Mohon tunggu...
alfa pabela pratama
alfa pabela pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta jurusan S1 Ekonomi Akuntansi

Hobi Membaca, Memancing, Games

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Performance Public Relation

11 Oktober 2023   11:20 Diperbarui: 11 Oktober 2023   11:33 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PR yang merupakan singkatan dari Public Relations merupakan hal yang mulai diperhatikan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Ini melibatkan berbagai tugas seperti mengelola hubungan dengan jurnalis, mengatur acara, dan memastikan perusahaan memiliki reputasi yang baik. Beberapa orang menganggap PR sebagai pekerjaan mewah yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang cantik dan menawan, padahal itu tidak benar. Kesalahpahaman inilah yang menyebabkan sebagian orang berpandangan negatif terhadap PR.

Sulit untuk menjelaskan apa itu PR hanya dengan satu atau dua definisi karena ada banyak gagasan berbeda mengenai maknanya. Setiap orang dan kelompok mempunyai definisinya masing-masing tentang PR, yang dapat menunjukkan bagaimana PR digunakan di berbagai tempat atau bagaimana PR berubah seiring berjalannya waktu.

PR ibarat cara sebuah organisasi bertindak dan berupaya membuat orang berpikir bahwa mereka melakukan pekerjaannya dengan baik. Penting bagi orang-orang untuk berpikir bahwa suatu organisasi bertanggung jawab dan dapat dipercaya. PR bukan hanya tugas orang-orang PR saja, tapi juga para pengelola organisasi. Orang-orang PR membantu organisasi mengetahui apa yang mereka yakini, mencapai tujuan mereka, dan bekerja dengan baik dibandingkan dengan organisasi lain.

Praktisi PR dalam organisasi mempunyai pekerjaan yang penting. Mereka membantu memastikan organisasi berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat. Mereka mempunyai dua tugas penting: (1) Mereka adalah bagian dari kelompok yang membuat keputusan penting bagi organisasi dan (2) mereka bertanggung jawab atas departemen PR dan dapat mengambil keputusan tanpa campur tangan departemen lain. Hal ini memudahkan mereka membangun hubungan baik antara organisasi dan publik. Mereka memastikan sikap dan tindakan setiap orang selaras.

PRO atau Public Relations adalah ketika perusahaan atau organisasi melakukan sesuatu agar orang-orang menyukainya dan menganggapnya baik.

Mengapa penting bagi profesional PR untuk memiliki keterampilan manajemen yang baik? Ya, aktivitas PR melibatkan membantu orang-orang yang bertanggung jawab atas sebuah perusahaan atau organisasi membentuk pendapat orang lain tentang mereka. Dan untuk melakukan itu, mereka harus mampu berkomunikasi dengan baik baik dengan organisasi maupun masyarakat. Penting untuk memiliki hubungan yang baik antara PR dan publik agar semua orang dapat rukun dengan baik. PR juga mempunyai tujuan untuk menciptakan citra yang baik bagi perusahaan, baik di dalam maupun di luar. 

Artinya, mereka harus bisa berbicara dengan orang lain dengan cara yang membuat mereka nyaman dan tidak takut. Jika orang merasa tidak nyaman atau terintimidasi, mereka tidak akan mampu melakukan pekerjaan terbaiknya. Dan jika keadaan menjadi terlalu menegangkan, hal ini dapat menimbulkan pertengkaran dan masalah bagi perusahaan secara keseluruhan. Jadi, pandai mengelola orang dan berkomunikasi sangatlah penting bagi para profesional PR.

Untuk memiliki hubungan yang baik di tempat kerja, kita perlu memiliki hal-hal yang membuat kita bersemangat dan termotivasi. Kita juga perlu memperlakukan orang lain dengan baik dan hormat, baik di dalam maupun di luar perusahaan kita. Melakukan hal-hal baik untuk orang lain dan bertanggung jawab atas tindakan kita juga penting. Perusahaan dapat menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap masyarakat dan komunitas melalui kegiatan seperti kegiatan amal. Hal ini membantu mereka membangun hubungan baik dengan masyarakat. Seseorang yang bekerja di bidang humas (PR) sangatlah penting karena dapat membantu membuat masyarakat berpikir positif terhadap suatu perusahaan. Dan ketika orang memikirkan hal-hal baik tentang suatu perusahaan, hal itu membantu perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik.

Hubungan Masyarakat seperti pekerjaan yang membantu orang dan bisnis berbicara dengan orang lain dengan cara yang baik. Ia memiliki bagian-bagian yang berbeda, seperti peran, fungsi, dan tugas. Ini seperti tugas berbeda yang dilakukan PR untuk memastikan semua orang mengetahui orang atau bisnis tempat mereka bekerja.

Peran, fungsi, dan tugas PR
1. Menciptakan reputasi positif bagi institusi dengan bantuan penanggung jawabnya.
2. Media penyebaran informasi dan komunikasi kepada pihak internal dan eksternal.
3. Mengelola media internal dan eksternal, publikasi media, pelatihan dan penelitian terkait masalah citra institusi.

Proses PR seperti bersiap-siap untuk acara khusus. Pertama, Anda perlu memutuskan apa yang ingin Anda katakan dan siapa yang ingin Anda ceritakan. Kemudian, Anda perlu membuat rencana tentang cara membagikan pesan Anda kepada orang lain. Selanjutnya, Anda mulai memberi tahu orang-orang tentang pesan Anda, seperti mengundang mereka ke acara tersebut. Terakhir, Anda mendengarkan apa yang orang katakan tentang pesan Anda dan membuat perubahan yang diperlukan.

Sebagai seseorang yang membantu perusahaan dalam menjaga citra publiknya, penting untuk tidak terburu-buru menyelesaikan suatu masalah. Jika Anda melakukannya, hal ini dapat memperburuk masalah. Sebaliknya, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengumpulkan semua fakta dan memahami apa yang sebenarnya terjadi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang PR untuk menanggapi isu permasalahan :
1. Mencari fakta mengenai permasalahan 

berarti mencari informasi dan data untuk memahami apa yang sedang terjadi. Ini membantu kami mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya.


2. Masalah yang terdefinisi 

berarti kita mengetahui apa masalahnya dan kita memahaminya dengan jelas. Ini seperti ketika Anda mempunyai teka-teki dan Anda tahu persis bagian mana yang hilang.

3. Mencari tahu masalahnya 

berarti memahami apakah masalah tersebut terus terjadi, apakah hal tersebut memerlukan banyak waktu, tenaga, dan uang, serta apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaikinya.

4. Perencanaan dan program 

artinya membuat rencana atau program untuk menyelesaikan permasalahan yang sudah ada. Hal ini dapat mencakup pembuatan program untuk mengetahui cara memperbaiki masalah, seperti menggunakan buku atau internet, atau berbicara dengan orang yang mengalami masalah.

5. Berkomunikasi dengan melaksanakan program aksi dan komunikasi untuk mengedukasi masyarakat dan pemangku kepentingan mengenai berita yang beredar, termasuk bukti-bukti yang akurat, dan untuk memastikan bahwa masyarakat mempercayai apa yang diungkapkan perusahaan.


6 . Evaluasi

Memeriksa apa yang telah dilakukan, hal ini membantu memastikan bahwa masalah apa pun dapat diperbaiki dengan baik dan tidak menimbulkan masalah lebih lanjut.

Berbicara dan berbagi informasi dengan orang lain sangatlah penting bagi seseorang yang membantu membuat orang menyukai dan memahami suatu perusahaan atau seseorang.

Komunikasi ibarat percakapan yang bolak-balik antar kelompok atau organisasi yang berbeda. Itu terjadi ketika mereka berbicara kepada publik dan ketika publik berbicara kepada mereka. Ini membantu kita terhubung dengan orang lain dan memahami satu sama lain. Biasanya komunikasi dilakukan dengan berbicara atau menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Sebuah perusahaan membutuhkan seseorang untuk membantu mereka berbicara dengan orang lain dan berbagi informasi. Orang inilah yang disebut dengan orang PR. Hal ini sangat penting karena komunikasi penting agar perusahaan dapat berjalan dengan baik. Orang PR membantu perusahaan berbicara kepada publik dan publik berbicara kepada perusahaan. Hal ini membantu para pemimpin perusahaan melakukan tugasnya dengan lebih baik dan membantu perusahaan mencapai tujuannya. Komunikasi sangatlah penting bagi seorang PR.

Seorang PR harus pandai berbicara dengan orang yang berbeda, baik di dalam maupun di luar perusahaannya. Mereka harus mampu berbagi informasi dengan orang lain dengan cara yang dapat mereka pahami. Tugas mereka adalah menyebarkan informasi dan membuat perusahaan mereka terlihat bagus, dengan dukungan dari atasan mereka. Mereka harus berkomunikasi dengan orang-orang yang membutuhkan informasi. Jika seorang PR tidak pandai dalam berkomunikasi, hal ini dapat membuat perusahaannya terlihat buruk. Jadi penting bagi orang-orang PR untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, agar dapat berbagi informasi secara efektif.

Kinerja PR berarti seberapa baik suatu perusahaan atau organisasi menampilkan dirinya kepada orang lain. Penting bagi PR untuk memastikan bahwa masyarakat mempunyai opini yang baik tentang perusahaan baik di dalam maupun di luar. Mereka melakukan ini dengan menggunakan berbagai cara untuk berbagi informasi, seperti menggunakan media dan teknologi digital.

Terkadang ada hal-hal yang menyulitkan orang untuk memahami satu sama lain ketika mereka mencoba untuk berbicara atau mendengarkan. Hal-hal inilah yang disebut dengan hambatan komunikasi. Itu bisa berupa berbicara terlalu cepat atau menggunakan kata-kata yang sangat besar yang tidak dipahami orang lain. Bisa juga terjadi jika seseorang tidak memperhatikan atau tidak terlalu mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. 

Hambatan-hambatan ini dapat menghalangi orang-orang untuk memahami satu sama lain dan melakukan percakapan yang baik :

1. Perbedaan bahasa berarti bahwa orang berbicara dalam bahasa yang berbeda. Sama seperti cara Anda berbicara bahasa Inggris dan teman Anda berbicara bahasa Spanyol, ada banyak bahasa berbeda yang digunakan orang-orang di seluruh dunia. Terkadang sulit untuk memahami satu sama lain jika kita tidak berbicara dalam bahasa yang sama, namun kita masih bisa mencoba berkomunikasi dengan cara lain.

2. Apa yang diucapkan belum tentu didengar oleh komunikator 

3. Apa yang kamu dengar belum tentu apa yang kamu miliki

4. apa yang kita pahami belum tentu informasi dapat diterima masyarakat.

5. Orang-orang dalam suatu kelompok tidak mengetahui informasi apa yang ada di dalamnya.

Dalam Performance PR, tidak masalah apakah seseorang cantik atau ganteng. Yang terpenting adalah bisa berkomunikasi dengan baik karena seorang PR perlu berbagi informasi. Jadi, penting bagi seseorang untuk bersikap ramah dan bergaul dengan banyak orang, agar informasi yang dibagikannya dapat dipahami dan diapresiasi oleh semua orang.

Cara perusahaan memandang dan bertindak sangatlah penting. Jika sebuah perusahaan terlihat bagus, hal itu akan membantu orang memercayainya dan mempertahankan kelangsungannya. Kepercayaan sangat penting bagi perusahaan untuk terus berjalan.

Selain itu, ketika orang tidak mempercayai suatu perusahaan atau menganggapnya tidak bagus lagi, perusahaan memerlukan PR untuk membantu memperbaikinya. Jadi, PR perlu memiliki keterampilan tertentu, seperti bisa berbicara dengan orang lain dan berkomunikasi dengan baik.

Seorang PR harus benar-benar pandai berbicara dengan orang lain dan menulis sesuatu. Mereka harus mampu memberikan presentasi, mengajukan pertanyaan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi, dan berbicara dengan wartawan jika diperlukan.

Dalam komunikasi tertulis, seorang PR harus mampu melakukan berbagai pekerjaan seperti menulis siaran pers, laporan, pidato untuk atasan, dan ide untuk iklan yang membantu orang.

Mampu mengatur segala sesuatunya dengan cara yang masuk akal dan membantu menyelesaikan sesuatu.

Kepemimpinan berarti bertanggung jawab dan membimbing orang lain menuju suatu tujuan. Ini seperti menjadi kapten sebuah tim, di mana Anda membuat keputusan dan membantu semua orang bekerja sama untuk mencapai sesuatu.

Secara sederhana, seorang PR ibarat seorang superhero yang mampu memprediksi dan memecahkan masalah suatu perusahaan. Mereka juga dapat membuat rencana mengenai hal-hal yang ingin dilakukan perusahaan.

Mampu bergaul dengan orang lain berarti mampu menjalin pertemanan dan membina hubungan baik dengan mereka.

PR membantu orang membangun dan memelihara hubungan baik dengan orang lain dan juga melakukan pekerjaan mereka dengan baik.

Beragamnya orang berarti terdapat banyak tipe orang yang berbeda. Bila ada sesuatu yang berbeda, berarti tidak sama dengan apa yang biasa kita lihat atau harapkan.Jadi, kalau kita bilang "Itu berbeda", itu berarti tidak seperti biasanya.

Jujur pada diri sendiri dan jujur tentang siapa diri Anda.

Secara sederhana, seorang PR adalah seseorang yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh orang lain. Mereka dipandang jujur dan dapat dipercaya. Mereka perlu memiliki imajinasi yang baik dan mampu memunculkan banyak ide. Mereka juga perlu memahami permasalahan yang kompleks dan mencari solusi. Untuk menjadi seorang PR, Anda harus bisa melihat apa yang dilakukan orang lain, menirunya, dan melakukan perubahan agar lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun