Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Insinyur - Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Saya orang teknik yang cinta dengan dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Mengapa Perlu Melakukan Perawatan Spooring dan Balancing secara Rutin?

16 Juni 2021   08:22 Diperbarui: 19 Juni 2021   10:27 1398
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustasi spooring ban mobil. Sumber: Kompas.com

Keamanan merupakan hal yang utama dalam kita berkendara. Keamanan tentu saja merupakan hal yang takbisa ditawar-tawar. Lalu ada hal kedua yang juga penting, yakni kenyamanan.

Berbicara mengenai keamanan dan kenyamanan, salah satu aspek yang wajib diperhatikan bagi para pengendara mobil adalah ban. Anda tahu, banyak kejadian kecelakaan karena faktor kaki-kaki mobil yang bermasalah. Kaki-kaki mobil sangat terkait erat dengan problem spooring dan balancing. 

Bagi pemilik mobil rasanya kedua istilah tersebut sudah tidak asing lagi. Tetapi mungkin ada yang tidak benar-benar memahami apa itu spooring dan balancing. Utamanya bagi pemilik kaum wanita yang umumnya hanya ingin tahu beres. Wajar sih karena otomotif biasanya jadi porsi para pria.

Apa itu spooring dan balancing?

Maka sedikit saja saya singgung kembali lagi apa yang dimaksud spooring dan balancing. Spooring adalah kondisi ketika setir dan ban tidak selaras arahnya. Sudut antara setir dan ban tidak sama sehingga seringkali membuat laju mobil tidak stabil dan mudah berubah arah. 

Paling gampang anda bisa cek saat di trek lurus, setir dalam kondisi lurus namun mobil terasa condong semakin ke kanan atau ke kiri. Spooring dilakukan dengan cara mengatur wheel alignment. Prosesnya dengan menyetel kembali sudut camber dan sudut Caster.

Lalu apa itu balancing? Balancing adalah penyesuaian lingkar ban untuk menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda kendaraan anda. Sederhananya, menjaga supaya antara ban kanan maupun kiri tetap seimbang. 

Melalui mesin balancing, nanti akan terlihat titik mana yang tidak seimbang. Indikasi paling mudahnya adalah ketika anda merasa setir anda berat, maka itu adalah tanda bahwa anda harus segera melakukan balancing. 

Selain itu, gejala yang umum timbul ketika ban tidak balance adalah timbulnya getaran did alam kabin. Getaran ini tentu saja membuat pengemudi dan penumpang menjadi kurang nyaman.

Proses spooring ban kendaraan. Gambar: kompas.com
Proses spooring ban kendaraan. Gambar: kompas.com

Apa pentingnya spooring dan balancing?

Dari kedua penjelasan singkat diatas, anda mungkin sudah mengetahui alasan pentingnya melakukan spooring dan balancing. Juga mengapa kedua hal tersebut berkaitan dengan aspek safety. Spooring dan balancing pada intinya mengembalikan settingan kaki-kaki mobil pada kondisi awal seperti dari pabrikan.

Potensi gangguan yang mungkin muncul ketika tidak melakukan perawatan spooring dan balancing adalah:

1. Setir dan ban bermasalah

Gangguan yang umum muncul adalah timbulnya getaran. Kemudian berkendara menjadi terasa kurang stabil. Arah mobil cenderung semakin ke kanan atau ke kiri.

2. Keausan ban tidak rata

Karena kondisi ban yang tidak seimbang (balancing) serta posisi setir dan ban sudutnya tidak sama (spooring), memungkinkan keausan ban menjadi tidak rata. Kondisi ini jelas dapat memperpendek usia ban.

3. Kondisi geometri pada kaki-kaki mobil semakin lama semakin berubah

Perubahan ini menyebabkan ban terlihat miring saat parkir. Bila mobil dipakai untuk jalan jelas akan berpengaruh pada kenyamanan berkendara.

Spooring dan balancing dapat dilakukan di bengkel-bengkel resmi mobil. Juga dapat dilakukan di toko-toko ban yang tersedia di kota anda. Karena memang perlu mesin khusus, maka perawatan ini tidak bisa dilakukan di rumah. 

Perawatan kaki-kaki mobil ini tidak mahal. Sekitar 150 ribuan untuk paket spooring dan balancing. Umumnya, kendaraan wajib melakukan perawatan kaki-kaki secara berkala setiap 10.000 km atau tergantung pemakaian mobil.

Karena menyangkut keamanan dan kenyamanan, maka jangan lupa untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil anda ya!

Bacaan: satu, dua, tiga

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun