Â
Korean Business Research institute merilis pemeringkatan brand reputation idol k-pop pada kuarter terakhir 2019 ini. Pemeringkatan ditentukan dari indeks partisipasi konsumen, liputan media, interaksi idol, dan indeks komunitas atau fans grup kpop tersebut. Pengambilan data di mulai pada 13 November hingga 14 Desember.
1. MAMAMOO
MAMAMOO untuk bulan november melakukan comeback dengan single terbarunya yaitu HIP single ini sukses di chart kpop selama hampir lebih sepekan setelah perilisan.Selain itu mamamoo juga tampil diberbagai acara awarding seperti Vlive award,Melon music award,hingga MAMA 2019 .Untuk brand reputation MAMAMOO naik ke posisi teratas dalam daftar bulan ini setelah mengalami peningkatan sebesar 67,60%. Grup ini mencetak total indeks .
Frase pencarian tertinggi dalam analisis kata kunci MAMAMOO diantaranya rilis, antisipasi dan bahagia, sementara istilah terkait pencarian tertinggi lainnya termasuk HIP, Hwasa dan Moonbyul. Analisis positif-negatif MAMAMOO mengungkapkan skor reaksi positif 75,01%.
2. (G)I-DLE
Untuk tahun 2019, (G)I-DLE sangat aktif diindustri musik korea. Bisa dilihat dari seringnya (G)I-DLE comeback,dimulai dari lagu Senorita pada awal tahun 2019,UH-OH, dan yang terbaru yaitu LION.
Selain itu mereka juga tampil diacara kpop survival show besutan Mnet yaitu Queendome. (G)I-DLE berada di posisi kedua dengan indeks brand reputasi sebesar 9,757,832, di mana menandai sedikit peningkatan 6,31% pada skor mereka dari bulan November.
3. BLACKPINK
Meskipun agensi mereka YG entertaiment mengalami masalah,Brand reputation Blackpink tetap stabil tahun 2019 ini.BLACKPINK mengambil tempat ketiga dengan indeks 6.769.562 setelah terlihat ada kenaikan skornya 17,89% sejak bulan lalu.
Selain itu mereka juga comeback dengan sangat sukses pada bulan april 2019 ,dengan mini album mereka yaitu Kill This Love.Kill this love menempati peringkat 41 Billboard Hot 100 chart dan mengalahkan rekor mereka pada tahun 2018. Blackpink juga menjadi idol wanita pertama yang tampil di festival musik terbesar di Amerika yaitu coachella.
4. TWICE
TWICE mengikuti di belakang di tempat keempat dengan total indeks 6.276.280, sementara Red Velvet masuk lima besar dengan skor 5.249.661.2019 ini TWICE comeback dengan mini album FANCY YOU dan Feel Spesial.
Mereka juga tampil diberbagai acara awarding seperti MAMA 2019, dan mendapatkan awarding girl grup terbaik,dan berbagai awarding lainya. Meskipun diterpa masalah mereka tetap stay dan berkarya untuk fansnya, ONCE. Saluttt...
5. RedVelvet
RedVelvet pada tahun 2019 ini melakukan 3 comeback yang sukses membuat REVELUV girang.Dimulsi dengan comeback zimzalabim di awal tahun 2019,disusul umpah umpah pada pertengahan 2019,dan yang terbaru yaitu PSYCHO di akhir tahun 2019.
Selain itu mereka juga tampil di Idol room dan acara reality show lainya dan tahun 2019 ini juga tahun gemilang untuk REDVELVET.
Berikut 30 girl group paling populer di Korea untuk bulan Desember!
MAMAMOO
(G)I-DLE
BLACKPINK
TWICE
Red Velvet
Girls' Generation
AOA
Oh My Girl
WJSN
MOMOLAND
Lovelyz
Apink
ITZY
APRIL
GFRIEND
Busters
DreamCatcher
f(x)
After School
NATURE
fromis_9
LOONA
FIESTAR
Girl's Day
IZ*ONE
EXID
LABOUM
EVERGLOW
Weki Meki
Brown Eyed Girls
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H