Mohon tunggu...
Alftx_phan
Alftx_phan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - xxx

pemula

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Light Up: BTS, dari Under Menjadi Over

1 Desember 2020   18:14 Diperbarui: 1 Desember 2020   19:10 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Anak jaman sekarang siapa sih yang gak tau boyband ini...

Iya BTS. BTS sendiri adalah boyband dari naungan Big Hit Entertaiment dan debut pada tahun 2013. Big Hit Entertaiment sendiri adalah agensi baru dan terbilang nugu (nama untuk artis/agensi yang tidak terlalu terkenal) karena mereka baru mendebutkan boyband pertama mereka yaitu BTS (boyband yang terbilang suskes dari Big Hit).

Saya sendiri sudah menjadi Kpop dari 2011 dan saya juga tau bagaimana BTS pada masa debut dulu. Sebenarnya BTS tidak terlalu terkenal pada tahun 2013, mungkin juga karena Kpop tidak terlalu masif seperti sekarang dan promosi mereka yang menurut saya kurang gencar (mungkin karena agensi mereka tergolong miskin) oleh seban itu mereka tak bisa tampil di berbagai reality show korea.

Selain itu, BTS bisa dibilang kurang terkenal pada 2013 karena mereka debut juga berbarengan dengan boyband SM Entertaiment (Big 3) yang bisa dibilang mereka mengalahkan BTS dari segala aspek dari promosi, kualitas MV, bahkan hingga fans BTS tergolong kalah.

Lambat laut mereka mulai mempromosikan dirinya mulai dari Platform Youtube dengan membuat youtube channel kedua dengan nama Bantan TV. Menurut saya CEO Big Hit sangat revolusioner karena meskipun dengan buget yang sedikit mereka bisa mempromosikan diri mereka tanpa harus datang ke acara reality show dll, apalagi youtube gratis. Bantan TV mungkin bisa dibilang B-Side dari BTS, dalam Channel ini konten yang diberikan kepada fans bisa berupa vlog atau konten dance dan game. 

Pada saat itu, bisa dibilang masih jarang sekali ada boyband korea yang membuat konten sendiri seperti Big Hit entertaiment, dari keterbatasan menjadi keuntungan yang sangat ....sangat.

Saya masih ingat Youtube mereka masih 1 jutaan pada saat saya masih SMP dan sekarang 5 tahun kemudian, Subscriber mereka sekarang mencapai 41 juta lebih dan menjadi salah satu akun dengan Subscriber terbanyak di Asia untuk musik.

BTS mendapatkan award berkesan menurut saya pada saat mereka menang MAMA 2015 untuk World Global Performance 2015 karena konser World tour mereka sukses pada saat itu. Ditambah lagu mereka yaitu Dope, I need You yang meledak di pasaran dan itu salah satu lagu yang saya suka dari BTS.

Sedikit demi sedikit mereka mulai mendapatkan kesuksesan .....dimulai dengan 2016 dengan lagu Blood, sweat, and tears dan fire yang benar benar meng-fire-kan tangga lagu korea pada tahun 2016. 

2016 mungkin menjadi salah satu hari bersejarah bagi BTS dan ARMY (fans BTS) karena pada saat itu mereka memenangkan penghargaan Artis Of the Year untuk pertama kalinya dan album of th e year di Melon. Para personil BTS sangatlah tersentuh bahkan hampir semua personil mereka menangis pada saat itu dan It's start for BTS to Come Real Around The World.

2017, tahun di mana BTS pertama kali ke Amerika Serikat. mereka sangat terkenal setelah merilis lagu mereka NOT TODAY yang sangat meledak di Korea bahkan di Dunia. Not Today juga menjadi MV boyband dengan viewer lebih dari 10 juta perhari pada saat itu, dan menjadi rekor baru di Kpop pada saat itu.

It's NOT TODAY but come to DNA, DNA menjadi lagu yang sukses di pasaran dan bahkan mereka diundang ke Billboard Music Award 2017 membawakan lagu DNA pada saat itu dan menjadi artis Kpop pertama yang tampil di Billboard Music Award, disusul lagi BTS berkolaborasi dengan DJ asal Amerika Steave Aoki, dengan Mic Drop, dan menjadikan lagu mereka masuk billboard top 100.

2018 BTS menjadi semakin gila akan rekor demi rekor, Spring day (Song of the Year di MAMA), IDOL menjadi MV dengan penonton lebih dari 40 juta dalam waktu 24 jam, Masuk Billboard top 100,dan 200 ditambah album mereka masuk Billboar album karena terjual lebih dari 100 ribu kopi.

2019, Halsey dan BTS menggemparkan dunia Youtube dengan rekor 75 juta lebih viewer dalam waktu 24 jam, masuk Billboar top 100 dengan capaian 10 besar dan Album Mereka Map Of Soul: PERSONA menjadi album dengan penjualan terbanyak di Korea dengan penjualan lebih dari 5 juta kopi, Song of the year, Album of the year, Artis of the year hampir di seluruh awarding dari MAMA hingga Melon. Pencapaian yang sangat bommbastis pada 2019 ......

2020.......it's Time Kpop Domination

Mungkin kata itu menjadi tagline untuk ARMY saat ini, karena BTS merilis lagu pra rilis album mereka Map Of soul: 7 berjudul Black swan, lagu ini menjadi lagu pembuka untuk promosi BTS pada tahun 2020.

Map Of soul:7 rilis , PRE-ORDER album lebih dari 3 juta kopi Pisik dan menjadi Pre order terbanyak dalam sejarah Kpop dan sekarang Album mereka sudah terjual 4 juta kopi lebih.

Promosi serba mewah dan autstanding, mereka melakukan comeback stage di acara Jimmy Fallon dan menampilkan lagu mereka yang berjudul ON di Grand Central Terminal New York,dan mereka menyewa terminal itu wowoowo.....dan itu adalah penampilan terbaik untuk tahun ini menurtu saya.

ON dari BTS ini bisa dibilang menjadi tombol ON untuk KPOK around the world karena BTS menjadi artis KPOP pertama bahkan ASIA untuk masuk BILLBOARD Top 100 dan mereka menempati nomor. 3/2 dan Album mereka memuncaki BIllboard Album dan mereka menempati posisi 1 di Itunes Amerika dan di  lebih dari 50 negara.

Shine Like.....DYNAMITE

DYNAMITE menjaid lagu pertama BTS dalam bahasa inggris dan lagu promosi full amerika mereka. Mereka tidak tampil di acara musik dll. DYNAMITE seakan menjadi petasan yang meledak dan merusak segala tangga lagu, rekor, dan pencapaian grub korea bahkan dunia.

BTS mendapatkan Viewers 100 juta di youtube dalam waktu 25 jam, mereka memuncaki BILLBOARD top 100 nomor 1 dan menjadi artis ASIA pertama untuk rekor tersebut, bahkan DYNAMITE masih masuk 10 besar BILLBOARD TOP 100,dan rekor Platfoam Itunes, sportfy dll.

twitter/Billboard
twitter/Billboard
Di domestik sediri DYNAMITE sangat sukses dengan membawa piala acara musik mingguan sebanyak 24 award tanpa promosi sama sekali dan tanpa album. Selain itu DYNAMITE menjadi lagu Kpop dengan Perfect All Kill terlama dengan lebih dari 300 kali lebih (Mereka menempati posisi pertama di semua platfoarm musik korea) dan menjadi rekor baru.

LIfe goes on.......

...Lagu terbaru BTS ini juga masih menjadi pemecah rekor, mereka menempati BILLBOARD TOP 100 peringkat 1 dan dengan penjualan Pre-Order lebih dari 3 juta kopi. Hal ini menjadi rekor yang sangat luar biasa untuk BTS karena mereka bisa menjual lebih dari 5 juta kopi dalam waktu 1 tahun dan viewers lebih dari 100 juta dalam waktu singkat...

NB; mereka juga dinominsikan di Grammy Award 2021 dan ini menjadi grub KPOP pertama yang menjadi nominator di Grammy.

Grammy.com
Grammy.com
Banyak hal yang masih belum kita bahas akan rekor gila.....BTS ini dan mereka dari grub nugu yang tidka terkenal dari agensi kecil bisa menjadi seperti saat ini.

Sekian dari saya............BTW saya bukan ARMY dan mohon maaf jika rekor BTS lebay wkwkw....dan ini opini saya semenjak mengikuti BTS dari awal debut. Terima Kasih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun