuran Marne setelah diam-diam mengetahui bahwa Angkatan Darat Jerman menghentikan kemajuannya. Tiga tahun kemudian, stasiun di puncak Menara Eiffel mencegat pesan berkode antara Jerman dan Spanyol yang menawarkan rincian tentang "Operatif H-21." Berdasarkan sebagian dari pesan ini, Prancis menangkap, menghukum, dan mengeksekusi mata-mata legendaris Mata Hari karena memata-matai Jerman.

9. Menara ini memiliki laboratorium ilmiah

Eiffel mengukir nama 72 ilmuwan negara itu di galeri tingkat pertama menara, dan di atas struktur itu ia memasang laboratorium yang digunakan oleh dirinya sendiri dan ilmuwan Prancis untuk mempelajari astronomi, meteorologi, aerodinamika, dan fisiologi, serta eksperimen uji seperti Foucault's Pendulum . Pada tahun 1909 Eiffel memasang terowongan angin aerodinamis di dasar menara untuk melakukan ribuan tes, termasuk yang dilakukan pada pesawat terbang Wright Brothers dan mobil Porsche.

10. Para pemberani telah mati saat mencoba melakukan aksi udara di menara

Menggunakan segala sesuatu mulai dari parasut hingga tali bungee, para petualang selama beberapa dekade telah menggunakan menara untuk melakukan aksi berani. Namun, tidak semua pencari sensasi menantang kematian. Pada tahun 1912, penjahit Prancis Franz Reichelt berusaha terbang dari lantai pertama menara dengan setelan parasut pegas tetapi malah jatuh 187 kaki ke tanah. Empat belas tahun kemudian, penerbang Leon Collot terbunuh saat mencoba menerbangkan pesawatnya di bawah rentang menara ketika terjerat di udara dari stasiun nirkabel dan jatuh dalam bola api.

Gimana sobat Kompasiana? Selain strukturnya yang indah ternyata Menara Eiffel memiliki sejarah yang unik juga ya sobat. Tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa ajak pasanganmu sekalian ya, jangan sampai jalan-jalan ke Paris hanya sendirian, kan kurang afdol hehehehe..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun