Dunia sudah mengalami perkembangan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan tersebut tentu mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia.Â
Bidang pendidikan tentu tidak lepas dengan pengaruh perkembangan teknologi. Karena sudah dipahami bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan bahwa perubahan dalam pendidikan akan mengikuti perkembangan zaman, dan perubahan tersebut pasti menggantikan berbagai unsur-unsur dalam pendidikan itu sendiri, dari yang bersifat tradisional sampai bersifat modernitas.Â
Hal tersebut dilihat dari pendekatan, strategi, metode, teknik hingga evaluasi pembelajaran yang akan berubah-ubah dan mengikuti perubahan yang semua aspek tersebut akan terpengaruh dengan kemajuan teknologi dan mau tidak mau aspek-aspek dalam pendidikan tersbut tidak akan lepas dari kemampuan pengolahan teknologi informasi dan komunikasi.
Berkaitan dengan pesatnya teknologi, dunia pendidikan memiliki istilah yaitu pembelajaran abad ke-21. Dari berbagai sumber yang sudah didapat, pembelajaran abad ke-21 secara ringkas dan sederhana adalah suatu pembelajaran yang berbasis pada teknologi terkini yang mendorong berbagai pengembangan dunia pendidikan.Â
Konsep utama pembelajaran abad ke-21 adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajarannya.Â
Secara awam orang-orang akan menjelaskan pembelajaran abad ke-21 sebagai pembelajaran yang menggunakan komputer. Semuanya bersifat digital sebagai contoh pertemuan belajar tidak lagi dibatasi dengan ruang, saat ini belajar tidak perlu berada diruang kelas, belajar bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan media video conference seperti Zoom, Google Classroom, WhatsApp Video dan lain sebagainya.Â
Pendekatan dan metode dalam pembelajaran abad ke-21 tentu akan berbeda dengan pembelajaran konvensional yang bersifat tradisional.Â
Perubahan paling penting dalam pembelajaran abad ke-21 adalah dengan adanya teknik pembelajaran SCL atau Student Center Learning yang secara sederhana dapat diartikan bahwa siswa yang lebih berperan aktif dalam proses belajar dan pembelajaran daripada guru.Â
Metode-metode pembelajaran dalam abad ke-21 juga tidak lagi sederhana seperti proses komunikasi dua arah antara murid dan guru serta memberikan PR lalu dinilai, pembelajaran abad ke-21 memiliki metode khusus seperti Problem-Base Learning, Project-Base Learning dan Discovery Learning yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda dalam pembelajaran abad ke-21.Â
Evaluasi dan penilaian dalam pembelajaran dalam pembelajaran abad ke-21 tidak lagi menggunakan kertas, tetapi penilaian modern dengan menggunakan software khusus sehingga lebih memudahkan dalam menilai.
Pembelajaran abad ke-21 memiliki karakteristik khusus yang mengupayakan siswa untuk learn to know (belajar untuk mengetahui), learn to do (belajar untuk melakukan), learn together (belajar bermasyarakat) dan learn to be (belajar untuk menjadi diri sendiri). Konsep-konsep tersbeut dalam pembelajaran abad ke-21 akan berkaitan istilah 4C yang berperan dalam pengembangan siswa.Â